Cara Chat Bot Telegram

Bagaimana cara chat bot Telegram? Bot telegram ialah aplikasi telegram pihak ketiga yang dapat dipakai para pengguna telegram ketika berinteraksi dengan layanan bot telegram melalui perintah dan pengiriman pesan. Jadi bot ini bisa dibilang hampir sama seperti kerja pengguna Telegram itu sendiri, yang membedakannya ialah bot tersebut tidak memiliki nomor telepon serta menggunakan sistem PC.

Sementara bot Telegram chat sendiri ialah bot yang dipakai untuk pengiriman pesan secara otomatis lewat bot. Dalam hal ini, Kamu dapat mengontrol botmu dengan melakukan permintaan lewat HTTPS ke dalam bot API pada Telegram.

Read More

Jadi bot itu sendiri hanya bisa merespon atau menerima pesan terhadap perintah yang telah disesuaikan. Selain itu, ukurannya juga sudah diatur oleh admin bot. Sehingga pengguna bot bisa berinteraksi dengan user Telegram untuk melakukan pengiriman pesan yang sudah ditentukan lewat format tertentu. Namun sebelum masuk ke dalam cara chat bot Telegram dan membuat chat bot Telegram, Kamu harus benar-benar memahami bot Telegram terlebih dahulu.

Kenapa Memakai Bot Telegram?

Masih banyak orang yang belum paham, kenapa harus menggunakan robot atau bot telegram? Hal tersebut bertujuan untuk mengatasi tugas-tugas kerja yang dilakukan secara otomatis. Ini artinya, dalam berinteraksi dengan pengguna Telegram Kamu tidak perlu harus menangai semuanya dengan car amanual. Sehingga Kamu pun bisa melakukan aktivitas lainnya dengan otomatis.

Selain itu, melalui chat bot Telegram ini, bisa memudahkan kinerja seklaigus meringankan beban aktivitasmu terutama untuk aktivitas-aktivitas terkait. Adapun tugas-tugas dari bot Telegram itu sendiri diantaranya :

1. Notifikasi Untuk Berita atau Secara Khusus

Bot Telegram dalam hal ini memiliki kinerja seperti asisten, yang dapat memenuhi keinginan user yang menggunakan bot Telegram itu sendiri. Oleh karena itu, bot berguna sebagai perangkat untuk memilih kebutuhanmu khususnya untuk informasi atau berita tertentu.

2. Dapat Menampilkan Konten

Dengan menggunaka bot Telegram ini, Kamu bisa menampilkan konten untuk berbagai layanan. Sehingga hal tersebut semakin mempermudah kinerjamu.

3. Bisa Membuat Tool Tertentu

Bot Telegram memiliki kegunaan dan fungsi tertentu, Kamu bisa memanfaatkan bot tersebut sebagai counter, ucapan selamat datang dan berfungsi sebagai penerjemah.

4. Kasir Pembayaran

Kamu juga dapat memanfaatkan bot tersebut sebagai kasir untuk membayar beberapa kegiatan tertentu.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Telegram Bot bisa memberikan layanan berbentuk pemberitahuan atau peringatan, dapat melakukan permfrmatan, penerjemahan, infrmasi tentang penurunan atau kenaikan harga dan lainnya.

Hanya menggunakan Telegram bot inilah, Kamu juga dapat tetap terintegrasi menggunakan berbagai macam layanan eksternal, berupa bot GIF, bot GMAIL, bot Youtube, bot Wiki dan lainnya.

Selain dapat melakukan pembayaran dan menawarkan berbagai macam layanan hanya menggunakan Telegram bot ini. Menariknya lagi Kamu juga dapat menggunakan Telegram bot ini untuk pembuatan game.

Selain itu, telegram bot dapat membantumu menemukan user yang melakukan chat atau percakapan berdasarkan hobi atau minat yang sama. Dengan begitu, Kamu dapat memperoleh kesempatan mengembangkan diri.

Cara Chat Bot Telegram

Cara Chat Bot Telegram
Membuat Chat Bot Telegram

Membuat Chat Bot Telegram

Sesudah Kamu memahami dengan baik tentang chat bot Telegram, maka selanjutnya Kamu tinggal membuat chat bot Telegram. Tapi untuk pembuatan bot Telegram ini memang cukup rumit, sebab Kamu harus memakai coding sebagai instruksinya. Simak panduannya berikut ini :

1. Membuat Chat Bot Telegram

Cara chat bot Telegram yang pertama, tentu saja Kamu wajib membuat akun untuk bot telegram lebih dulu. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka Telegram App. Selanjutnya Kamu bisa mencari akun @BotFahet kemudian klik “Start” jika ingin memulainya.
  • Untuk pembuatan bot sendiri Kamu bisa kirim newbot atau pesan kemudian klik enter.
  • Selanjutnya Kamu diminta mengaktifkan nama akun bot Telegram terlebih dahulu. Misalnya : Wigatos.
  • Lalu Kamu diminta membuat username untuk bot Telegram yang biasanya diakhiri oleh kata _bot, misalnya Wigatos_bot kemudian klik enter.
  • Jika sudah, Kamu akan menerima token yang dapat digunakan untuk bisa mengakses Application Programming Interface atau API. Perlu diketahui bahwa kode token tersebut bersifat sangat rahasia, jadi jangan sampai ketahuan orang lain. Sebab fungsinya untuk melakukan pengontrolan bot telegram.
  • Selamat, Kamu sekarang sudah mempunyai bot telegram menggunakan username yang sudah dibuat tadi.

2. Membuat Chat Bot Telegram Melalui HTTPS

Setelah sukses membuat akun Telegram Bot dan sudah menerima kode token API, kini Kamu bisa memakai token tersebut untuk pembuatan chat bot telegram. Simak panduannya di bawah :

  • Langkah cara chat bot Telegram pertama Kamu bisa mengunjungi Telegram Bot API lewat alamat berikut: https://core.telegram.org/bots/api.
  • Pada halaman Telegram Bot API dijelaskan jika Bot API telegram dapat diakses lewat kode berikut: https://api.telegram.org/bot<token>/METHOD_NAME.

3. Membuat Chat Bot Telegram Untuk Mendpaatkan Kode Chat ID

Untuk menerima informasi tentang kode ID, maka Kamu wajib memakai metode getME. Adapun panduannya ialah sebagai berikut :

  • Tekan New Tab pada browser yang Kamu gunakan, lalu tempelkan kode berikut : https://api.telegram.org/bot(token)/METHOD_NAME.
  • Setelah itu, Kamu bisa ganti bot(token) Telegrammu. Sementara untuk METHOD_NAME bisa diganti getME dan klik enter. Berikut kodenya : https://api.telegram.org/bot1305023954:AAFRsYBqp4jT3VJpXzv7XgTD84z_fLLorfQ/GetMe
  • Selanjutnya Kamu akan menerima kode ID.

4. Membuat Chat Bot Telegram Memakai Methods SendMessage

Jika Kamu telah menerima kode ChatID, maka langkah cara chat bot Telegram berikutnya ialah dengan memakai methods sendmessage. Berikut langkah-langkahnya :

  • Tekan New Tab pada browser-mu lalul tempelkan kode berikut: https://api.telegram.org/bot1305023954:AAFRsYBqp4jT3VJpXzv7XgTD84z_fLLorfQ/sendMessenge?chat_id=<kode chat ID>&text=<silahkan buat kalimat bot chat >
  • Sesudah itu, ganti kode chat beserta text. Selanjutnya langsung menjadi seperti berikut: https://api.telegram.org/bot1305023954:AAFRsYBqp4jT3VJpXzv7XgTD84z_fLLorfQ/sendMessenge?chat_id=1305023954&text=Hai sobat Wigatos!
  • Setelah itu, Kamu tinggal membuka akun bot maka Kamu akan menerima pesan langsung dari chat bot Telegram yang sudah dibuat.

Itulah beberapa tahapan cara membuat chat bot Telegram. Kini Kamu tinggal menggunakan chat bot Telegram sesuai kebutuhanmu.

Menggunakan Chat Bot Telegram

Sesudah membuat chat bot Telegram, kini Kamu dapat memakai chat bot Telegram yang sudah dibuat untuk melakukan chat otomatis memakai bot Telegram. Cukup mengirimkan pesan ke user Telegram lain atau ke temanmu memakai chat bot atau bisa juga dengan memakai chat anonynoum Telegram.

Apakah Bot Telegram Aman Digunakan?

Bot Telegram dapat dianggap sebagai lawan bicara lewat chat dan bukan manusia. Namun tugasnya sama dengan pengguna manusia. Selain itu, bot Telegram juga bisa melihat username yang Kamu gunakan, nama publik, dan foto profil di Telegram.

Akan tetapi, merka tak bisa melihat nomor Hpmu jika Kamu tidak memberikannya langsung kepada mereka. Sama seperti menjaga keamanan privasi data milikmu dari pengguna lain, Kamu pun harus tetap menjaga data pribadimu terhadap bot. Jangan berikan kode telegram, kata sandi, nomor telepon, nomor rekening maupujn yang lainnya apabila bot Telegram memintanya.

Itulah ulasan tentang cara chat bot Telegram dan cara pembuatannya yang perlu Kamu ketahui untuk keperluan bisnis atau lainnya. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Related posts