Cara Daftar SMS Banking Mandiri

  • Whatsapp

Tahukah Kamu bagaimana cara daftar SMS Banking Mandiri? Kehadiran SMS Banking Mandiri tentu saja semakin melengkapi inovasi transformasi teknologi bebasis digital. Dimana semua bentuk aktivitas tak terlepas dari yang namanya pemakaian gadget. Hal ini berbeda dengan zaman dulu, dimana teknologi awalnya hanya dijadikan sebagai pelengkap kebutuhan. Tapi sekarnag ini, teknologi sendiri telah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib digunakan.

Dengan munculnya teknologi inilah, semua aktivitas sehari-hari menjadi lebih gampang dan praktis dilakukan dibandingkan sebelumnya. Salah satu bidang yang tak luput dari penggunaan teknologi digital ialah perbankan.

Read More

Sudah banyak perusahaan perbankan yang kini memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi. Salah satunya bank Mandiri. Mandiri telah menyuguhkan berbagai macam layanan guna memudahkan para nasabahnya untuk bertransaksi, sebut saja Mobile Banking, Internet Banking dan SMS Banking.

Namun diantara ketiga macam layanan yang ditawarkan bank Mandiri, kali ini kita hanya akan membahas tentang cara daftar SMS Banking Mandiri saja. Sama halnya dengan kedua layanan lain, yaitu IB BRI dan Mobile BRI, SMS Banking Mandiri membuat semua transaksi lebih praktis dilakukan hanya dalam genggaman saja. Selain sebagai cara cek saldo Mandiri, Kamu juga bisa melakukan transaksi lainnya, seperti cek mutasi rekening, transfer sesama dan antar bank, dan masih banyak yang lainnya.

Tentang SMS Banking Mandiri

SMS Banking adalah salah satu layanan perbankan untuk bertrasaksi tanpa harus pergi ke ATM atau teller. Sebagian orang mungkin menganggap bahwa layanan ini terbilang kuno. Mengingat kini sudah banyak fitur yang lebih canggih untuk bertransaksi dibandingkan SMS Banking.

Terkait:  Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri

Akan tetapi, bukan berarti layanan ini tidak berguna sama sekali. Pada kenyataannya, masih banyak orang yang memakai layanan SMS Banking karena kemudahannya. Dengan menggunakan SMS Banking Mandiri, membuat transaksi lebih praktis, cepat dan mudah tanpa harus menyedot kuota internet. Asalkan Kamu memiliki pulsa yang mencukupi untuk bertransaksi.

Syarat dan ketentuan yang diperlukan agar Kamu dapat memakai SMS Banking Mandiri, ialah berikut ini :

  • Nasabah adalah pelanggan kartu GSM, seperti XL, Indosat maupun Telkomsel
  • Mempunyai rekening bank mandiri, berbentuk tabungan atau giro.
  • Memiliki perangkat GSM.
  • Menyetujui persyaratan pemakaian SMS Banking Mandiri yang terdapat pada formulir aplikasi pembuatan Mandiri SMS.

Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Cara Daftar SMS Banking Mandiri
Mendaftar SMS Banking Mandiri

Mendaftar SMS Banking Mandiri

Melalui layanan SMS Banking, para nasabah bank Mandiri bisa melakukan berbagai layanan perbankan. Seperti melakukan transaksi perbankan bersifat non finansial, contohnya pengecekan mutasi rekening, cek saldo, serta transaksi bersifat finansial, berupa pembelian, transfer, pembayaran, maupun yang lainnya.

Adapun hal yang harus Kamu ketahui agar bisa bertransaksi finansial, maka nasabah harus mengaktifkan layanan finansial langsung di kantor cabang bank Mandiri. Sementara itu, untuk mendaftar SMS banking Mandiri sendiri Kamu bisa melakukannya baik lewat kantor cabang Mandiri maupun via ATM Mandiri.

Simak panduan cara daftar SMS Banking Mandiri berikut!

1.  Cara Mendaftar SMS Banking Mandiri di Kantor Cabang Mandiri

Cara daftar SMS Banking Mandiri pertama ialah dengan mendatangi kantor bank Mandiri terdekat. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuknya di bawah ini :

  • Silahkan pergi ke kantor bank Mandiri terdekat.
  • Lalu Kamu bisa ambil nomor antrian setibanya di bank Mandiri. Tunggu sampai nomor antrianmu terpanggil.
  • Jika sudah dipanggil, silahkan datangi meja customer service Mandiri dan sampaikan tujuanmu untuk mendaftar SMS Banking Mandiri.
  • Lakukan pengisian formulir pendaftaran SMS Banking Mandiri yang telah diberikan CS lalu tanda tangani.
  • Tunjukkan bukti kepemilikan identitas diri, baik SIM, Paspor atua KTP. Jangan lupa tunjukkan kartu ATM dan buku tabungan Mandirimu.
  • Lalu pihak CS bank Mandiri pun akan langsung memproses pembuatan SMS Banking Mandiir-mu.
  • Selanjutnya Kamu akan langsung diberikan PIN untuk mengakses SMS Banking Mandiri.
Terkait:  Cara Daftar Go Massage

Sebagai catatan, jika Kamu melakukan pendaftaran di kantor bank Mandiri terdekat, maka SMS Banking akan aktif sesudah Kamu mendapatkan SMS dari nomor 3355 yang berisi tentang informasi PIN SMS Banking Mandiri. Agar layanan tersebut bisa dipakai untuk bertransaksi, Kamu bisa mengubah PIN SMS Banking-mu.

2. Cara Mendaftar SMS Banking Mandiri via ATM

Panduan cara daftar SMS Banking Mandiri selanjutnya bisa dilakukan lewat ATM. Sebenarnya cara ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Sebab Kamu tak memerlukan syarat berupa identitas diri atau dokumen tertentu.

Simak panduan cara mendaftar SMS Banking Mandiri via ATM berikut :

  • Silahkan bawa serta kartu ATM bank Mandiri milikmu.
  • Kemudian pergi ke gerai ATM Mandiri terdekat.
  • Setelah itu, masukkan kartu debit/ATM Mandiir dan inputkan nomor PIN ATM Mandiri-mu.
  • Selanjutnya tinggal pilih menu “Transaksi Lainnya”.
  • Tekan “Pendaftaran e-banking“.
  • Lalu inputkan nomor HP dan klik “Lanjut”.
  • Setelah itu, Kamu bisa membuat sendiri PIN SMS Banking Mandirimu, dan tekan “Lanjut”.
  • Masukkan lagi PIN yang sudah Kamu buat sebelumnya, dan tekan “Lanjut”.
  • Sesudah itu, Kamu akan langsung ditampilkan pemberitahuan di layar demi memastikan hal-hal tertentu, silahkan tekan “Lanjut”.
  • Inputkan tanggal lahir dan tekan “Next” atau “Lanjut”.
  • Lalu inputkan kode OTP yang sudah dikirimkan langsung ke nomor Hp.
  • Tekan Lanjut dan kini Kamu akan langsung mendapat pemberitahuan bahwa registrasi SMS Banking Mandirimu sudah berhasil dilakukan di layar ATM.

Ketentuan dan Format Menggunakan SMS Banking Mandiri

Setelah cara daftar SMS Banking Mandiri dilakukan, kini saatnya Kamu harus mengetahui format penggunaan layanan SMS Banking. Berikut ulasannya :

1. Cek Saldo Tabungan Mandiri

Untuk pengecekan saldo tabungan Mandiri yang sudah didaftarkan layanan SMS Banking, Kamu tinggal ikuti format SMS berikut : SAL(spasi)Kode Rekening(spasi)4 digit terakhir dari nomor rekening Mandiri. Setelah itu tinggal kirim ke nomor 3355.

Terkait:  Cara Daftar Internet Banking BCA Lewat HP

2. Cek Mutasi Rekening Mandiri

Kamu juga bisa mengecek mutasi rekening bank Mandiri dengan mengikuti format SMS berikut : TRN(spadi)Kode rekening(spasi)4 digit nomor rekening. Lalu kirim ke 3355.

3. Pembelian Pulsa via SMS Banking Mandiri

Jika Kamu membutuhkan pulsa pada malam hari atau dalam keadaan yang urgent sekalipun. Kamu tetap bisa bertransaksi lewat SMS banking Mandiri untuk mengisi pulsa dalam waktu singkat dan praktis. Untuk pembelian pulsa via SMS Banking Mandiri sendiri, cukup ketik format berikut : ISI (spasi) kode rekening (spasi) nomor HP (spasi) nominal pulsa, kirimkan ke 3355.

4. Pembayaran PLN

SMS Banking Mandiri juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran PLN. Adapun caranya ialah dengan mengetikkan format SMS berikut : BYR PLN (spasi) kode rekening (spasi) 12 digit nomor pelanggan atau IDPEL. Kirimkan ke nomor 3355.

5. Ganti PIN

Jika Kamu ingin mengganti PIN SMS Banking, bisa mengikuti format ketik SMS berikut : PIN (spasi) PIN LAMA (spasi) PIN BARU (spasi) PIN BARU, kirimkan SMS ke 3355.

Itulah beberapa pilihan transaksi dan format transaksi yang bisa dilakukan lewat SMS Banking. Untuk limit transaksi per hari, Mandiri telah menetapkan ketentuan tersendiri. Jumlah limit transfer per hari via SMS Banking Mandiri ialah Rp. 100 juta. Limit tersebut juga berlaku bagi pembayaran kartu kredit atau non kartu kredit.

Demikian ulasan tentang cara daftar SMS Banking Mandiri, dan cara menggunakan layanan tersebut dengan mudah. Sehingga Kamu bisa bertransaksi kapanpun dan dimanapun menggunakan SMS Banking Mandiri!

Related posts