Cara Cek Hp Asus

Apakah Kamu baru saja membeli Hp Asus, dan penasaran ingin mengetahui cara cek Hp Asus tersebut? Jika ya, maka pilihan yang tepat untuk mengunjungi website Kami.

Seiring perkembangan teknologi saat ini yang kian canggih, kejelian, kecermatan, dan ketelitian sangat diperlukan oleh para pembeli ketika mereka hendak memutuskan untuk membeli smartphone, merk dan tipe apapun itu.

Sebab belakangan banyak produk-produk Hp Asus palsu alias bajakan yang beredar di pasaran, sehingga tak jarang membuat konsumen menjadi resah.

Produsen-produsen nakal tersebut cukup lihai sehingga membuat banyak orang bisa menipu lewat tampilan smartphone yang sangat mirip bahkan fitur-fitur yang disematkannya pun juga hampir sama dengan yang aslinya.

Namun, bagaimanapun juga, pasti ada saja yang membedakan antara smartphone Asus abal-abal dengan yang asli.

Hal tersebut disebabkan produsen smartphone Asus sendiri telah memperketat produksi Hp mereka sampai menampilkan ciri khas tersendiri yang hanya dapat dilakukan pabrikan asli dari Asus.

Cara Cek Hp Asus

Cara Cek Hp Asus
Cek Keaslian HP Asus

Berikut ini ada beberapa tips untuk membedakan antara Hp Asus yang asli atau palsu, dan semoga bisa menjadi panduang bagi Kamu semua sebelum membeli produk Asus pilihanmu.

Baik itu Asus Zenfone 2 Laser, Asus Zenfone Zoom, Asus Zenfone Maz 2016 2017, Asus Zenfone 3 Deluxe, Asus Zenfone 3 Ultra, Asus Maz Pro, Asus Zenfone Pegasus 3, ASus Zenfone Pegasus 2 Plus, dan yang lainnya bisa menggunakan cara cek Hp Asus di bawah ini :

1. Cek dan Bandingkan Harga Hp Asus

Jangan langsung tergiur dengan penawaran harga Hp Asus yang harganya di bawah pasaran. Asus memang menwarkan harga yang cukup terjangkau.

Namun tetap berkualitas dan bukan produk murahan, sehingga jangan langsung percaya jika penjual atau konter Hp yang menawarkan Hp Asus dengan harga lebih murah.

Agar memastikan harga Hp Asus asli, silahkan cari informasi terpercaya terlebih dahulu. Kamu juga bisa mengunjungi situs resmi ASUS sebagai pembanding.

2. Cek Kondisi Fisik Hp Asus

Untuk cara kedua sebenarnya cukup mudah, tapi dibutuhkan kecermatan dan ketelitian. Kamu juga harus mengetahui dengan benar tampilan Hp ASUS yang akan dibeli.

Sebab sekalipun Hp abal-abal tersebut tampak bagus, namun biasanya tetap ada perbedaan. Apabila dilihat sekilas, tampilan produk Asus palsu dan asli memang sangat mirip. Jadi Kamu wajib memastikannya dengan teliti.

Kamu juga dapat mengecek keberadaan fitur-fitur tertentu supaya bisa Kamu bandingkan menyesuaikan data-data yang didapat sebelumnya, seperti bahan LCD, lokasi hotspot atau Wifi dan jenis baterai Hp Asus yang dipakai.

3. Cek Spesifikasi Smarthone Asus

Selain mengecek tampilan fisiknya yang terlihat ada perbedaan. Asus tiruan biasanya juga mempunyai spesifikasi yang mirip tapi lebih rendah.

Ini disebabkan jika menampilkan spek sama tentu saja bukan barang yang palsu, sebab mereka tak akan mendapatkan keuntungan apapun.

Oleh karena itu, sebelum Kamu membeli smartphone Asus, ada baiknya cek dulu spesifikasi yang dimiliki oleh Hp Asus tersebut berdasarkan sumber resminya. Selanjutnya Kamu bisa bandingkan dengan Hp Asus yang dijual.

4. Cek IMEI Asus

Cara cek Hp Asus berikutnya ialah dengan mengecek IMEI pada HP Asus itu sendiri. IMEI di ponsel Asus efektif untuk mengetahui apakah produk Asus yang Kamu beli asli ataukah palsu.

Selain itu, Kamu juga bisa melakukan penegcekan nomor IMEI menggunakan kode *#06#. Hanya perlu melakukan dial pad atau di aplikasi telepon saja.

Secara otomatis akan tampil IMEI ASUS pada layar ponselmu. Lalu samakan IMEI Hp yang ada pada layar ponsel dengan IMEI di box Hp Asus Zenfone.

5. Pakai Fitur Rahasia dari Asus Zenfone

Setiap perangkat android umumnya dilengkapi oleh kode rahasia berbeda. Tidak terkecuali kode rahasia yang dimiliki Asus.

Saat menegcek keaslian smartphone Asus Zenfone sendiri, Kamu dapat menggunakan cara yang satu ini.

Silahkan buka aplikasi kalkulator pada bawaan asus lalu ketikkan langsung (.12345+=). Apabila muncul menu bertuliskan Wifi BUS_Test, TOuch_Test, dan yang lainnya.

Maka dapat dipastikan bahwa Hp Asus milikmu asli. Agar lebih mengetahui beberapa fitur rahasia yang tersembunyi, Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut dengan mudah :

  • Pertama-tama buka Kalkulatir di Hp Asus Zenfone.
  • Lalu ketikkan kode : .12345+=
  • Selanjutnya akan muncul menu testing lengkap secara otomatis, berikut ini :

Touch_Test : Untuk melakukan tes uji touchscreen Hp>
BT_Test : Untuk menguji bluetooth otomatis.
WIFIBus_Test : Mengecek kondisi Wifi.
Battery_Test : Untuk mengecek baterai.
ECommpas_Test : Untuk mengecek sensor kompas
Eccelomeeter dan Gyropass ModemBus_Test : Untuk mengetahui kemampuan pada modem yang telah terpasang di Hp.
GSensor_Test : Untuk mengecek sensor.
Keypad_Test : Tes Fungsi pada tombol, semisal tombol volume.
MultiTouch_Test : Tes respon touchscreen Hp menggunakan banyak jari.
Vibrator_Test : Tes Vibrasi.
Receiver1_Test : Untuk mengecek penerimaan pada speaker depan.
BoardMic_Test : Untuk mengecek fungsi mikrofon.
VGACamCapture_Test : Untuk menguji kemampuan pada kamera depan.
Headset_Test : Pengecekan suara headset
Display_Test : pengecekan layar Hp.
HeadSetKey_Test : penegcekan tombol headset bila ada.
HeadSetMic_test : pengecekan mic headset
Proximity_Test : pengecekan sensor Proxymity
SDCard_Test : Pengecekan pada memori eksternal

Kamu bisa mengecek atau melakukan penegcekan sesuai dengan keinginan. Caranya silahkan tap di tiap tombol menu Hp yang tersedia.

Sebenarnya pengecekan ini juga berfungsi untuk mengecek apakah Hp Asusmu dalam kondisi yang masih berkualitas ataukah tidak.

Jadi ada baiknya jika Kamu memakai trik yang satu ini sebelum membeli Hp Asus Zenfone. Dan untuk tambahan, ada juga kode rahasia untuk mengecek HP Asus lain.

Kode Rahasia Cek HP Asus

*#1234# Kode untuk melihat SW version PDA, CSC, dan Modem.
*#12580369# Kode untuk mengetahui Info SW dan HW info
*#197328640# Kode cek service mode
*#0228# Kode cek ADC reading
*#32489# Kode cek info pengkodean
*#232337# Kode mengetahui alamat Bluetooth
*#232331# Kode cara Test Mode Bluetooth
*#06# Kode IMEI Asus Zenfone
*#232339# WLAN (WiFi) Test Mode
*#07# Test History

6. Cek Garansi Hp Asus

Biasanya garansi Hp Asus berlaku hingga 1 tahun untuk pembelian. Melalui garansi resmi ponsel ini bisa membuktikan keaslian dan kualitas produk yang Kamu beli.

Tapi jika sesudah pembelian HP garansi yang diberikan ternyata bukan garansi dari Asus, tetapi garansi toko atau yang lainnya, sebab waktu garansi di toko biasanya tidak sampai 1 tahun, Kamu sebaiknya curiga. Sebab mungkin saja HP Asus yang Kamu beli palsu.

7. Fitur NFC

Biasanya dibalik baterai ada fitur NFC, Kamu akan mengetahuinya ketika melepas baterai pada smartphone.

Produk replika atau bajakan bahkan supercopy, biasanya tidak akan memperlihatkan NFC yang tampak berbeda dan mencolok jika dibandingkan produk yang asli, yang biasanya posisi NFC sendiri lebih terlindungi.

8. Logo Intel Inside

Dilihat dari tampilan luar, Hp Asus Asli biasanya bisa dideteksi melalui adanya logo bertuliskan Intel Inside tepat di bagian belakang ponsel.

Pada Hp Asus yang asli, bila disentuh logo tersebut akan terlihat timbul.Lain halnya dengan Hp bajakan yang terasa seperti tempelan biasa atau stiker hologram.

9. Cek Tipe HP Asus

Terakhir, metode ini sangat berguna untukmu yang belum mengetahui tipe apa HP Asus yang kamu pegang saat ini. Dan sebenarnya cara untuk tau dan mengecek tipenya sangatlah mudah. Langkah-langkahnya:

  • Buka kunci layar HP Asus
  • Masuklah ke menu Pengaturan atau Setting.
  • Cari dan pilih menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Akan langsung ditampilkan tipe HP Asus yang kamu pegang saat ini.

Bagaimana cara cek Hp Asus di atas, sangat lengkap bukan? Ya, itulah panduan cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengecek keaslian Hp Asus.

Pastikan Kamu mengecek Hp Asus yang akan dibeli terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Semoga informasi yang Kami bagikan di atas bermanfaat bagi Kamu yang tertarik membeli ponsel Asus tapi tentu saja membeli produk original dan bukan abal-abal. Selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019