Cara Cat Mobil

Bagaimana cara cat mobil yang baik dan benar? Siapa saja yang sudah atau belum punya kendaraan roda empat pasti bertanya soal pengecetannya supaya bisa menghasilkan sentuhan indah dan sempurna pada tahap modifikasinya. Umumnya bagian luar mobil selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

Selain itu, pewarnaan badan mobil bertujuan untuk menghilangkan bekas goresan yang mengakibatkan permukaan tidak merata sehingga membuat tampilan mobilnya dapat menimbulkan keanehan bahkan membekas lebih lama. Kamu mungkin berpikir mengecat mobil hanya sekadar menggunakan pewarna khusus dan langsung mengolesnya ke seluruh permukaan badan mobil.

Meski begitu, sudut pandang tersebut tidak selalu dianggap benar lantaran orang-orang awam yang belum tahu tata cara mewarnai mobil harus mengetahui tahap awal sebelum mengaplikasikan warna cat pilihan untuk mobil kesayangannya. Kamu bisa sesuaikan dengan warna lama bahkan favoritmu sendiri.

Pasalnya, tahap pewarnaannya harus dilakukan hati-hati dan dilakukan orang yang sudah berpengalaman. Kamu bisa meminta bantuan tenaga ahli dari bengkel maupun dealer terdekat untuk mengecat seluruh permukaan body mobil dengan rapi.

Walaupun kamu sudah memiliki mobil selama bertahun-tahun, namun kami pastikan hasil akhir pewarnaannya bakal memberi kesan berbeda dibandingkan mereka yang sudah ahli di bidangnya. Kamu juga perlu memperhatikan semua tahapannya agar dapat melakukannya secara mandiri tanpa mengeluarkan uang untuk membayar orang lain di kemudian hari.

Cara Cat Mobil

Cara Cat Mobil
Cara Cat Mobil

Kamu pasti berpikir mewarnai mobil langsung menerapkan cat ke permukaan body nya, bukan? Kami beritahu bahwa proses pewarnaannya membutuhkan langkah-langkah awal yang harus dilakukan dengan benar dan teliti. Hal ini dikarenakan tidak semua orang yang bakal melakukan cat mobil akan memperoleh hasil akhir memuaskan.

Kamu bisa melihat beberapa orang punya mobil yang warnanya tidak merata bahkan kurang menarik karena penerapan pengecatannya salah. Oleh karena itu, kalian bisa mengikuti dan menyimak pembahasan ini dimana pewarnaan mobil bukan hanya penerapan warna cat saja namun juga metode lain seperti pengampelasan sampai penggosokan.

Apabila kamu melewati atau tidak melakukan salah satu langkah yang disarankan, dipastikan warnanya tidak akan bagus dan bisa saja goresan atau karat yang menempel masih membekas dan sulit ditutup dengan warna cat baru. Tampilannya juga menarik dan warna cat pun tidak merata secara menyeluruh.

Cara Cat Mobil Terlengkap dan Termudah

Pengecatan mobil sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, namun semua itu hanya dapat dilakukan selama kamu mengikuti tutorial yang baik dan benar. Kalian juga harus mengikuti salah satu informasi terlengkap seperti pembahasan kali ini yang bakal kami bahas agar kamu dapat mewarnai permukaan mobil dengan hasil akhir memuaskan. Beberapa langkah cepat dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengecat mobil antara lain :

Cari Lokasi Tertutup dan Tidak Berdebu

Langkah awal yang harus dilakukan pertama kali adalah mencari lokasi tertutup dan tidak terlalu berdebu. Kalian juga perlu menemukan tempat yang berventilasi dengan sirkulasi udara mumpuni untuk mengecat mobil. Hal ini dikarenakan ruangan yang ventilasinya cukup dan tertutup bakal memudahkan kalian dalam menyelesaikan pekerjaan ini, sedangkan keberadaan lubang sirkulasi udara bisa mencegah rasa sesak akibat aroma cat yang sangat menyengat.

Siapkan Peralatan Keamanan yang Benar

Jangan lupa menyiapkan peralatan keamanan saat mengumpulkan semua bahan yang dibutuhkan untuk mengecat mobil. Kamu bisa menggunakan masker maupun topeng gas untuk mencegah cat mobil tidak terkena wajah, bahkan terhirup atau tertelan. Kamu juga dapat menggunakan kacamata dan sarung tangan untuk mencegah alat dan benda berbau tajam menyentuh kulit, sedangkan risiko kecil sampai besar bisa saja terjadi bila kamu bekerja ceroboh.

Sesuaikan Warna Cat Lama dengan Kode Warna Kendaraan

Untuk memperoleh hasil akhir warna mobil yang indah, maka kamu bisa menyesuaikan warna cat lama dengan kode warna kendaraan. Kalian bisa melihat pelat compliance yang menampilkan nomor VIN dan data penting seputar kendaraanmu. Kamu dapat memberikan kode warnanya kepada penjual cat mobil untuk memperoleh warna yang tepat, serta produsen mobil yang menjual mobil kamu bila tidak menemukan warna cat untuk menerima kode sesuai.

Ampelas dan Cuci dengan Bersih

Jangan lupa mengampelas permukaan mobil yang bakal diwarnai secara merata. Kalian juga harus memilih ampelas yang berukuran 1500 supaya kamu bisa polishing dengan baik. Tak hanya itu, cucilah permukaan mobil yang akan diwarnai dan keringkan dengan kain bersih. Kalian juga bisa mendiamkannya di bawah sinar matahari sampai permukaannya benar-benar bersih, serta mencegah permukaan tidak merata selama kalian mengecatnya dengan warna cat pilihan.

Semprot dan Gosok Permukaan Mobil

Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan Epoxy ke bagian mobil yang bakal kalian cat. Gosok permukaan mobilnya dengan menggunakan ampelas yang berukuran lebih besar, yakni 2000. Gosok secara merata sampai permukaannya halus untuk memudahkan proses pewarnaan dengan warna cat yang sudah disediakan. Cuci kembali dan keringkan dengan kain katun untuk membersihkan mobil sehingga pengecatannya bisa dilakukan secara normal.

Gunakan Warna Cat Dasar

Untuk mendapatkan hasil pengecetan yang bagus dan sempurna, maka kamu bisa memakai warna cat dasar seperti abu-abu atau putih. Kalian bisa melakukannya di tempat terbuka supaya permukaan mobilnya bisa terkena sinar matahari dan lebih cepat kering. Hindari mobil dari debu dan kotoran yang membuat pewarnaan cat dasar menjadi tidak rapi bahkan hancur. Kalian bisa mengecatnya di depan rumah atau luar bengkel atau dealer bila menggunakan jasa orang lain.

Campurkan Cat dan Tiner

Campurkan warna cat dengan tiner dengan perbandingkan 1:2 (tiner lebih banyak). Hal ini dikarenakan kadar tiner yang banyak bisa memberikan kesan indah pada permukaan mobil, terutama dengan pemakaian kontur cat yang encer. Kami sarankan campurannya tidak terlalu encer maupun kental supaya penerapannya bisa lebih cepat dan mudah. Kamu bisa melakukannya secara merata dan sekali penarikan spot cat demi mencegah pewarnaan mobil yang terlalu tebal.

Lakukan Varnish

Apabila semua metode sudah dilakukan, tahap terakhir adalah melakukan varnish. Tujuannya supaya warna cat yang didapatkan bisa lebih cantik dan tahan lama. Kamu bisa mencampur varnish bersama komponen hardener, sedangkan penyemprotannya dilakukan secara merata dan tidak boleh asal-asalan. Jika tahapannya selesai, keringkan secara total dan lakukan pemolesan sehingga mobil yang sudah dicat dapat terlihat bersih dan mengkilat bak mobil baru.

Tips dan Trik Cat Mobil yang Efektif

Demikian informasi seputar cara cat mobil terlengkap dan termudah yang harus kalian pahami. Kami sarankan kamu untuk melakukan persiapan dengan santai dan tidak terburu-buru, serta menjaga jarak antara dirimu sendiri dengan permukaan mobil yang bakal diwarnai. Kamu juga bisa meminta bantuan tenaga ahli bila masih pemula dalam mengecat mobil.

Selain itu, lakukan pewarnaannya dengan sabar dan teliti. Semprotkan cat dengan pelan demi mencegah permukaan cat yang tidak merata sehingga dapat mengurangi risiko pengulangan pewarnaan cat, serta pemolesan akibat sisa karat maupun goresan yang belum tertutup sempurna. Kamu juga tidak boleh menghirup aroma cat yang bisa menganggu saluran pernapasan.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...