Cara Live Streaming Youtube

Cara Live Streaming Youtube

Jauh sebelum cara live streaming Tiktok, sebenarnya pengguna internet juga bisa menggunakan Youtube untuk live streaming. Hanya saja, sampai saat ini masih belum banyak orang yang mengetahui cara live streaming Youtube.

Aplikasi Youtube merupakan platform sharing video terpopuler, apalagi sebelum adanya platform-platform sejenis bermunculan. Youtube juga dapat dikatakan sebagai search engine, hanya saja konten-konten yang disajikannya berupa konten video.

Read More

Youtube bahkan telah dijadikan sebagai salah satu aplikasi penghasil uang bagi para content creator. Oleh sebab itu, jika kalian tidak mau ketinggalan atau ingin mencoba peruntungan di Youtube, tidak ada salahnya memahami cara live streaming Youtube.

Syarat Live Streaming Youtube

Namun sebelumnya, ada syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna Youtube untuk melakukan streaming. Pastikan kalian sudah mempunyai channel Youtube terverifikasi. Sebenarnya caranya sangat mudah, hanya perlu mengunjungi halaman verifikasi Youtube. Langkah-langkahnya login ke akun Youtube dan input nomor hp yang dapat dihubungi.

Selain itu, kalian juga harus mengaktifkan layanan¬†live streaming Youtube. Lalu pastikan kalian telah melihat status ‘Partner verified’ di¬†channel Youtube. Pastikan pula layanan¬†live streaming di Youtube harus berstatus ‘enabled’.

Jika sudah memenuhi persyaratan, langsung saja lakukan live streaming di Youtube. Sebenarnya ada 2 jenis layanan live di Youtube, diantaranya Events dan stream now. Kedua jenis layanan ini memiliki perbedaan. Jenis layanan stream now biasanya cocok untuk momen-momen live simpel. 

Biasanya fitur stream now sering digunakan oleh para Youtuber gaming. Di halaman layanan stream now ini, ada 4 jenis pengaturan diantaranya :

  • Monetization, apabila kalian tertarik meraup pundi-pundi rupiah dari Youtube, maka harus mengaktifkannya.
  • Stream option, memungkinkan kalian dapat memilih mengaktifkan DVR, memilih layanan¬†stream optimization, menyimpan video dari hasil¬†streaming serta menambahkan¬†delay.
  • Cards, fitur ini bisa menambahkan interaksi ke dalam konten¬†live streaming kalian,berupa link, tulisan,¬†calls to action dan gambar.
  • Basic Info, kalian bisa memberikan deskripsi dan judul¬†live streaming sampai kategori¬†live.

Sementara itu, untuk live streaming lewat layanan events, memungkinkan kalian dapat menjadwalkan waktu live streaming sehingga dapat mempersiapkan live lebih matang. Bahkan kalian dapat mencoba live tanpa diketahui penonton, serta melakukan pengaturan lebih rumit agar konten live sesuai keinginan.

Terkait:  Cara Ambil Video dari Youtube Praktis dan 100% WORK

Untuk fitur ini, kalian harus menjadwalkan live streaming terlebih dahulu, seperti 1 jam dari sekarang kalian akan memulai live.

Cara Mengaktifkan Fitur Live Streaming

Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk memulai streaming di Youtube kalian harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu. Ada beberapa langkah yang bisa kalian coba untuk mengaktifkan fitur live streaming di Youtube,berikut :

  • Buka Youtube di android, bisa juga dengan membuka halaman web Youtube.com via browser di laptop atau PC.
  • Tekan tanda (+) di ujung sebelah kanan bagian atas, tekan ‘Go Live’.
  • Hal ini juga berlaku ketika membuka Youtube melalui android, pilih tanda plus seperti di atas tepat di bagian tengah, dan tekan ‘Go Live’.
  • Kalian akan melihat¬†warning yang memberitahukan bahwa layanan¬†live streaming Youtube tidak aktif. Kalian harus mengaktifkannya fitur tersebut lebih dahulu, caranya verifikasi nomor hp.
  • Jika sudah, pilih ‘Get Started’ atau ‘Enable’.
  • Untuk verifikasi, masukkan nomor telepon kalian.
  • Selanjutnya akan masuk ke proses verifikasi, silahkan inputkan kode verifikasi sebanyak 6 digit yang sudah dikirimkan via SMS ke nomor telepon kalian.
  • Setelah memasukkan kode verifikasi dengan benar, kini kalian bisa¬†live streaming di¬†channel Youtube, meskipun kalian belum memiliki¬†subscriber.
  • Silahkan tunggu sampai 1 hari atau 24 jam untuk bisa memakai layanan¬†live streaming Youtube.

Cara Live Streaming Youtube

Cara Live Streaming Youtube
Tutorial Live Streaming Youtube

Tutorial  Live Streaming Youtube

Untuk kalian yang sudah mengaktifkan fitur live streaming, bisa mencoba tutorial cara live streaming Youtube dengan mudah berikut ini :

1. Live Streaming Youtube via Website

Cara live streaming Youtube paling mudah yang dapat dilakukan ialah melalui browser, dengan memakai webcam USB eksternal atau internal. Selain itu, kalian juga bisa streaming langsung via browser dengan menggunakan kamera terpisah, semisal DSLR atau camcorder digital.

Terkait:  Cara Live Streaming Youtube di PC

Jika memakai kamera DSLR, kalian membutuhkan kartu pengambilan perangkat USB yang mengirimkan sinyal video pada pC kalian. Selanjutnya Youtube bisa mengenali kamera seperti halnya webcam plug and play.

Jika sudah siap memakai kamera, silahkan ikuti cara live streaming Youtube di browser berikut :

  • Login ke akun Youtube, tekan ‘Buat video atau posting’ tepat di ujung kanan bagian atas layar.
  • Klik ‘Siarkan Langsung’ pada pilihan¬†drop down.
  • Kalian bisa memberikan izin akses Youtube untuk¬†streaming.
  • Pada¬†Live Control,¬†kamu harus memilih ‘webcam’ pada bilah navigasi.
  • Tambahkan judul pada¬†live streaming kalian, pilih pengaturan privasi dan pilih waktu live streaming, apakah sekarang atau dilakukan untuk nanti.
  • Tekan ‘Opsi lainnya’. Setelah itu, pilih mikrofon dan kamera dari menu¬†drop down apabila belum terdaftar.
  • Pilih ‘Pengaturan Lanjutan’ untuk monetisasi, mengubah batasan usia, atau lainnya.
  • Klik ‘next’ lalu berpose untuk mengambil gambar. Arahkan mouse pada gambar mini,kalian akan melihat opsi pengambilan gambar dari PC.
  • Pilih ‘Siaran Langsung’.

Jika sudah selesai tekan tombol ‘Akhiri Streaming’, maka Youtube secara otomatis akan mengupload versi streaming secara langsung berdasarkan permintaan ke¬†channel kalian. Agar audiens yang melewatkannya bisa memutarnya lagi.

2. Live Streaming Youtube Lewat Smartphone

Selain cara live streaming Youtube melalui PC, kalian juga bisa menggunakan smartphone. Metode ini sangat cocok untuk melibatkan audiens saat ingin melakukan live secara mendadak dan lebih simpel. Hanya saja, untuk melakukannyakalian harus mempunyai jumlah audiens yang banyak dan jaringan luas.

Hal ini dikarenakan, hanya channel Youtube yang memiliki 1000 subscriber saja yang bisa melakukan streaming via hp. Tentu saja pembatasan tersebut cukup merepotkan.

Terkait:  Cara Share Video YouTube ke WhatsApp

Akan tetapi jika kalian sudah memenuhi ketentuannya, kalian bisa mengikuti tutorial cara live streaming youtube berikut :

  • Download Youtube di Play Store atau App Store.
  • Install dan buka aplikasinya, lalu tekan ikon kamera di samping kanan bagian atas.
  • Silahkan berikan izin sesuai kebutuhan Youtube untuk¬†live streaming secara langsung.
  • Tekan ‘Siarkan Langsung’.
  • Silahkan pilih merekam memakai kamera hp.
  • Buat judul menarik untuk¬†live streaming kalian.
  • Pilih ‘Opsi lainnya’ dan tambahkan deskripsi, chat, serta monetisasi (apabila memenuhi),
  • Klik ‘berikutnya’ lalu ambil foto untuk¬†thumbnail atau upload foto yang ada di galeri hp.
  • Klik ‘Siarkan Langsung’.

Kini kalian sudah siap¬†live streaming tanpa batas. Jika sudah melakukan¬†live, pastkan untuk menekan tombol ‘Selesai’ lalu klik ‘Ok’ jika ingin mengakhiri streaming. Biasanya versi VOD streaming akan muncul pada channel Youtube kalian sesudahnya.¬†Kalian juga bisa mengelola dan mengakses rekaman tersebut melalui ‘Video Saya’ pada tab ‘Library’.

Jika kalian memenuhi syarat untuk melakukan live streaming Youtube baik via hp maupun PC, maka kalian bisa memilih salah satu cara live streaming Youtube di atas. Buktikan sekarang juga dan buat konten streaming menarik untuk memikat subscriber Youtube!

Related posts