Cara Cek Spek Hp Xiaomi

Bagaimana cara cek spek Hp Xiaomi? Ya, mengecek spesifikasi Hp Xiaomi penting sekali untuk mengetahui seberapa mampu perangkat tersebut diajak multitasking. Seperti kita ketahui bahwa Hp Xiaomi adalah Hp yang mempunyai spesifikasi yang bervariasi. Bahkan dalam satu perangkat Hp saja, Kamua akn ditawari oleh berbagai spesifikasi, seperti memori internal dan RAM berbeda dan processor yang dipakai oleh perangkat itu sendiri.

Cara cek spek Hp Xiaomi sangat penting dipraktekkan saat Kamu hendak membeli perangkat Xiaomi. Jadi, jangan sampai saat Kamu membeli ponsel Xiaomi dengan harapan prosessor yang diusungnya Snapdragon sesuai tipe yang Kamu pilih, tapi justruk yang terbawa adalah prosessor Mediatek. Hal ini bisa saja terjadi jika Kamu tidak melakukan pengecekan spesifikasi Hp Xiaomi terlebih dahulu.

Cara Cek Spek Hp Xiaomi

Cara Cek Spek Hp Xiaomi
Mengecek Spesifikasi Hp Xiaomi

Mengecek Spesifikasi Hp Xiaomi

Spesififikasi Hp android Xiaomi sendiri terdiri atas 4 poin, yaitu kapasitas RAM yang dipakai, prosessor, memori internal, dan ROM yang dipakai. Untuk menegcek spesifikasi Hp Xiaomi yang akan dibeli atau yang Kamu miliki, ada beberapa panduan yang bisa Kamu pilih di bawah ini :

1. Cek Spesifikasi Hp Xiaomi : RAM Xiaomi

Random Access Memory atau yang biasa kita kenal dengan nama RAM, adalah perangkat keras atau hardware yang tersemat di dalam perangkat Hp itu sendiri. RAM digadang-gadang sebagai memori perangkat yang paling utama. Memiliki kemmapuan akses data secara acak, sehingga menjadikan memori RAM ebih cepat dan mudah menampilkan data.

Mengingat pentingnya fungsi RAM pada perangkat Hpmu, oleh karenanya Kamu juga harus cek spesifikasi Hp Xiaomi dengan pengecekan RAM yang tersimpan pada Hp Xiaomimu.

Jika Kamu memiliki Hp Xiaomi yang sudah lama digunakan, maka bisa melakukan pengecekan total kapasitas RAM dan yang tersisa di Hp Xiaomi-mu. Ini dia ulasannya :

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan, silahkan klik tombol ikon Tiga Baris yang terdapat dalam menu navigasi.
  • Tepat di bagian bawah list aplikasi yang terbuka di Hp Xiaomi, maka Kamu akan ditampilkan kapasitas total RAM di perangkat ponselmu.

2. Cek Spesifikasi HP Xiaomi : Cek ROM Xiaomi

Apa itu ROM? ROM atau Read Only Memory juga termasuk salah satu spek penting yang harus diketahui dalam Hp Xiaomi. Biasanya ROM di Hp Xiaomi sendiri disebut sebagai MIUI.

Dengan maraknya perangkat Hp Xiaomi di Indonesia, tak sedikit oknum nakal yang melakukan modifikasi sistem di Hp Xiaomi. Salah satunya dengan menyisipkan bloatware pada MIUI. Justru seharusnya MIUI terbebas dan berish dari iklan. Oleh karenanya, penting sekali melakukan pengecekan ROM Hp Xiaomi, berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan pilih menu “setting”, lalu pilih menu “about device” bisa juga memilih “about phone”
  • Setelah itu, Kamu bisa memasuki halaman baru. Gulir layar ke bawah dan pilih MIUI version. Silahkan perhatikan versi ROM atau MIUI yang ada di layar ponsel Xiaomi-mu.
  • Untuk mengecek ROM di Hp Xiaomi apakah asli atau KW, maka Kamu dapat mengeceknya lewat nomor MIUI tersebut. Jika nomor versinya  berupa 4 block number yang terpisahkan oleh tiga titik, contoh v9.0.5.0 bisa dikatakan bahwa ROM tersebut asli.

Dalam cara cek spek Hp Xiaomi khususnya untuk mengecek ROM Xiaomi sendiri biasanya pada ROM palsu terdiri atas 4 block number dengan tersekat 4 titik, seperti v9.0.5.1.0.

3. Cek Spesifikasi Hp Xiaomi : Memori Internal Hp Xiaomi

Cek spesifikasi Hp Xiaomi berikutnya ialah dengan mengetahui memori internal yang dibawa oleh Xiaomi itu sendiri. Apakah memori tersebut berkapasitas 64 Gb, 32 GB, atau 16 GB. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan masuk ke setelan atau menu “settings”.
  • Lalu pilih menu “about phone”.
  • Cek di internal storage, maka akan tertera jumlah memori internal ponselmu.
  • Nah, di menu ini Kamu juga bisa mengetahui total RAM Hp Xiaomi-mu.

4. Cek Spesifikasi HP Xiaomi : Prosessor Xiaomi

Spesifikasi yang tak kalah penting untuk dicek ialah jenis prosessor Xiaomi. Kamu harus tahu apakah prosessor yang digunakan di Hp Xiaomimu Mediatex atau Snapdragon. Namun tahukah kelebihan dan kekurangan kedua prosessor tersebut?

Prosessor MediaTek memiliki kelebihan diantaranya mempunyai performa lebih baik, pada CPU MediaTex Heli X20 biasanya disematkan 10 Inti Core. Di samping itu, mempunyai internal memory lebih besar, grafiknya juga lebih oke dan sudah dilengkapi oleh fast charging.

Sedangkan keunggulan dari prosessor Snapdragon itu sendiri ialah daya baterainya lebih hemat, tapi kekurangannya lebih gampang panas.

Sebenarnya ada 2 pilihan mengecek spesifikasi Hp Xiaomi untuk pengecekan prosessor ini, yaitu lewat menu settings atau setelan dan dengan aplikasi.

Untuk pengecekan prosessor Hp Xiaomi lewat menu setelan, silahkan ikuti panduan di bawah :

  • Pilih menu Setelan atau Settings di Hp Xiaomi-mu.
  • Lalu pilih menu About Phone.
  • Selanjutnya lihat di bagian CPU perangkat apakah memakai deca core atau octa core.
  • Untuk deca core artinya perangkat tersebut memakai Mediatek, sedangkan jika octa core artinya Hp Xiaomi-mu memakai Snapdragon.

Sedangkan untuk pengecekan prosssor yang bisa Kamu gunakan ialah dengan memakai dan mengunduh aplikasi CPU-Z di Google Play Store.

5. Cek Semua Spesifikasi Hp Xiaomi Dengan Aplikasi

Jika Kamu ingin mengecek keseluruhan spesifikasi Hp Xiaomi yang Kamu gunakan, maka Kamu bisa memilih cara cek spek Hp Xiaomi menggunakan aplikasi. Adapun aplikasi yang bisa Kamu pakai untuk mengecek spek Hp Xiaomi ialah Antutu Benchmark, CPU-Z dan AIDA64. Ketiganya bisa menjadi alternatif pengecekan spesifikasi, karena aplikasi-aplikasi tersebut dapat menampilkan informasi mengenai spek Hp Xiaomi-mu.

Silahkan pilih salah satu aplikasi tersebut di Google Play Store. Misal jika Kamu memilih aplikasi AIDA64, silahkan unduh aplikasinya di sini!

Setelah mengunduhnya, Kamu tinggal install dan buka aplikasi untuk mengetahui informasi spesifikasi Hp Xiaomimu dengan lengkap.

Mengecek Tipe Hp Xiaomi Mudah

Selain cara cek spek Hp Xiaomi di atas, penting juga mengetahui tipe Hp Xiaomi yang Kamu gunakan. Ada beberapa cara yang bisa Kamu pakai untuk mengetahui spesifikasi Hp Xiaomi berikut :

1. Cek Tipe Hp Xiaomi Memakai Bantuan Google

Melalui bantuan Google, maka informasi tentang tipe perangkat Xiaomi bisa Kamu peroleh. Adapun langkahnya ialah berikut ini :

  • Silahkan masuk ke menu pengaturan. Selanjutnya pilih menu “Tentang perangkat”. Pilih lagi opsi “Tentang perangkat”.
  • Lalu Kamu pun akan ditampilkan informasi serta data penting di perangkat Xiaomi-mu. Dari sana Kamu akan melihat nama perangkat.
  • Cek nomor model di menu pengaturan tadi. Lalu catat nomor modelnya.
  • Jika sudah mencatat, silahkan ketikkan di mesin pencari Google dengan cara menambahkan keyword “Xiaomi” di agian depannya.
  • Maka Kamu pun akan mendapatkan informasinya.

2. Cek Tipe Hp Xiaomi Lewat Dus Pembelian Xiaomi

Kamu juga bisa cek tipe Hp Xiaomi yang digunakan dengan memakai dus pembelian. Pastikan dus pembelian Hp Xiaomi-mu tidak hilang. Pada dus pembelian, selain terdapat spesifikasi Hp Xiaomi, Kamu juga akan mendapatkan informasi tentang tipe Hp Xiaomi-mu. Selain itu, Kamu juga bisa cek IMEI Xiaomi yang tertera di dus pembelian smartphone Xiaomi ori.

Nah, berdasarkan pembahasan di atas dengan mengetahui cara cek spek Hp Xiaomi dan tipenya tentu saja membuatmu lebih leluasa untuk menggunakan perangkat Xiaomi-mu karena dapat memastikan kinerja perangat Xiaomi itu sendiri.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019