Cara Ganti Font Xiaomi

Bagaimana cara ganti font Xiaomi? Apakah kita bisa mengganti jenis font di smartphone Xiaomi? Apakah kita harus terlebih dahulu melakukan root untuk mengubah tampilan atau font dari Xiaomi? Apakah kita bisa sekedar menggunakan tema dari Xiaomi untuk ikut mengubah font xiaomi?

Ngomongin tentang smartphone, gitar Kita sudah tak lagi asing dengan salah satu vendor smartphone yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia maupun di luar. Merek atau vendor yang kita maksud di sini adalah Xiaomi.

Karena tentunya kita juga mengetahui, bahwa saat ini pasar smartphone lebih banyak menjual produk-produk dari Xiaomi. Karena selain harganya yang terjangkau, xiaomi juga menghadirkan fitur fitur serta brand terbaru dengan varian penyimpanan dan juga RAM yang beragam.

Enggak sampai situ saja, brand atau Fender asal negeri Cina ini ternyata lebih dikenal oleh para pecinta gadget karena memiliki tampilan dan juga sistem operasi tersendiri. Maksudnya disini adalah Xiaomi menggunakan ROM dengan nama MIUI, yang mana bisa di-update oleh pengguna baik secara berkala ataupun secara otomatis.

Bahkan untuk yang senang melakukan oprek pada smartphone, xiaomi menjadi smartphone yang sangat mudah untuk dimodifikasi.

Nah salah satu bentuk modifikasi yang bisa dilakukan dengan smartphone Xiaomi adalah melakukan rooting, untuk membuat para pemilik ponsel bisa dengan mudah mengakses file system dari smartphone Xiaomi.

Atau jika memang mereka sudah mahir, para pengguna bisa memodifikasi dan juga melakukan tracking pada smartphone, untuk meningkatkan kinerja dari ponsel Xiaomi mereka.

Maka dari itu tak jarang para opreker lebih senang menggunakan Xiaomi, daripada smartphone jenis lain untuk dioprek. Walaupun begitu tetap saja kalian harus terlebih dahulu melakukan unlock bootloader, untuk bisa menginstal TWRP ataupun melakukan root pada smartphone Xiaomi.

Selain melakukan modifikasi pada sistem seperti itu tweaking ataupun rooting, para pengguna Xiaomi juga bisa melakukan modifikasi tampilan pada Xiaomi.

Jika mungkin kita hanya mengetahui sekedar tema pada Xiaomi untuk mengubah tampilan dan juga ikon pada aplikasi, nyatanya kamu juga bisa loh melakukan perubahan pada font atau jenis huruf pada Xiaomi.

Untuk itu ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, untuk mengganti atau mengubah font dari Xiaomi. Tentunya cara ganti font Xiaomi yang akan kita bagikan Disini, bisa berguna untuk pengguna yang mungkin belum melakukan root pada perangkat Xiaomi nya ataupun yang sudah melakukan root pada perangkat Xiaomi nya.

Cara Ganti Font Xiaomi

Cara Ganti Font Xiaomi
Mengganti Font Xiaomi

1. Ganti Font Xiaomi Menggunakan Tema Pihak Ketiga

Untuk cara pertama disini kamu bisa menggunakan bantuan tema atau bahkan mengganti tema dari Xiaomi bawaan kalian, dengan tema pihak ketiga. Biasanya tema-tema ini bisa kamu temukan secara gratis baik melalui forum MIUI, atau bahkan melalui pencarian dari Google.

Pastikan kamu teliti terlebih dahulu, dan mengetahui cara mengganti tema Xiaomi dengan menggunakan tema pihak ketiga. Karena biasanya font bawaan dari tema pihak ketiga sudah di kustomisasi sedemikian rupa, sehingga kamu bisa mendapatkan tampilan font yang berbeda dengan tema bawaan.

Bahkan enggak hanya itu aja, ada beberapa tema Xiaomi dari pihak ketiga yang juga ikut mengubah tampilan sistem dari Xiaomi misalnya seperti Dark mode dan lain-lain.

2. Ganti Font Xiaomi Menggunakan Aplikasi iFont Changer

Sila ke-2 yang bisa kamu pakai di sini Sebenarnya dikhususkan untuk pengguna yang sudah melakukan rooting pada perangkat Xiaomi mereka. Disini Kami menyarankan kalian untuk menggunakan aplikasi yang bernama iFont yang bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah, kamu bisa menginstal font film custom yang kamu miliki, ataupun kamu bisa mencari ratusan font yang sudah tersedia, dan kamu juga masih bisa kok melakukan kustomisasi lagi dengan font yang kamu pilih. Ya kamu bisa menyesuaikannya dengan keinginanmu.

Misalnya kamu ingin ketika kamu membuka Whatsapp, maka font yang ditampilkan adalah jenis font A, dan ketika kalian membuka Instagram, maka font yang ditampilkan adalah jenis font B. Metode ini sering disebut dengan per apps font type, yang bisa kamu dapatkan Melalui aplikasi ini.

3. Menggunakan Magisk Font Installer

Dan untuk cewek yang ketiga juga masih sama, di sini kamu harus terlebih dahulu sudah melakukan root dengan menggunakan magisk. Nah selain menjadi aplikasi root, regis juga bisa kok kalian gunakan untuk mengubah font dari Xiaomi.

Caranya juga gampang banget, karena kamu hanya perlu membuka telegram dan terlebih dahulu mencari forum magisk Font Installer atau magisk font manager. Setelah itu kamu bisa mendownload font yang ingin kamu gunakan dalam format Zip. Kemudian kamu bisa mendownload font tersebut, lalu buka magisk Manager, pilih pada menu modul, lalu klik pada tanda +, dan kemudian pilih font yang sudah kamu download tadi.

Kemudian kamu tinggal melakukan penginstalan seperti biasa melalui magisk, dan jika sudah selesai maka kamu tinggal melakukan restart smartphone kalian, dan setelah itu font kalian sudah berhasil diubah.

4. Menggunakan Custom ROM

Untuk Cara yang keempat, bisa menggunakan custom rom yang memang dikhususkan untuk perangkat Xiaomi. Karena pada saat ini Jika kamu menggunakan custom ROM, kamu bisa mengubah jenis font melalui pengaturan atau setting. Kamu bisa mengklik pada tampilan display, lalu mengganti jenis font yang ingin kamu gunakan. Tetapi apabila kalian menggunakan custom ROM dengan versi Android 10, maka perubahan font-nya akan beda. Sebab kamu akan menggunakan sistem heading dan juga paragraf atau body, dan memilih font untuk tiap heading dan juga paragraf atau body dari font yang kamu inginkan.

5. Lewat Sistem Pembaruan atau Update

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan sistem pembaruan atau melakukan pembaruan sistem, untuk perangkat Xiaomi yang mungkin belum melakukan root. Karena untuk saat ini versi dari OS xiaomi sendiri, sudah mencapai angka MIUI 12. Dan pada pembaruan ini, pengguna bisa melakukan kustomisasi pada tampilan jenis font melalui pengaturan atau setting.

Walaupun begitu kamu harus terlebih dahulu mengetahui informasi seputar update MIUI 12 ini. Karena pada kenyataannya, tidak semua OS atau tipe dari smartphone Xiaomi mendapatkan update ke MIUI 12. Oleh sebab itu kamu bisa membaca informasi lebih lanjut melalui forum MIUI, atau bahkan melalui grup yang ada di Facebook ataupun channel dan juga grup telegram, yang sesuai dengan tipe smartphone Xiaomi kalian.

Atau sebagai cara mudahnya, kamu bisa kok melakukan pengecekan pembaruan sistem update, melalui settings > about phone > lalu pilih check for updates atau periksa pembaruan. Jika smartphone kalian mendapatkan pembaruan, maka kamu bisa langsung menginstal pembaruan tersebut melalui ponsel kalian secara langsung.

Dan itulah tadi beberapa cara ganti font Xiaomi yang bisa kamu coba, silakan sesuaikan cara diatas dengan cara yang paling mudah menurutmu. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi