Cara Mengganti IP Address Android dengan Benar

WIGATOS.com | IP Address adalah rangkaian angka unik sebagai sebuah identitas perangkat tertentu yang terhubung pada jaringan internet. Bagi pengguna android mungkin belum pernah terbayangkan bagaimana cara mengganti IP Address android.

Fungsi dari IP Address sebenarnya tidak jauh berbeda dari nomor rumah pada umumnya. Tujuannya adalah untuk memastikan segala hal yang berhubungan langsung dengan rumah tersebut.

Panjang rangkaian angka pada IP Address juga bervariasi, mulai dari satuan hingga ratusan yang menggunakan pembatas titik pada deretan angka tersebut. Contoh penulisan IP Address yaitu 0.0.0.0, 25.25.25.25, hingga 255.555.555.555.

Cara Mengganti IP Address Android

Cara Mengganti IP Address di Android
Mengganti IP Address di Android

Jika kalian gemar browsing atau mengakses internet di perangkat android, sudah tentu merasa terganggu jika tidak bisa membuka situs web tertentu. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh syarat atau sensor membuka website, yang hanya membatasi negara tertentu.

Oleh karenanya, bagi kalian yang terbiasa berselancar di internet lewat perangkat android bisa coba cara mengganti IP address android berikut ini :

Metode 1 : Ganti IP Address Lewat Menu Pengaturan

Cara ini berlaku bagi pengguna hp android semua versi, karena cara yang akan dijelaskan merupakan cara default yang semua hp android bisa melakukannya. Berikut ulasannya :

  • Buka kunci terlebih dahulu hp android kalian hingga masuk dalam keadaan standbye.
  • Selanjutnya masuk pada menu settings atau menu pengaturan.
  • Kemudian, lanjutkan ke menu pengaturan wifi.
  • Setelah itu, tinggal masuk pada menu IP Address dan scroll sedikit ke bagian bawah ada menu IP Settings.
  • Sekarang kalian tinggal ubah pegnaturan IP Settings yang semual DHCP menjadi Static.
  • Lanjutkan dengan mengubah IP Address default dengan menggunakan IP Address yang baru.
  • Jika sudah mengubahnya, sekarang tinggal klik SImpan. Maka, IP Address telah berubah dengan sendirinya.

Mengubah IP Address bisa dilakukan dengan mengetik angka sembarang. Akan tetapi, alangkah baiknya jika IP Address yang sebelumnya kalian simpan terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengantisipasi error atau terjadinya kesalahan yang menyebabkan gagalnya koneksi internet pada jaringan.

Namun jika terjadi kegagalan jaringan dan hp android kalian tidak bisa konek ke internet, lebih baik kembalikan lagi ke IP Address default supaya bisa terhubung kembali internetnya.

Metode 2 : Mengganti IP Address di Android Dengan Aplikasi

Menggunakan IP Address dengan VPN, biasanya dilakukan apabila kalian ingin mengakses situs tertentu yang sudah diblokir oleh pemerintah. Dengan menggunakan VPN, maka kalian dapat mengakses situs web yang diblokir.

Hal tersebut dikarenakan cara kerjanya yaitu dengan mengganti IP Address asli menjadi IP Address yang lain, sehingga IP Address yang asli tidak terdeteksi.

Untuk menggunakannya biasanya dengan menggunakan bantuan aplikasi yang sudah banyak tersedia di Google Play Store. Kalian hanya perlu mendownload aplikasi mengganti IP Address dengan menggunakan VPN. Untuk berikut rekomendasi aplikasi yang bisa kalian pakai untuk menggunakan VPN :

1. Menggunakan Aplikasi NordVPN : Private & Secure VPN

Kelebihan dari aplikasi ini selain bisa mengakses situs yang terblokir, juga bisa menikmati kecepatan internet yang cepat, lebih private dan aman. Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh pengguna, serta termasuk aplikasi terbaik yang direkomendasikan dengan dukungan CNET.

  • Masuk pada Google Play Store terlebih dahulu.
  • Selanjutnya masuk apda kolom pencarian lalu ketik nama aplikasinya : NordVPN.
  • Download dan install terlebih dahulu aplikasi tersebut.
  • Setelah aplikasinya dipastikan terpasang pada hp android, sekarang buka aplikasi NordVPN.
  • Agar hasil yang maksimal, lebih baik daftar akun terlebih dahulu lalu pilih server yang kalian inginkan.
  • Untuk proses yang cepat, pada halaman beranda dari aplikasi tersebut kalian pilih Quick Connect. Maka akan secara otomatis terhubung pada server secara acak.
  • Apabila ingin melakukan pengaturan sendiri, silakan scroll ke bagian bawah.
  • Masih di halaman yang sama, lalu pilih daftar negara yang tersedia di aplikasi tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka kalian akan mendapatkan proteksi dan enkripsi sehingga bisa merasakan kemanan dan kenyamanan dalam mengakeses website tertentu.

Perlu kalian ketahui bahwa NordVPN, selain bisa di pasang pada hp android, juga bisa di pasang pada perangkat lainnya seperti pada iPhone. Bahkan aplikasi ini bisa dijadikan sebagai ekstensi pada browser-browser pilihan seperti Google Chrome, Microsoft EDGE, dan Mozilla Firefox.

2. Menggunakan Aplikasi Turbo VPN

Apliaksi lainnya yang bisa dengan mudah mengubah IP Address deault menjadi IP Address yang baru yaiti dengan menggunakan aplikasi Turbo VPN. Kelebihan dari aplikasi ini adalah sistem keamanannya sudah terjamin, sehingga bisa mencegah pencurian data pengguna oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Silahkan ikuti cara mengganti IP Address android dengan aplikasi Turbo VPN berikut :

  • Download terlebih dahulu aplikasi Turbo VPN pada Google Play Store.
  • Selanjutnya, sekarang buka aplikasinya lalu klik tombol ‘I Agree’ jika sesaat setelah membuka aplikasi Turbo VPN muncul layanan persetujuan (privacy policy).
  • Jika sudah klik tombol I Agree, sekarang tinggal klik tombol yang berbentuk wortel di bagian bawah di halaman beranda.
  • Klik tombol OK pada permintaan sambungan, hal ini bertujuan karena Turbo VPN memerlukan izin dalam memodifikasi jaringan.
  • Setelah itu, Sekarang kalian sudah terhubung pada VPN yang telah di ubah IP Address nya.
  • Untuk menjelajahi internet, kalian bisa menggunakan penjelajah bawaan dari aplikasi Tubro VPN atau bisa juga dengan menggunakan browser yang sudah terpasang pada hp android.

3. Menggunakan Aplikasi VyvrVPN

Aplikasi selanjutnya adalah VyvrVPN, untuk lebih jelasnya, ikuti Langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Download aplikasi VyvrVPN di Google Play Store.
  • Setelah aplikasinya berhasil terpasang pada android, sekarang jalankan aplikasinya.
  • Sekarang tinggal pilih negara yang kalian inginkan untuk lokasi server. Kalian bebas memilih dari negara mana sajakhir tinggal klik Start atau connect agar koneksi internet bisa sepenuhnya digunakan.

4. Menggunakan Aplikasi TunnelBear

Aplikasi rekomendasi terakhir adalah aplikasi TunnerBear. Cara mengaturnya, silakan ikuti Langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Download aplikasi TunnelBear pada hp android.
  • Seakarang jika aplikasinya sudah dipastikan terpasang, tinggal buka aplikasinya.
  • Lanjutkan dengan memilih negara yang kalian inginkan sebagai sumber server, seperti United States, Australia, atau Singapura tergantung dari keinginan kalian.
  • Jika suda, kalian cukup klik tombol Start atau connect.

Cukup banyak aplikasi rekomendasi yang bisa kalian pilih untuk mengubah secara otomatis IP Address deault menjadi IP Addres yang baru, kalian hanya perlu memilih salah satu sesuai dengan keinginan.

Kenapa Harus Mengganti IP Address di Android?

Karena IP Address merupakan bagian penting ketika kita ingin berselancar di internet menggunakan perangkat android. Terkadang mengganti IP Address sewaktu-waktu dibutuhkan oleh penggunanya. Dengan tujuan yaitu untuk mengatasi tidak bisa membuka situs tertentu. Mengingat situs tersebut di blokir oleh pemerintah atau hanya bisa di akses di luar wilayah Indonesia.

Mengingat alasan inilah, jadi wajar jika sebagian orang yang membutuhkan penggantian IP Address rela mencari cara untuk mengganti IP Address di berbagai perangkat, termasuk pada perangkat android. Bahkan tidak sedikti pula yang menyembunyikan IP address karena beberapa alasan.

Oke, semoga ulasan cara mengganti IP Address android di atas bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencoba!

Related posts