Cara Agar FYP Di Tiktok

Para pengguna kanal media sosial satu ini pasti penasaran bagaimana cara agar FYP di TikTok. Masuk ke beranda atau FYP TikTok memang cara terbaik menjadi viral. Jumlah penonton sampai pengikut juga akan meningkat setelah video sukses masuk ke FYP TikTok.

Dari puluhan juta pengguna dan bahkan mungkin ratusan juta video yang ada di TikTok, untuk dapat masuk ke FYP memang bukan hal mudah. Namun juga bukan berarti tidak mungkin. Ada cara-cara tersendiri yang bisa dilakukan agar video masuk di FYP TikTok.

Sebelum membahas lebih dalam tentang cara FYP di TikTok, kenalan dulu yuk dengan apa itu FYP TikTok dan mengapa video bisa menjadi viral.

Mudah Menjadi Viral Melalui TikTok

Era digital dalam dua dekade terakhir memperkenalkan media sosial. Kanal media sosial yang awalnya ditujukan untuk silahturahmi dan menjalin pertemanan, dalam beberapa tahun terakhir berkembang lebih jauh.

Saat ini media sosial bisa menjadi awal mula popularitas. Bahkan melahirkan banyak influencer, selebritis, artis, dan kreator berbakat yang turut berkontribusi di masing-masing platform. Begitu juga dengan TikTok.

TikTok mulai dikenal dalam beberapa tahun belakangan ini. Perkembangan kanal media sosial yang berfokus pada media video ini semakin pesat dalam 2 tahun terakhir. Dimana semakin banyak fitur yang dihadirkan oleh TikTok. Hingga mampu melahirkan kreator-kreator berbakat mereka sendiri.

Menjadi viral juga semakin mudah melalui TikTok berkat tingginya laju pengguna. Tidak hanya di Indonesia saja. Bahkan juga dari luar negeri. Kreativitas yang diperlihatkan pengguna dan kreator di kanal TikTok semakin meningkatkan kemungkinan sebuah video untuk bisa viral.

Agar bisa viral, video memang harus mendapatkan banyak penonton. Salah satu cara terbaik agar video lebih banyak ditonton di TikTok ialah dengan masuk FYP. Lalu, apa itu FYP?

Apa itu FYP TikTok

FYP merupakan singkatan dari For You Page. Halaman beranda di aplikasi TikTok ini menyuguhkan berbagai video rekomendasi untuk penggunanya. FYP atau laman Untuk Anda menjadi halaman pertama yang terbuka ketika pengguna mengakses aplikasi TikTok.

Konten video yang masuk sebagai rekomendasi di FYP TikTok memang berbeda-beda untuk setiap pengguna. Walau bukan berarti kemungkinan video menjadi viral ketika masuk FYP lebih kecil. Justru sebaliknya.

Saat video masuk FYP TikTok, jangkauan yang diraih akan semakin besar. Akan lebih banyak pengguna yang menonton video tersebut. Kemungkinan video untuk mendapatkan reaksi berupa komentar dan like juga akan semakin besar.

Bahkan penonton yang tertarik dengan video tersebut bisa saja akan membagikan ke twitter, hingga melihat profil dan mengikuti. Akhirnya engagement di TikTok meningkat dan kemungkinan menjadi viral semakin besar.

Banyaknya keuntungan yang diperoleh ketika video viral di FYP TikTok memang membuat banyak pengguna berlomba-lomba membuat konten terbaik. Selain itu juga ada beberapa cara agar FYP di TikTok.

Faktor Video Masuk FYP di TikTok

Seperti disinggung di atas, video yang muncul sebagai rekomendasi di FYP akan berbeda untuk setiap pengguna. TikTok menegaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya sebuah konten video di FYP.

Di bawah ini merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi tersebut:

1. Informasi dalam konten

Apa yang ditampilkan dalam konten video tersebut rupanya menjadi faktor penentu untuk masuk FYP di TikTok. Informasi tersebut diantaranya caption yang tepat dan sesuai, penggunaan hashtag, sampai pemilihan lagu.

2. Interaksi pengguna

Video yang muncul di FYP pengguna sangat berpengaruh dengan interaksi mereka. Seperti apa yang pengguna tersebut Like sebelumnya. Sampai jenis konten yang ditonton, profil yang diikuti, hingga video yang pernah dikomentari. Jadi bila seorang pengguna sebelumnya berkomentar di konten video tentang kucing, misalnya. Besar kemungkinan FYP akan memperlihatkan video kucing.

3. Pengaturan akun

Pengaturan akun rupanya juga menjadi faktor. Ini berarti ketika akun diatur dalam bahasa Indonesia, dengan lokasi di Indonesia pula, maka jangkauan konten video akan masuk di FYP pengguna dari Indonesia.

Setelah mengetahui faktor masuk FYP TikTok di atas, berikut ini merupakan cara dan tipsnya.

Cara Agar FYP di TikTok

Cara Agar Fyp Di Tiktok
Cara Agar FYP Di Tiktok, Viral dengan Mudah!

1. Ikut Challenge Viral di FYP TikTok

Jangan ragu untuk mengikuti berbagai challenge atau tantangan yang sedang viral. Cara ini bahkan dipercaya sebagai langkah terbaik agar FYP di TikTok.

Tentu agar konten video tetap berbeda dan menarik, sesuaikan challenge dengan konsep dan keunikan yang dimiliki. Saat melakukan challenge yang sedang trending, penting diingat ada banyak pengguna lain yang juga mengikuti. Ini berarti keunikan dan tampilan yang berbeda akan menjadi kunci. Disini kreativitas pengguna akan diuji.

2. Konten Dengan Engagement Tinggi Agar FYP di TikTok

Bagaimana cara membuat video sebagai konten dengan engagement tinggi? Ada banyak cara yang dilakukan.

Engagement merupakan bentuk interaksi pengguna dengan sebuah konten. Sehingga agar engagement meningkat, video tersebut harus mampu memancing pengguna untuk menonton, memberikan reaksi seperti Like atau komentar, sampai membagikan. Lebih baik lagi bila video tersebut akhirnya banyak di-duetkan atau di-stitch oleh pengguna lain.

3. Gunakan Musik Viral TikTok

Seperti ditunjukan di atas, pemilihan informasi dalam konten akan berpengaruh dengan kemungkinan masuk ke FYP. Salah satunya pemilihan musik.

Selain faktor algoritma TikTok sendiri, pemilihan musik yang sedang trending atau viral juga meningkatkan jumlah penonton. Terlebih tidak jarang pengguna TikTok mencari musik tertentu. Hingga nantinya video dengan musik tersebut akan muncul di pencarian.

4. Buat Caption dan Hashtag Video TikTok yang Tepat

Faktor lain untuk FYP di TikTok merupakan caption dan hashtag yang tepat. Caption sebaiknya benar-benar menggambarkan isi video tersebut. Lebih baik lagi bila caption berisi pertanyaan yang mengundang penonton untuk memberi komentar. Sehingga engagement konten juga akan naik.

Hashtag yang digunakan juga seharusnya tepat dengan isi video. Jangan sekedar menggunakan tagar yang sedang trending meski tidak relevan dengan konten yang dihadirkan, ya.

5. Tingkatkan Kreativitas Agar FYP di TikTok

Bagi pembuat konten, kreativitas merupakan kunci utama. Begitu juga untuk TikTok. Semakin kreatif, unik, dan berbeda video yang dibuat, engagement konten akan kian meningkat. Sehingga kemungkinan untuk viral dan masuk FYP lebih besar.

Tentu saja menghadirkan kreativitas ini tidak mudah. Untuk itu terus asah kreativitas hingga mampu membuat konten video terbaik yang menarik.

6. Stitch atau Duet Video Viral TikTok

“Mendompleng” dengan video lain yang sudah viral di FYP sudah menjadi hal lumrah di TikTok. Bahkan bisa menjadi “jalan ninja” untuk bisa ikut viral.

Manfaatkan fitur Duet atau Stitch di TikTok untuk menempel video yang dimiliki dengan konten yang sedang viral. Meski tetap gunakan kreativitas dan ciri khas agar video tetap menarik dan unik.

7. Interaksi dengan Pengguna TikTok Lain

Interaksi tidak kalah penting untuk meningkatkan engagement. Jadi jangan ragu untuk banyak berkomentar atau memberi Like untuk pembuat konten lain. Selain itu untuk meningkatkan engagement juga bisa melalui membalas komentar yang ada di konten video.

Ada berbagai cara agar FYP di TikTok. Meningkatkan engagement merupakan salah satu tips video FYP di TikTok yang terbaik dan paling banyak dilakukan. Tentunya juga dengan membuat konten-konten menarik, unik, kreatif dan pastinya bermanfaat untuk pengguna lain. Sehingga viral di FYP Tiktok juga akan menjadi sangat mungkin terjadi.

Aluna N. Nayaka
fulltime dreamer, parttime writer | write something that gonna worth while