Cara Pivot Table Excel

Cara Pivot Table Excel
Cara Pivot Table Excel

Pemanfaatan Microsoft Excel yang kerap kali dipadupadankan dengan kecanggihan dari OS windows, MacOS, android, bahkan iOS ini, menggunakan bahasa pemograman C++. Dimana, pengguna dapat memanfaatkannya untuk kepentingan dalam menghitung, pembuatan grafik, dan pastinya kamu bisa praktekan juga cara pivot table excel dengan mudah.

Tak hanya itu, software satu ini sangat melekat erat bagi kamu yang berprofesi sebagai analis, akuntansi, admin, sekertaris, atau pekerjaan lainnya yang melibatkan perhitungan aritmatika matematika, logis, serta data statistik. Maka dari itu, dalam pemanfaatannya pengguna harus mengenali beberapa fungsi untuk pengolahan data yang dimasukkan ke dalam tabel.

Dimana Letak Pivot Table di Excel?

Seperti yang telah kamu ketahui, tampilan pertama saat membuka software excel menyajikan tampilan lembar kerja dalam bentuk tabel. Nantinya, semua data-data yang kamu miliki akan dimasukkan ke dalam row dan coloumn yang tersedia di MS. Excel. Demi menghemat waktu, kamu harus tahu terlebih dahulu dimana letak pivot table di excel.

Bukan tanpa alasan kamu mencari letak pivot table tersebut. karena fitur satu ini, dapat kamu manfaatkan untuk permudah proses analisis data yang dimiliki, mengelompokkannya, lalu bisa kamu ringkas dengan mudah dari banyaknya data yang telah kamu tambahkan ke dalam tabel. Dengan begitu, pekerjaanmu akan lebih cepat selesai dan terasa lebih efektif.

Cara Pivot Table Excel

Cara Pivot Table Excel
Cara Pivot Table Excel

Cara pivot table di excel dengan mudah untuk permudah kamu dalam melakukan analisa data kerja secara cepat. Penjelsan tutorial di bawah ini ini, berdasarkan informasi yang didapatkan dari situs resmi support.microsoft.com. So, kalau kamu penasaran langsung praktekan sendiri.

  • Klik set kolom yang akan kamu jadikan untuk pembuatan Pivot Table.
  • Klik opsi Sisipkan, lalu pilih Pivot Table.
  • Setelah itu, secara otomatis Pivot Table akan terbentuk sesuai dengan tabel ataupun rentang yang sudah kamu tentukan.
  • Klik salah satu ruang yang akan kamu jadikan sebagai tempat untuk menaruh laporan Pivot Table.
  • Terakhir, langsung klik tombol Ok.

Sangat sederhana langkah-langkah dalam pembuatan cara pivot table excel. Selanjutnya, kita akan lihat bagaimana cara pakai pivot table excel. Simak penuturan lengkapnya di bawah ini.

Cara Pakai Pivot Table Excel

Penjelasan secara literatur sudah kamu ketahui di atas. Lalu, untuk pemakaian dari pivot table sendiri tidak jauh berbeda dengan apa yang telah disampaikan sebelumnya. Hanya saja, kalau menilik dari segi teknis, kamu akan lebih mudah memahami dengan mengikuti panduan dari langkah-langkah berikut.

1. Menyeleksi Data

Langkah awal yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan fitur Pivot Table di MS. Excel, yaitu dengan menyeleksi data dari file yang telah kamu miliki. Oleh karena itu, tidak semua data-data yang bersifat kurang baik hasilnya dimasukkan ke dalam poin-poin untuk disajikan ke dalam Pivot Table. Makanya, proses penyeleksian data menjadi hal pertama untuk dapat dikembangkan menjadi laporan utuh yang tersusun secara rapih nantinya.

2. Klik pada menu utama Insert

Beres menyeleksi data-data, kita langsung berlanjut ke tahapan berikutnya dengan mengklik menu utama Insert yang terdapat di halaman utama lembar kerja Microsoft Excel. Setelah itu, kamu klik Pivot Table yang berada di sudut kiri menu toolbar.

Nanti, di halaman tersebut muncul pengaturan untuk bagian tabel yang ingin kamu sortir. Hal lainnya yang bisa kamu temukan, yaitu menampilkan pop up  bertuliskan Create Pivot Table. Maka, setelahnya tinggal urus step berikutnya.

3. Tentukan Lokasi Penempatan Pivot Table

Di halaman Create Pivot Table, kamu dapat memilih 2 pilihan yang tersedia. Adapun pilihan tersebut, diatanranya:

  • Existing Worksheet, merupakan penempatan Pvot ditempatkan pada satu laman kerja yang bersamaan dengan lokasi tabel data.
  • News Worksheet, merupakan penempatan pivot akan ditempatkan pada lembar kerja yang baru.

Selesai menentukan lokasi Pivot Table, kamu pilih tombol OK di pop up tersebut untuk dapat memulai pembuatan Pivot Table.

4. Mengatur Isi Pivot Table

Kemudian, kamu akan menemukan juga tampilan Pivot Table Fields yang dapat digunakan sebagai pengatur isi dalam pivot table yang sedang dikerjakan. Didalamnya, kamu bisa pilih berbagai pilihan kolom mana saja yang akan difokuskan untuk dianalisisa atau ditelaah lebih lanjut menggunakan bantuan dari fitur pivot table tersebut.

5. Klik dan Tarik Beberapa Kolom yang akan Ditambahkan ke Pivot Table

Step berikutnya, kamu langsung klik Pilih dan Tarik beberapa kolom yang akan ditambahkan ke dalam 4 poin utama dalam PivotTable Fields. Berikut adalah fungsi utama dari poin-poin di PivotTable Fields tersebut.

  • Columns, memiliki fungsi sebagai alat pengubah data menjadi sebuah kolom pada tampilan pivot table.
  • Filters, memiliki fungsi sebagai pengatur dari tampilan yang terdapat di pivot table secara instan.
  • Values, merupakan nilai yang terdapat di dalam tabel deretan pertama yang kemudian akan kamu hitung untuk keperluan analisis.
  • Rows, memiliki fungsi sebagai baris pada pivot table.

6. Atur Values di Pivot Table

Pivot Table sudah terbentuk, kamu lanjutkan dengan melakukan pengaturan jenis value yang hendak digunakan. Caranya tinggal kamu pilih di menu bar Analyze, lalu klik opsi tools-nya dengan Field Setting. Setelah itu, klik salah satu model value. Mulai dari average, max, min, sum atau penjumlahan, dan lain sebagainya. Pilih value sesuai kebutuhanmu.

Apa Itu Pivot dalam Chart?

Karena cara pivot table excel sudah kamu kuasai, kita akan cari tahu apa itu pivot dalam chart. Kalau pivot table merupakan kumpulan data yang dikemas ke dalam sebuah tabel sederhana dengan proses perhitungan yang dilakukan secara otomatis dengan bantuan dari fungsi atau formula untuk penyelesaiannya. Sedangkan pivot chart, tampilannya saja yang berbeda.

Dimana, hasil perhitungan akan disuguhkan dalam bentuk grafik atau chart untuk permudah pengguna saat melakukan presentasi hasil laporan. Model visualisasi data seperti ini, memang sangat cocok untuk keperluan representasi dari analisis setelah mendapatkan data-data yang telah dihitung dengan menggunakan fungsi atau formula perhitungan excel di pivot table.

Cara Membuat PivotChart

Sebagai fungsi lanjutan dari pivot table. disini kita akan memahami cara membuat PivotChart. Informasi panduan berikut, diperoleh dari situs resmi support.microsoft.com.

  • Drag sel yang terdapat di tabel kerja excel kamu.
  • Klik menu Sisipkan, lalu pilih opsi PivotChart.
  • Tentukan lokasi dimana kamu ingin menampilkan PivotChart tersebut.
  • Klik OK.
  • Terakhir, klik field mana yang hendak kamu tunjukkan di dalam menu.

Cara Pivot Table di Excel Android

Malas bawa laptop karena ukuran yang kurang mini? Kamu bisa praktekan cara pivot table di excel Android. Caranya sangat mudah, ikuti tutorial berikut ini.

  • Unduh aplikasi WPS Office melalui Play Store.
  • Setelah itu, buka file excel yang kamu miliki di HP.
  • Block secara manual data-data di tabel yang ingin kamu jadikan pivot table.
  • Pilih menu dengan klik ikon kotak-kotak yang ada di pojok kiri bawah.
  • Kemudian, pilih Sisipkan.
  • Klik opsi Tabel Pivot, lalu pilih Selesai.
  • Tampilan berikutnya, klik untuk menambahkan ruas baris di sisi sebelah kiri.
  • Pada sisi atas, kamu juga bisa ketuk untuk menambahkan ruas kolom baru.

Kalau ada kolom yang ingin kamu ganti namanya, tinggal ketuk pada kolom tersebut. Setelah itu, ketik sesuai dengan nama yang kamu inginkan.

Gampang banget deh cara pivot table excel, tapi disarankan menggunakan laptop atau PC bila dibandingkan dengan menggunakan HP ya… lebih mudah operasionalnya. Kalau suntuk, yuk intip cara premium Spotify iPhone!

Related posts