Cara Download Game di PPSSPP

  • Whatsapp

Cara download game di PPSSPP sendiri sebenarnya sangatlah mudah, hanya saja mungkin tidak banyak pengguna yang mengetahui cara cara atau tempat dimana mereka bisa mendownload game untuk PPSSPP yang sudah mereka miliki. Padahal, mereka bisa dengan mudah mendownload game PPSSPP baik melalui HP ataupun komputer ataupun laptop.

Jika mendengar kata PPSSPP, mungkin sebagian dari kita masihlah asing dengan aplikasi yang satu ini. tapi gak masalah, karena kita akan kasih penjelasan terlebih dahulu, tentang Apa itu PPSSPP. Jadi, PPSSPP sendiri merupakan sebuah aplikasi atau emulator yang mana sering digunakan oleh para pecinta game, untuk memainkan game PSP. Emulator PPSSPP ini juga tersedia dengan beragam versi, jenis, dan juga kompatibilitas perangkat.

Read More

Kamu bisa menggunakan aplikasi PPSSPP di HP Android, perangkat komputer, atau bahkan laptop yang kamu miliki. Sebenarnya, ada beragam jenis dan juga nama dari emulator PSP yang bisa kamu gunakan. Namun, dari segi kemudahan dan fitur, PPSSPP masih menjadi yang terbaik dikelasnya.

Dengan menggunakan PPSSPP, tentunya kita bisa dengan mudah memainkan beragam game dari PSP, di segala macam perangkat. Karena memang, PSP sendiri sempat menjadi salah satu game konsol yang sangat diminati dan juga menarik perhatian para pecinta game konsol.

Tentu dengan adanya Emulator PPSSPP ini, para pengguna yang mungkin tidak memiliki atau belum pernah memainkan Game PSP, bisa kembali bernostalgia dan melepas rindu dengan game game yang ada di PSP. Karena memang, PSP sendiri akhirnya kehilangan ketenarannya ketika ada banyak game konsol yang mulai bermunculan. Mulai dari Play Station atau PS, xBox, Nintendo Wii, dan masih banyak lagi.

Terkait:  Cara Cek HP Realme

Selain itu, emulator PPSSPP ini juga bisa kok dimainkan di beragam perangkat. Seperti HP android, komputer, atau bahkan laptop. Dan untuk memainkan game PSP melalui emulator, kita memerlukan sebuah format game dalam bentuk ISO, sebagai pengganti file ROM yang biasa digunakan untuk memainkan game di konsol PSP secara langsung.

Adapun untuk Cara Download Game di PPSSPP sendiri tidak terlalu sulit. Karena memang, saat ini sudah ada banyak sekali situs situs yang menyediakan file .ISO untuk emulator PPSSPP, yang nantinya bisa dimainkan melalui HP, komputer, ataupun laptop. Kalau kamu belum tau caranya, simak ulasan berikut ini ya.

Cara Download Game di PPSSPP

Cara Download Game Di PPSSPP
Download Game Di PPSSPP

Cara Download Game di PPSSPP lewat situs Emuparadise

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendownload file .ISO atau file game PPSSPP melalui situs emuparadise. Buat yang belum tau, Emuparadise merupakan sebuah situs yang menyediakan beragam file game, untuk dimainkan melalui emulator. Disini, kamu tak hanya akan menemukan game untuk emulator PPSSPP saja, melainkan juga play station, nintendo, dan lain lain.

Caranya juga gampang banget kok.

  1. Buka situs emuparadise untuk game PSP di https://www.emuparadise.me/PSP_ROMs/44
  2. Setelah itu, kamu tinggal mencari game yang ingin kamu download, melalui kolom pencarian atau mengklik game yang sudah tertera disana
  3. Lalu, kalian akan melihat ‘Quick Naviation’ setelah mengklik nama game yang akan didownload, dan klik saja pada pilihan ‘Download Links’
  4. Dan nanti, kamu akan diarahkan ke laman download, dan setelah itu kamu tinggal mengklik pada nama file tersebut, untuk memulai prosess pengunduhan.
Terkait:  Cara Menghapus Akun Tokopedia

Setelah selesai, maka kamu tinggal memasukkan file game tadi, kedalam emulator PPSSPP untuk memulai permainan. Dan jangan lupa untuk mengatur kontroller dari PPSSPP untuk mempermudah permainanmu.

Cara Download Game di PPSSPP lewat situs Emulatorgames

Jika kamu mengalami kesulitan pada saat menggunakan cara pertama, disini kita akan kasih opsi selanjutnya, yakni dengan melalui situs Emulatorgames. Sama seperti Emuparadise, Emulatorgames juga menyediakan beragam kebutuhan game, untuk konsol PSP. Cara downloadnya juga terbilang mudah kok

  1. Kunjungi situs Emulatorgames di https://www.emulatorgames.net/roms/playstation-portable/
  2. Setelah itu, kamu akan langsung melihat beragam pilihan game ‘populer’ yang banyak diunduh di Emulatorgames. Atau, kamu juga bisa mencari game yang kamu inginkan lewat kolom pencarian.
  3. Setelah ketemu, langsung saja klik pada game tersebut, dan kalian akan diarahkan laman informasi game beserta link download
  4. Jika sudah, maka kalian akan melihat pilihan untuk mendownload, ada Save Game, dan Play Game Online
  5. Disini, kita langsung sana mengklik tombol Save Game untuk memulai prosess download.

Selain menyediakan beragam game atau ROM untuk PSP dan lainnya, Emulatorgames juga menyediakan beragam game untuk konsol game lain, seperti Nintendo Wii, Play Station, dan masih banyak lagi.

Cara Download Game di PPSSPP lewat situs CoolROM

Selanjutnya, ada juga situs CoolROM, yang tak jauh berbeda dengan 2 situs tadi. Hanya saja, tampilan dari situs CoolROM ini terbilang cukup simple dan tidak terlalu lama. Sehingga, pengguna tak perlu menunggu lama ketika mengunjungi situs ini. adapun untuk cara downloadnya adalah sebagai berikut.

  • Buka situs https://coolrom.com.au/roms/psp/ baik melalui HP, komputer, ataupun laptop
  • Kemudian, silahkan cari game yang ingin kamu unduh melalu kotak pencarian
  • Setelah ketemu, klik pada nama game tersebut
  • Nah jika sudah, maka kamu akan diarahkan ke laman game dan juga deskripsi dari game tersebut, berserta download link
  • Perlu diperhatikan, walaupun kamu melihat banner / button Download FILE, namun button tersebut bukanlah link download, melainkan iklan dari CoolROM itu sendiri.
  • Maka dari itu, untuk mendownloadnya, kita bisa mengklik pada opsi Alternative Download link
  • Nantinya akan ada pop up yang muncul, dan kamu akan diminta untuk melihat iklan banner (sponsor) dalam waktu 15 detik saja.
  • Setelah waktu 15 detik selesai, maka akan ada button Download Your File, klik pada tombol tersebut, dan setelah itu prosess pengunduhan akan dimulai.
Terkait:  Cara Download Lagu di Soundcloud

Untuk beberapa game, mungkin ketika kalian melakukan pencarian ada saja file game yang tidak bisa di unduh atau mengalami masalah. Maka dari itu, untuk mempermudahnya, kalian bisa mendownload atau memilih game yang masuk dalam kategori ’50 popular downloads’, sebab hal tersebut menandakan bahwa link masih aktif, dan masih banyak diunduh oleh pengguna.

Sedikit catatan untuk para pengguna Emulator, ketika kalian akan mengunduh game PSP melalui beberapa situs diatas, pastikan dulu kalian sudah menginstall Emulator PPSSPP di Android ataupun Komputer dan laptop kalian. Nantinya, apabila file download berformat .7z, extract terlebih dahulu file tersebut hingga mendapatkan file .ISO, atau kamu bisa langsung mencobanya.

Sebab, untuk Emulator PPSSPP Android ataupun Windows, biasanya hanya support dengan format .ISO, namun bisa saja ada beberapa file .7z yang memang sudah di modifikasi untuk emulator PPSSPP.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara download game di PPSSPP yang bisa kamu coba. silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, dan semoga bermanfaat.

Related posts