Cara Ganti Email Instagram

  • Whatsapp

Bagaimana cara ganti email Instagram? Apakah kita bisa mengganti email di Instagram dengan email yang baru? Apakah kita bisa mengganti email Instagram namun Emailnya sudah tidak bisa diakses?

Berbicara tentang pertanyaan di atas, tentunya hal ini tak lagi asing dan juga kerap menjadi pertanyaan yang ditanyakan para pengguna Instagram.

Read More

Sebab kejadian seperti ini kerap dialami pengguna ketika mereka ingin mengganti email dari akun Instagram, atau mungkin email yang digunakan sudah tak lagi aktif dan ingin diganti dengan email yang baru.

Karena sebagaimana kita tahu, pada saat kita melakukan pendaftaran di Instagram, kita bisa menggunakan metode email dan juga akun Facebook.

Walaupun begitu, email pada Instagram juga sangat berguna ketika kita mengalami lupa password atau mungkin tidak dapat mengakses akun Instagram untuk masuk dan membagikan foto ataupun video di dalamnya.

Jika hal ini terjadi, maka Sebenarnya kamu bisa kok meminta bantuan kepada call center atau service center dari Instagram, untuk melakukan penggantian email pada akun Instagram, dengan sedikit metode verifikasi yang berbeda.

Oleh sebab itu tak heran jika ada banyak sekali para pengguna yang mana emailnya tak lagi mampu diakses, namun mereka harus bisa mendapatkan kode konfirmasi dari Instagram ketika mengubah email.

Jika hal ini terjadi, maka proses penggantian instagram tidak dapat dilakukan karena tidak mengklik Link yang ada di dalam email.

Sebab dari itulah, jika mungkin kamu ada niatan atau berniat untuk mengganti email dari Instagram, maka kamu bisa menggunakan cara ganti email Instagram yang akan kita bagikan berikut ini.

Daftar Isi

Cara Ganti Email Instagram

Cara Ganti Email Instagram
Ganti Email Instagram

Langkah1: Masuk Kedalam Instagram

Pertama tama, kita harus terlebih dahulu melakukan login ke akun Instagram yang kita miliki. Disini, ada 2 cara atau metode yang bisa kamu gunakan untuk login kedalam akun Instagram.

Kamu bisa melakukannya baik melalui smartphone seperti Android ataupun iOS, kemudian kamu juga bisa login kedalam Instagram melalui browser dari komputer ataupun laptop.

Langkah2: Masuk ke Pengaturan Profil

Setelah berhasil login, kamu bisa langsung mengklik pada tombol profil yang ada di bagian pojok kanan bawah Aplikasi Instagram, dan kemudian klik pada menu yang ada di pojok kanan atas pada bagian profile, lalu pilih settings / pengaturan

Nantinya, kamu akan diarahkan kedalam laman settings / pengaturan, dengan beragam pilihan menu yang bisa kamu gunakan. Karena kita akan mengganti email Instagram, maka disini kita bisa mengklik pada opsi Account.

Langkah3: Masuk ke Personal Information

Didalam menu Account, kamu bisa mengklik pada menu Personal Information, dan kemudian kamu bisa mengklik pada menu ‘email address’.

Klik pada opsi tersebut, dan nantinya kamu bisa mengubah email lama kamu, dengan email baru yang ingin kamu gunakan.

Dan jika sudah, kamu bisa mengklik pada tanda ceklis yang ada disebelah kanan atas bagian account, dan secara otomatis, nantinya kamu akan mendapatkan email dari Instagram, jika kamu telah melakukan perubahan email di Instagram.

Klik pada pemberitahuan tersebut, dan biasanya kamu akan menerima link untuk mengkonfirmasi jika aktivitas perubahan email tersebut memang benar kamu lakukan, dan bukan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selain berguna untuk mengganti email lama dengan email baru pada akun Instagram, mengubah atau mengganti email pada akun Instagram juga memiliki manfaat lain daripada segi keamanan akun. Sebab, ketika mungkin kamu mengalami lupa password, kamu bisa melakukan request password baru.

Terkait:  Cara Ganti Font Xiaomi

Tips Menjaga Keamanan Akun Instagram

Adapun dengan mengganti atau mengupdate email, ada beberapa tips dari kami, untuk menjaga akun kalian tetap aman, ataupun terhindar dari pencurian akun

1. Ganti atau Ubah Password secara berkala

Melakukan perubahan atau penggantian password Instagram secara berkala, kerap menjadi cara yang dilakukan pemilik akun Instagram untuk menjaga keamanan akun mereka masing-masing. Adapun interval atau rentang waktu yang bisa kamu gunakan untuk mengganti password ada sekitar 2 atau 3 minggu sekali.

2. Hindari Menggunakan Password dengan Keamanan Rendah

Kedua, kamu juga harus memperhatikan kombinasi kata atau karakter ketika membuat password. Hindari menggunakan password yang mudah ditebak, atau berkaitan dengan kehidupan pribadi kamu. Jangan pernah gunakan password dengan keamanan yang rendah, misalnya abcd1234, tanggal lahir, atau bahkan password yang hanya berisikan karakter saja.

Oleh karena itu, kamu disarankan menggunakan password dengan kombinasi antara karakter dan simbol, agar sulit untuk ditebak. Misalnya: Angkasalangit biru bisa diubah menjadi [email protected]@ng!tB1rU

Tapi perlu diingat ya, usahakan kombinasi password antara karakter dan simbol tidak terlalu sulit untuk kamu ingat sendiri. Sehingga memudahkan kamu ketika ingin melakukan login.

3. Jangan Login di Sembarang Devices/Perangkat

Sebagaimana kita tau saat ini, kita bisa dengan mudahnya login kedalam Instagram melalui perangkat yang berbeda. Bisa dari smartphone, komputer atau laptop, dan perangkat lainnya. Walaupun begitu, pastikan kamu tidak sembarang login di devices yang mungkin tidak memiliki keamanan atau sudah di ROOT.

Jika memang sangat mendesak dan mengharuskanmu login kedalam Instagram melalui devices lain, jangan lupa untuk mengganti password setelahnya, dan jangan lupa untuk melakukan logout dari perangakat atau devices yang kamu gunakan tadi. Ini berguna agar akun kalian tidak ‘nyangkut’ dan disalah gunakan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme C2

4. Tambahkan Fitur 2 Auth Verification

Kemudian cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk menjaga keamanan akun Instagram kalian adalah, kamu bisa menggunakan 2 Auth Verification ketika login. Sehingga kamu akan mendapatkan notifikasi berupa kode OTP ataupun kode lain, jika ada perangkat tidak dikenal melakukan login ke akun kalian.

Untuk cara mengaktifkan 2 auth verification sendiri tidaklah sulit. Begini langkahnya:

  • Buka Aplikasi Instagram di Smartphone kalian
  • Setelah itu klik pada tab profile yang ada di bagian bawah kanan Aplikasi Instagram
  • Jika sudah, klik pada garis 3 atau menu yang ada di pojok kanan atas Instagram, lalu pilih settings
  • Lalu, klik pada menu ‘Security’ dan pilih ‘Two-Factor Authentication’
  • Setelah itu, klik pada ‘get strated’ dan ikuti semua instruksi yang diberikan.

Cara ini sangat efektif untuk menjaga keamanan akun kalian. Sebab, baik di Instagram official ataupun Instagram yang sudah di modifikasi, cara ini tetap berlaku dan bisa digunakan untuk menjaga keamanan akun kalian.

Sehingga, ketika mungkin pengguna lain mengetahui username dan password Instagram kalian, ketika mereka ingin login mereka harus terlebih dahulu memasukkan kode yang dikirimkan ke perangkat kalian. Sehingga, mereka tidak akan bisa login jika tidak memasukkan kode yang benar.

Dan itulah tadi beberapa cara ganti email Instagram dan juga beberapa tips dari kami untuk menjaga keamanan akun Instagram kalian. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Related posts