Cara Download Video di LINE

Cara download video di LINE sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, banyak dari pengguna LINE yang tidak mengetahuinya. Sebagaimana kita tau, saat ini LINE memang merupakan salah satu aplikasi chatting yang sangat populer yang bisa diinstall pada perangkat Android dan juga iOS.

Selain itu, saat ini kita bisa menemukan beragam channel atau akun line bisnis yang dikenal dengan akun LINE@, yang mana kerap dipakai oleh pemilik brand untuk memasarkan produk, atau sekedar digunakan untuk membagikan posting posting berupa foto, ataupun video yang nantinya bisa di share ataupun di like oleh para pengguna LINE lainnya.

Gak cuma itu aja, kita juga bisa kok melakukan panggilan suara, video call, membuat grup, atau bahkan menemukan grup dengan skala besar sesuai dengan minat kita melalui layanan Line Square.

Bahkan, kamu juga bisa kok menemukan teman disekitarmu dengan menggunakan fitur LINE Nearby, yang mana bisa digunakan untuk mencari teman disekitar kalian dengan menghidupkan layanan GPS atau Global Positioning System.

Tetapi, kali ini kita tidak akan membahas lebih lanjut tentang LINE, atau juga fitur fitur yang ada didalamnya. Melainkan tentang cara download video dari aplikasi LINE yang sebenarnya banyak dicari oleh pengguna LINE itu sendiri.

Hal ini berkaitan erat dengan pengguna LINE yang memang mengikuti atau memfollow akun akun yang memposting video video lucu dan menarik didalamnya.

Karena berbeda dengan aplikasi sosial media lainnya, untuk mendownload video dari LINE sendiri memang kita membutuhkan effort atau usaha yang lebih lagi. Sebab, kita tidak dapat mengunduh video tersebut, melalui aplikasi LINE secara langsung.

Walaupun begitu, ada beberapa cara download video di LINE yang bisa kamu coba, tentunya dengan beberapa metode yang akan kami bagikan berikut ini.

Cara Download Video di LINE

Cara Download Video di LINE
Download Video di LINE

Cara Download Video di LINE lewat Google Chrome

Cara pertama adalah kita akan menggunakan browser Google Chrome. Nah, jangan dulu panik, sebab Google Chrome yang akan kita gunakan disini adalah google chrome yang bisa kamu unduh di android ataupun iOS kalian masing masing.

  • Buka terlebih dahulu aplikasi LINE yang sudah terinstall di smartphone kalian
  • Setelah itu, cari video mana yang ingin kalian unduh
  • Kemudian, klik pada tombol ‘share’ dan pilih ‘salin tautan’ atau ‘copy url’
  • Lalu, tutup aplikasi LINE tadi, dan buka browser google chrome kalian
  • Pastekan link video LINE yang sudah di copy tadi, lalu klik pada tombol ‘enter’
  • Tunggu beberapa saat sampai video nya ter-loading
  • Nah kamu bisa memplay video tersebut, dan klik pada titik 3 vertikal yang ada sejajar dengan waktu atau durasi video
  • Terakhir, klik pada opsi Download, dan secara otomatis video akan tersimpan

Walaupun kamu bisa menggunakan cara ini, pastikan dulu video yang kamu ingin download memang dibagikan oleh akun LINE@ yang bersifat publik. Sebab, jika akun yang membagikan video tersebut di private, maka kamu tidak bisa mendownload video tersebut. Selain itu, kadang kadang ketika kamu selesai mempaste link tadi di Google Chrome, mungkin kamu akan diminta untuk login menggunakan akun LINE, maka dari itu, silahkan login seperti biasa.

Cara Download Video di LINE lewat UC Browser

Cara yang kedua tak jauh berbeda dengan cara pertama, hanya saja disini kita menggunakan aplikasi UC Browser. Nah, mungkin kalian para pembaca bertanya tanya, kenapa harus menggunakan UC Browser? Baik, singkatnya tuh begini.

Dengan menggunakan UC Browser, kita bisa dengan mudah melakukan pengunduhan atau mendownload video melalui video player UC Browser. Karena, didalam video player tersebut, kamu bisa menemukan tombol download didalmnya.

  • Buka aplikasi LINE di smartphone kamu, dan kemudian kamu bisa mencari video apa yang ingin kamu download
  • Setelah itu, klik pada icon ‘share’ atau ‘bagikan’ lalu pilih ‘salin tautan’ atau ‘copy url’
  • Jika sudah, maka kamu bisa menutup aplikasi LINE tadi dan membuka UC Browser di smartphone kalian
  • Lalu, pastekan link yang sudah di copy tadi, dan klik pada tombol ‘go’ untuk menuju ke video yang diinginkan
  • Nah nantinya kamu akan diarahkan ke video tadi, dan kamu bisa mengklik pada tombol play
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi ‘mainkan video dengan mobile data’ dan kamu bisa memilih opsi ‘konfirmasi’
  • Ketika video sudah diputar, maka kamu akan melihat logo atau icon panah kebawah, di bagian kanan bawah video. Klik saja pada icon tersebut, dan video akan otomatis terunduh kedalam internal storage kalian.

Seperti pada cara sebelumnya, pastikan akun yang membagikan video tersebut merupakan akun publik dan tidak di private.

Cara Download Video di LINE lewat File Manager

Terakhir, cara yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan File Manager yang ada di perangkat android kalian. Cara ini terbilang mudah, namun perlu ketelitian karena memang kita akan menggunakan file cache dari video yang ada di LINE untuk didownload.

  • Buka terlebih dahulu aplikasi File Manager kalian, disini kami menyarankan kamu untuk menggunakan ‘ES File Explorer’ yang bisa kamu unduh di play store secara gratis
  • Setelah itu, install ES File Explorer tadi sampai selesai seperti biasa
  • Kemudian, buka aplikasi LINE yang ada di smartphone kalian, dan cari video yang akan di download
  • Lalu, putar atau mainkan video tersebut sampai selesai, tanpa men-skip nya
  • Jika sudah selesai, maka kamu bisa menutup aplikasi LINE tadi, dan buka ES File explorer yang sudah kamu unduh sebelumnya
  • Kemudian, didalam ES File Explorer, kamu bisa masuk kedalam root dari folder 0 atau SD Card (sesuaikan saja)
  • Lalu, arahkan ke folder Android > Data > com.naver.line.android > cache > MM
  • Setelah masuk kedalam folder MM, maka kamu bisa mengklik titik tiga yang ada dibagian pojok kanan atas ES File Explorer, dan mengganti ‘view’ nya menjadi ‘detail sedang’
  • Lalu nantinya kamu akan melihat beragam file dengan format yang belum jelas, atau masih memiliki gambar berupa tanda tanya
  • Silahkan pilih file dengan tanggal terbaru (sesuai kamu melihat video tadi) kemudian tekan agak lama, dan pilih ‘rename’ atau ‘namai ulang’
  • Kemudian, berikan nama file dengan ekstensi .mp4 di akhir. Misalnya videoline.mp4 dan klik tombol OK
  • Terakhir, kamu tinggal memindahkan file yang sudah di rename tadi, ke folder video atau DCIM pada internal storage kalian.

Nah, walaupun disini kamu hanya membutuhkan bantuan dari ES File Explorer, tetap saja step atau caranya akan kompleks atau cukup panjang. Maka dari itu, pastikan kamu mengikuti tiap step tanpa tertinggal satupun langkah yang sudah kami bagikan tadi.

Dan, itulah tadi beberapa cara download video di LINE yang bisa kamu coba. silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi