Cara Mengatasi Baterai Kembung

  • Whatsapp

Gadget dengan baterai yang sudah menggembung pastinya tidak aman untuk dipakai lagi. Karena kondisi baterai seperti itu bisa berpotensi untuk terbakar dan meledak. Lalu, bagaimana cara mengatasi baterai kembung?

Dalam perkembangannya, baterai terdiri dari beberapa komponen kimia dan listrik. Sehingga perlu perhatian khusus untuk penggunaannya. Jangan sampai melebihi batas normal atau memaksakan kinerja baterai. Baiknya kamu sebagai pengguna bisa membatasi pemakaian gadget yang berlebih supaya baterai dan ponsel kamu bisa awet dan tidak cepat rusak.

Ditambah lagi sekarang ini tidak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari mulai dari sekolah, kuliah, dan juga kerja mulai sering sekali menggunakan ponsel untuk berkomunikasi. Sehingga kamu perlu memperhatikan pemakaian gadgetmu agar baterai tidak cepat kembung. Lebih baik kita memulai memahami penyebabnya mulai dari sekarang dan menghindarinya agar tidak tejadi dan kita akan kebingungan mengatasi baterai ponsel yang kembung.

Ciri-ciri Baterai Kembung

Sebelum cara mengatasi baterai ponsel yang menggembung, kita perlu memahami dahulu ciri-ciri baterai kembung.

  • Baterai yang menggembung biasanya akan membesar. Sehingga biasanya akan mendorong casing gadget kamu.
  • Ponsel yang baterainya menggembung akan menyebabkan casing belakang agak sedikit terbuka dan sulit untuk ditutup.
  • Taruh ponselmu di lantai dan coba untuk memutarnya. Jika ponselmu berputar dengan cepat bisa dipastikan baterai kalian mulai kembung. Karena baterai yang kembung menimbulkan permukaan casing jadi tidak rata.
  • Buka casing HP dan lihat baterainya. Jika bentuk baterai sudah tidak normal atau tidak rata sudah bisa dipastikan jika baterai kamu mengalami kembung
Terkait:  Cara Melacak Nomor Handphone Lewat Internet

Penyebab Baterai Kembung

Ada beberapa hal yang menyebabkan baterai gadget kamu mulai mengalami kembung. Dan yang paling umum adalah dari kebiasaan buruk kita sebagai penggunanya. Lantas apa saja faktor penyebab baterai ponsel bisa sampai kembung?

1. Charger yang Tidak Sesuai

Saat pengisian daya baterai, harusnya kamu menggunakan charger yang sesuai atau bisa juga pakai dari bawaan saat kamu membeli gadgetnya. Meskipun lubang dan adaptornya sama tetapi untuk daya pengisian dari tiap merek charger pastinya akan berbeda. Jika kalian menggunakan charger yang tidak sesuai pastinya akan menimbulkan kinerja baterai kalian tidak akan bertahan lama.

2. Overcharging

Kamu pernah mengisi daya baterai ponselmu saat malam hari sebelum tidur? Jika pernah, mulai sekarang hindari hal tersebut karena melakukan pengisian daya yang berlebihan dan terlalu sering akan menyebabkan usia penggunaan baterai berkurang. Memang dalam ponsel kita sudah bisa mendeteksi jika sudah penuh akan berhenti mengisi, tapi apakah kamu sadar jika charger terus menempel pada ponsel arus listrik tetap saja masuk ke ponselmu.

3. Penggunaan yang Berlebihan

Pemakaian ponsel yang terlalu lama dan berlebihan jelas sekali akan memperburuk kondisi gadget kamu. Seperti penggunakan ponsel untuk bermain game dan live streaming yang begitu lama. Karena bisa menyebabkan ponselmu mengalaminoverheating atau panas yang berlebihan.

Cara Mengatasi Baterai Kembung

Cara Mengatasi Baterai Kembung
Cara Mengatasi Baterai Kembung

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kinerja baterai menjadi berkurang atau bahkan rusak. Biasanya disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk para penggunanya. Lalu, jika baterai ponsel Kalian mengalami kembung, ada beberapa trik cara mengatasi baterai kembung yang bisa kalian lakukan.

1. Lepas Baterai dari HP

Cara mengempisakan baterai ponsel yang mengembung cukup simpel dan tidak perlu banyak peralatan. Kamu hanya butuh obeng saja. Bahkan jika ponsel kamu memungkinkan untuk dibuka casing belakangnya tanpa obeng, kamu tidak perlu obeng sama sekali. Jadi, silahkan kamu buka casing belakang ponsel dan lepas baterainya.

Terkait:  Cara Cek HP Xiaomi

2. Masukkan Kulkas / Freezer

Setelah baterai berhasil kamu lepaskan dari HP, maka berikutnya silahkan taruh baterai tersebut ke dalam kulkas (freezer). Tunggu hingga minimal 24 jam atau sehari penuh sebelum baterai tersebut kamu ambil lagi. Cara ini banyak dipercaya oleh orang di berbagai negara sebagai salah satu upaya untuk mengatasi baterai kembung kembali normal.

3. Ambil Baterai Kemudian Keringkan

Sesudah melewati 24 jam, Kalian bisa langsung mengambil baterai ponsel kembali. Lalu keringkan baterai ponsel tersebut, caranya biarkan di tempat yang teduh, bisa juga disimpan di depan kipas angin. Ingat, jangan langsung mengeringkan baterai ponsel di bawah terik sinar matahari secara langsung, karena bisa membahayakan baterai tersebut.

4. Pasang Kembali Baterai Kalian

Setelah baterai benar-benar dalam keadaan kering, masukan kembali ke dalam bodi HP. Pastikan ditutup dengan casing belakang dengan cara yang benar, jangan sampai ada sela yang terbuka. Jika baterai kalian berhasil kembali normal, maka saat pemasangan baterai ke dalam ponsel akan mudah dan tidak ada yang mengganjal.

Itulah beberapa trik bagaimana cara mengatasai baterai kembung dan cara merawatnya dengan baik agar baterai tetap dapat digunakan secara maksimal. Jangan lupa untuk tetap menggunakan ponsel kalian dalam penggunaan wajar supaya baterai kalian tidak cepat kembung dan gadget kalian bisa awet tidak cepat rusak.

Related posts