5+ Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri (Gampang)🏔️

Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri
Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

WIGATOS | Pernahkah ponselmu alami masalah volume yang bertambah atau berkurang padahal tidak menekannya sama sekali? Jika itu sering terjadi, berikut ada beberapa cara mengatasi volume HP naik turun sendiri. Segera perbaiki sebelum kerusakannya semakin parah. 

Memang kerusakan tidak dapat dihindari mengingat penggunaan HP yang intens. Bukan hanya menyerang sistem dan software, tapi juga bisa terjadi pada hardware. Contohnya tombol volume yang tidak ditekan, tapi malah naik turun sendiri. 

Permasalahan tersebut bisa diakibatkan oleh banyak faktor. Setiap perangkat memiliki sebab kerusakan yang berbeda. Tapi untuk menanganinya, Kamu bisa lihat lebih lengkap uraian di bawah ini:

Penyebab Volume HP Naik Turun Sendiri

Sebelum menerangkan cara mengatasi volume HP naik turun sendiri, pahami dulu apa saja penyebabnya. Seperti yang disebutkan bahwa ada banyak faktor yang membuat komponen di perangkat tersebut mengalami kerusakan. Bisa diakibatkan oleh software maupun hardware yang eror. 

Kamu harus tahu penyebabnya agar kerusakan yang sama tidak terjadi lagi. Karena dengan begitu bisa lebih bijak dalam menggunakan HP. Langsung saja, inilah beberapa faktor yang menyebabkan volume HP naik turun sendiri:

1. Banyak Debu yang Menumpuk

Penyebab pertama dan paling sering terjadi yaitu adanya kotoran yang menempel pada perangkat. Memang kotoran ini tidak tampak jika dilihat sekilas, karena hanya berupa debu halus. Tapi jika dibiarkan, kotoran tersebut masuk ke sela-sela perangkat. 

Terlebih lagi debu yang ada di sekeliling tombol volume. Kalau dibiarkan menumpuk dan sangat kotor, pasti akan menimbulkan masalah. Contohnya tidak Kamu tekan, tapi berfungsi sendiri, entah itu volume up maupun down. Malah yang paling parah, tombol tidak bisa ditekan. 

2. Menekan Tombol Terlalu Lama

Yang selanjutnya ini juga faktor eksternal yang menyerang hardware. Bukan karena kotoran, tapi tombol volume bermasalah karena menekannya terlalu lama. Pada beberapa perangkat, ada tombol yang lebih ringkih dan jika diberi tekanan berlebih, tombol tersebut akan masuk. 

Hal ini mungkin saja membuat volume eror. Tidak Kamu tekan, tapi jalan sendiri. Atau tombol tidak merespon sesuai dengan perintah. Contohnya saat Kamu menekan tombol volume down, malah yang terjadi volume bertambah. 

Untuk faktor satu ini, sebenarnya dapat diatasi. Kamu bisa meminimalisir penggunaan tombol volume dengan hanya menekannya satu kali. Lalu jika ingin menambah atau mengurangi, lakukan lewat indikator yang muncul pada layar HP. 

3. Kemasukan Air

Memang banyak faktor eksternal yang mengakibatkan sistem ponsel eror. Salah satunya adalah celah-celah kecil pada perangkat ada yang kemasukan air. Paling sering terjadi karena kehujanan atau tidak sengaja ketumpahan air minum. 

Kalau perangkat yang sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP68 mungkin kerusakan lebih minim. Tapi jika itu terjadi pada HP keluaran lama, pasti akan langsung terasa dampaknya. Karena saat kemasukan air, ada beberapa bagian yang alami korsleting. 

Korsleting karena kemasukan air tersebut membuat panel yang ada di tombol tidak bekerja secara maksimal. Kalau tidak segera dikeringkan, kerusakan yang terjadi akan semakin parah. Pasalnya, uap air dengan cepat menyebar ke mana-mana. 

4. Gangguan Sistem

Yang selanjutnya ini penyebab volume HP naik turun sendiri karena adanya gangguan pada sistem. Ada banyak faktor yang membuat sistem perangkat terganggu. Tapi yang paling sering dialami diakibatkan oleh adanya virus atau malware yang menyerang HP. 

Faktor yang lain adalah sistem operasi sedang bug, sehingga volume berjalan sendiri padahal tidak ada perintah yang dimasukkan. Biasanya karena sistem operasi sudah usang dan harus segera di-upgrade. Di samping itu, sistem internal yang error menjadi penyebab yang lain. Contohnya eror pada aplikasi player musik. 

5. Masalah pada Hardware

Penyebab yang terakhir yaitu permasalahan pada hardware-nya. Kamu perlu tahu bahwa ada beberapa jenis HP yang komponennya lebih ringkih daripada lainnya. Karena itulah, komponen hardware cepat rusak, contohnya tombol volume. 

Kerusakan pada hardware ini dapat dilihat lewat beberapa tanda. Di antaranya yaitu tombol volume tidak merespon ketika ditekan, respon yang muncul tidak sesuai dengan perintah, atau tombol keras saat ditekan. Solusi satu-satunya adalah mengganti hardware tersebut. 

Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri
Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Setelah melihat beberapa penyebab di atas, sekarang Kamu harus segera memperbaiki volume HP yang naik turun sendiri. Jangan dibiarkan karena bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Di bawah ini beberapa cara yang bisa dicoba:

1. Membersihkan HP

Kalau penyebabnya karena ada kotoran yang menumpuk, Kamu bisa coba cara mengatasi volume HP naik turun sendiri berikut ini. Yang harus dilakukan adalah membersihkan komponen di HP. Bukan hanya bagian luar saja, tapi juga komponen di dalamnya. 

Pastikan membersihkannya dengan hati-hati. Sebaiknya Kamu simak panduan berikut ini::

  • Siapkan cotton bud, kain atau tisu yang menyerap air, dan alkohol. 
  • Matikan ponsel dahulu. 
  • Lalu buka bagian casing belakang agar tombol volume terlihat.
  • Selanjutnya teteskan sedikit alkohol pada cotton bud.
  • Usapkan cotton bud ke bagian belakang HP.
  • Lakukan secara perlahan dan ulangi sampai bersih. 
  • Jika sudah, gunakan kain atau tisu untuk mengeringkannya. 
  • Pasang casing kembali. 

2. Me-restart HP

Cara mengatasi volume HP naik turun sendiri yang kedua yaitu dengan melakukan restart. Semua pasti sepakat bahwa restart dapat memperbaiki beberapa permasalahan ringan di perangkat. Sistem yang eror dan bug bisa dipulihkan dengan me-restart-nya. 

Kamu bisa restart sesuai dengan jenis HP yang digunakan. Tapi secara umum langkah-langkahnya hampir serupa seperti di bawah ini:

  • Tekan tombol power beberapa saat.
  • Pilih menu Restart atau Muat Ulang. 
  • Tunggu ponsel mati dan menyala kembali. 

3. Meng-upgrade Sistem Operasi

Salah satu sebab volume HP bermasalah adalah sistem operasi sudah usang. Jika ini yang terjadi, solusinya yaitu dengan melakukan upgrade. Cek dulu apakah ada pembaruan OS di perangkat milikmu. Kalau tersedia, sebaiknya segera upgrade dengan cara di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan
  • Cari dan pilih menu Pembaruan Perangkat Lunak. 
  • Berikutnya tekan Update.
  • Tunggu OS yang baru di-download
  • Selanjutnya jalankan OS tersebut di perangkat. Pastikan kapasitas baterai masih penuh. 

4. Menggunakan Volume Control

Solusi selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Volume Control. Lewat aplikasi tersebut, Kamu bisa mengunci volume, sehingga tidak naik turun lagi. Cara menjalankan aplikasinya sebagai berikut:

  • Download dan install Volume Control. 
  • Buka aplikasinya dan berikan izin akses. 
  • Aktifkan fitur Volume Locker untuk mengunci volume. 

5. Mengganti Hardware

Cara mengatasi volume HP naik turun sendiri yang terakhir adalah mengganti hardware. Ini merupakan solusi satu-satunya kalau tombol yang mengalami kerusakan. Contohnya tombol volume masuk ke casing sebagian atau seluruhnya. Sebaiknya bawa ke tempat servis agar segera ditangani. 

Itulah beberapa cara mengatasi volume HP naik turun sendiri. Kamu bisa lihat dulu apa saja penyebabnya. Jika permasalahan ada pada sistem, dapat diperbaiki dengan restart atau meng-upgrade sistem operasi. Kalau yang rusak tombol, harus segera diganti. 

Related posts