Cara Mengajukan Pembatalan di Shopee (Paling Baru) 6 Langkah

Cara Mengajukan Pembatalan di Shopee
Cara Mengajukan Pembatalan di Shopee

WIGATOS.com | Belanja online menjadi salah satu kegiatan yang semakin populer, termasuk melalui platform Shopee. Terkadang, kita dapat menemui situasi di mana kita perlu membatalkan pesanan yang sudah dilakukan. Untuk membantu kamu dalam mengatasi hal ini, mimin akan membagikan panduan lengkap tentang cara mengajukan pembatalan di Shopee.

Seperti yang kita tahu, Shopee merupakan salah satu e-commerce yang memiliki cukup banyak pengguna. Aplikasi ini juga menjadi tempat para pengusaha yang berjualan berbagai macam produk. Namun, sebagai pembeli, mungkin saja kamu ingin membatalkan pesanan yang sudah terlanjur kamu pesan, bahkan mungkin sudah kamu bayar. Nah, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa melakukan pembatalan, kok. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan mimin bagikan di bawah ini mengenai cara membatalkan pesanan di Shopee.

Read More

Cara Mengajukan Pembatalan di Shopee

Cara Mengajukan Pembatalan di Shopee
Cara Mengajukan Pembatalan di Shopee

Cara mengajukan pembatalan di Shopee sangatlah mudah. Sekalipun kamu sudah melakukan pembayaran, kamu tetap bisa melakukan pengajuan pembatalan pemesanan. Asalkan barang yang kamu pesan belum dikirim oleh penjual. Jadi, jika barang sudah dalam proses kirim, sudah tidak bisa dilakukan pembatalan pemesanan, ya.

Langsung saja, berikut langkah-langkah mengenai cara mengajukan pembatalan di Shopee yang sudah dibayar.

Langkah 1: Di Menu “Akun Saya” Pilih Opsi “Dikemas”

cara mengajukan pembatalan di shopee

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Shopee di perangkat seluler kamu. Pastikan aplikasi tersebut sudah terpasang dan diperbarui ke versi terbaru untuk memastikan kamu mendapatkan fitur dan layanan terkini. Kemudian, masuk ke akun Shopee kamu dan pilih opsi Dikemas. Di sini mimin sudah melakukan pembayaran menggunakan Shopee pay, sehingga barang yang sebelumnya di check out akan masuk ke menu Dikemas. 

Langkah 2: Klik Produk yang Dipesan

cara mengajukan pembatalan di shopee

Selanjutnya, silakan klik produk yang sebelumnya sudah kamu pesan. Nantinya kamu akan diarahkan ke detail pesanan produk kamu.

Langkah 3: Klik “Batalkan Pesanan”

cara mengajukan pembatalan di shopee

Kemudian, gulir ke bawah hingga kamu menemukan opsi Batalkan Pesanan yang terletak di paling bawah.

Langkah 4: Pilih Alasan Pembatalan

cara mengajukan pembatalan di shopee

Shopee akan meminta kamu untuk memilih alasan pembatalan. Pilihlah alasan yang paling sesuai dengan situasi kamu. Tangkapan layar di atas merupakan contoh tampilan saat kamu diminta memilih alasan pembatalan. Pilih alasan yang sesuai dan klik Kirim.

Langkah 5: Tunggu Konfirmasi Penjual

cara mengajukan pembatalan di shopee

Setelah mengajukan permohonan pembatalan, penjual akan diminta untuk menyetujui atau menolak permohonan kamu. Kamu dapat memantau status pembatalan tersebut dengan cara:

  • Klik produk yang kamu batalkan
  • Gulir ke bawah
  • Klik Tampilkan Rincian Pembatalan

Langkah 6: Pantau Proses Pembatalan Pesanan Kamu

cara mengajukan pembatalan di shopee

Silakan pantau proses pembatalan pesanan kamu. Ada beberapa tahap yang dilewati, yaitu:
  1. Permintaan : Proses pengajuan pembatalan pesanan yang kamu lakukan di awal.
  2. Penilaian Penjual : Konfirmasi dari penjual mengenai pembatalan yang kamu lakukan. Penilaian penjual ini juga dilihat berdasarkan alasan yang kamu pilih saat melakukan pembatalan.
  3. Penilaian Shopee : Konfirmasi atau penilaian dari pihak Shopee
  4. Pengembalian Dana : Proses pengembalian dana jika produk yang kamu ajukan disetujui untuk dibatalkan.
Jika permohonan pembatalan kamu disetujui, Shopee akan menginisiasi proses pengembalian dana sesuai dengan metode pembayaran yang kamu gunakan. Waktu proses pengembalian dana dapat bervariasi tergantung pada metode pembayaran dan kebijakan bank.
Demikian informasi terkait cara mengajukan pembatalan di Shopee. Mudah bukan? Jadi, kamu bisa melakukan pengajuan pembatalan pesanan meskipun kamu sudah membayar produk tersebut, yang terpenting adalah produk yang kamu pesan belum dikirim oleh penjual.
Sebelum melakukan pembatalan, kamu juga bisa melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak penjual. Selanjutnya, pastikan kamu lebih memperhatikan lagi produk yang akan kamu beli. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related posts