Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis, 6 Metode!

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis
Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

HP yang cepat habis daya baterainya membuat pengguna repot karena harus sering charge. Kondisi tersebut bisa sangat tidak nyaman, terutama saat bepergian. Beruntung, ada beberapa cara memperbaiki HP yang cepat habis.

Sejumlah orang akan langsung mendatangi tempat service saat HP bermasalah. Bahkan ada pula yang bingung hendak membeli baru. Padahal ada cara untuk mengatasinya yang cukup mudah dilakukan.

Penasaran? Mari simak penjelasannya.

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis
Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan baterai HP cepat habis. Mulai dari kebiasaan penggunaan yang tidak tepat hingga faktor usia perangkat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap perangkat akan mengalami kemunduran fungsi seiring makin lamanya waktu pemakaian. Meski begitu, masalah baterai cepat habis bukan berarti kamu harus ganti HP baru.

Kamu bisa mencoba beberapa hal berikut sebelum mendatangi tempat service atau mempertimbangkan beli baru:

1. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan

Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan atau membiarkan fitur pada perangkat terus menerus bekerja meski tidak digunakan bisa menjadi penyebab baterai cepat habis.

Pasalnya, setiap aplikasi dan fitur yang menyala memerlukan daya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mematikan semua fitur yang tidak sedang digunakan.

2. Mematikan Getaran

Rupanya, fitur getar memerlukan lebih banyak daya daripada fitur lain. Maka kamu bisa menghemat banyak daya baterai dengan mematikan fitur getar.

Hal tersebut bisa sangat membantu memperpanjang masa pakai baterai, terutama jika kamu menggunakan HP untuk bekerja dan harus menyalakannya sepanjang hari.

3. Meminimalkan Penggunaan Widget

Penggunaan widget ternyata juga memerlukan daya tambahan. Itulah mengapa pemakaian widget berlebihan pada layar ponsel bisa menyebabkan baterai lebih cepat habis.

Widget yaitu aplikasi kecil yang menampilkan informasi atau menyediakan akses cepat. Sebagai contoh, widget perkiraan cuaca.

Untuk memperpanjang masa pakai baterai, pastikan kamu hanya memasang widget penting seperti jam dan cuaca. Selain itu, sebaiknya hapus widget yang tidak terlalu digunakan.

4. Hindari Pemakaian Powerbank

Powerbank adalah perangkat yang bisa menyimpan daya listrik untuk kemudian digunakan mengisi ulang daya baterai HP.

Meskipun menawarkan solusi praktis untuk mengisi ulang daya baterai, powerbank sebaiknya digunakan saat darurat saja, misalnya ketika mati lampu atau sedang bepergian.

Pasalnya, pemakaian powerbank yang terlalu sering berdampak buruk bagi baterai HP. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari terlalu sering memakai powerbank.

5. Hindari Memasang Wallpaper Terang

Walaupun bagus untuk menunjang tampilan HP kamu, wallpaper terang sebaiknya dihindari jika tidak mau baterai cepat habis. Pasalnya, penggunaan wallpaper dengan warna terang memerlukan lebih banyak daya.

Untuk memperpanjang waktu pemakaian baterai, sebaiknya kamu memasang wallpaper gelap yang lebih hemat energi. Sebagai contoh, wallpaper dengan dominasi warna hitam atau biru tua.

6. Mengaktifkan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya memungkinkan baterai HP untuk digunakan dalam waktu lebih lama. Saat berada dalam mode ini, secara otomatis HP akan mematikan fungsi-fungsi yang tidak diperlukaan serta menurunkan tingkat kecerahan layar.

Maka dari itu, mengaaktifkan mode hemat daya memungkinkan HP bisa digunakan dalam waktu lama. Mode ini juga membantu mengatur penggunaan daya baterai dengan lebih efisien.

Itulah 6 cara memperbaiki baterai HP yang cepat habis. Kamu bisa mencoba cara-cara tersebut sebelum bingung mencari tempat service terdekat. Ada baiknya mencoba cara memperbaiki sendiri apabila baterai tidak mengalami kerusakan serius.

Related posts