Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel

Sebagian besar pengguna provider Telkomsel pasti belum tahu cara mengunci jaringan 4G Telkomsel. Kalian mungkin tidak asing dengan kartu seluler berwarna merah tersebut yang dikenal sebagai SIM card paling bagus dengan koneksi internet berkualitas.

Wajar saja jumlah penggunanya semakin bertambah karena mereka selalu mendapatkan pelayanan terbaik. Tak hanya itu, Telkomsel pun menyediakan beragam jenis paket internet yang cukup murah.

Hal ini membuat kamu bebas mengakses internet tanpa kendala, serta menonton video via YouTube tanpa buffering. Kendati demikian, cara mengunci jaringan 4G Telkomsel terpercaya harus diketahui untuk meningkatkan kualitas sinyal.

Banyak orang masih belum tahu dan kamu bisa saja mengalami masalah saat menggunakan kartunya untuk SMS, telepon bahkan sosial media. Ulasan selanjutnya akan membantu kalian untuk menonaktifkannya lebih cepat.

Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel

Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel
Mengunci Jaringan 4G Telkomsel

Panduan Mengunci Jaringan 4G Telkomsel Terpercaya 2020

Kalian bisa mengunci jaringan 4G Telkomsel dengan mengikuti ulasan ini. Siapa saja dapat melakukannya tanpa mengunduh aplikasi ketiga. Hal ini bermanfaat dan tidak akan menguras kapasitas ruang pada ponsel kalian.

Meski begitu, perhatikan tipe smartphone yang kalian gunakan karena perangkat android atau iOS punya prosedur berbeda. Kamu akan mengetahui langkah-langkahnya sesuai dua metode pada pembahasan berikut ini.

Mengunci Jaringan 4G Telkomsel Tanpa Aplikasi

Metode pertama ini tentuna sangat disukai siapa saja pengguna smartphone di negeri ini, hal ini karena cara mengunci jaringan 4G Telkomsel berikut bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi tambahan sekalipun. Terbagi dalam dua mekanisme berikut.

1. Mengunci Jaringan 4G Telkomsel di Android

Bagi pengguna ponsel android, berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba:

  • Pertama, masuklah ke menu Pengaturan atau Setting terlebih dahulu.
  • Tekan menu Mobile Network atau Jaringan Ponsel.
  • Pilih menu Preferred Network Type.
  • Tekan tombol Prefer LTE untuk memastikan hanya jaringan 4G saja yang dikunci.
  • Selesai.

2. Mengunci Jaringan 4G Telkomsel di iPhone

Kemudian, teruntuk pengguna iOS (baik iPhone maupun iPad). Kamu bisa praktekkan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, masuklah ke menu Pengaturan atau Setting terlebih dahulu.
  • Tekan menu Celular Data Options.
  • Tekan tombol Voice & Data.
  • Pilih opsi LTE untuk menonaktifkan jaringan 4G pada iPhone kalian.
  • Selesai.

3. Kunci Jaringan 4G Telkomsel Melalui Dial Up

Berikutnya, metode yang sangat bisa dicoba oleh siapapun pengguna smartphone android maupun iPhone. Yaitu hanya melakukannya dengan kode dial. Langkah-langkahnya:

  • Pertama, masuk ke menu Telepon atau Call atau Dial Call.
  • Masukkan kode angka *#*#4636#*#*
  • Kalian bakal melihat menu Wi-Fi Information, Device Information dan Usage Statistics.
  • Pilihlah menu Device Information, dan semua informasi soal perangkatnya akan ditampilkan secara lengkap.
  • Carilah menu Set Preferred Network Type, lalu tekan perintah menu LTE Only.
  • Selesai.

Panduan mengunci jaringan 4G Telkomsel di atas cukup mudah, bukan? Kalian hanya perlu menghabiskan waktu selama 5 (lima) menit saja untuk menyelesaikan salah satu petunjuk tersebut. Walaupun informasinya ditujukan kepada dua perangkat berbeda.

Namun, cara mengunci jaringan 4G Telkomsel tidak akan memberi kerugian besar bagi kalian sebagai pengguna setianya. Koneksi tetap stabil dan kamu bisa memakainya untuk keperluan apapun.

Mengunci Jaringan 4G Telkomsel dengan Aplikasi

Kamu bisa menggunakan petunjuk lain untuk menonaktifkan jaringan 4G Telkomsel. Selain itu, pembahasan kali ini akan memberikan 2 (dua) panduan berbeda sesuai kebutuhan kalian masing-masing.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ketiga dalam menyelesaikan masing-masing tahapannya, sedangkan jumlah memori yang dibutuhkan sangat ringan.

Berikut ini merupakan 2 panduan mengunci jaringan 4G Telkomsel via aplikasi terlengkap 2020, yaitu :

1. Force LTE Only

  • Pertama, unduhlah aplikasi Force LTE Only via Google Play Store.
  • Buka dan jalankan aplikasinya lewat smartphone kalian.
  • Kamu akan melihat beberapa pop up yang ditampilkan, tekan tombol Skip untuk langsung masuk ke menu utama.
  • Kemudian, tekan tombol SIM 1 LTE/3G/2G Setting.
  • Pilih menu Select Phone Index untuk menentukan kartu seluler yang sinyal 4G nya bakal dikunci.
  • Apabila kamu pilih menu Phone 0, maka SIM card yang bakal dikunci adalah SIM 1.
  • Jika kalian tekan tombol Phone 1, maka SIM card yang akan dikunci adalah SIM 2.
  • Tekan tombol Set Preferred Network Type, lalu pilihlah LTE Only supaya jaringan 4G bisa terkunci otomatis.
  • Selesai.

2. 4G LTE Switcher

Aplikasi lain yang berguna untuk mengunci jaringan 4G adalah 4G LTE Switcher. Apabila kalian memakai android, maka bisa mengunduhnya via Google Play Store. Tak hanya itu, aplikasinya tidak mengandung iklan apapun dan dapat diunduh secara gratis.

Aplikasi ini terbukti aman dan efektif dipakai jangka panjang untuk mematikan sinyal ponsel. Data pribadi kalian bakal terjaga dan tidak bisa diakses siapapun yang bukan hak miliknya.

Kalian bisa memasang aplikasinya lewat android seperti biasa. Buka dan ikuti petunjuknya untuk mengunci jaringan 4G Telkomsel. Meski begitu, kamu harus tahu bahwa 4G LTE Switcher adalah aplikasi keamanan yang hanya bekerja untuk SIM 1.

Hal penting yang perlu diperhatikan bahwa aplikasinya akan mengalami perubahan pengaturan seperti semula, kondisi ini terjadi bila ponsel kalian mati (habis baterai) maupun restart ulang.

Kelebihan Mengunci Jaringan 4G Telkomsel yang Harus Kamu Tahu

Tak bisa dipungkiri bahwa cara mengunci jaringan 4G Telkomsel memang bermanfaat. Kamu akan merasakan dampak positifnya sejak pertama kali menonaktifkan sinyalnya. Pertama, kamu bakal mengalami perkembangan saat memakainya untuk internet.

Hal ini dikarenakan kartu seluler hanya menerima jaringan 4G saja yang merupakan level tertinggi. Jangan ragu saat bermain sosial media maupun menjelalah dunia maya, lantaran sinyalnya sangat kuat.

Sementara itu, kamu akan memperoleh keuntungan lainnya dengan terhindar dari lag atau error saat bermain sosial media. Apabila kalian senang menonton video via YouTube dengan pemakaian kartu 4G Telkomsel, tayangan yang diputar akan jarang bahkan tidak pernah mengalami buffering.

Hal ini membuat videonya akan berjalan dengan lancar dan kamu bisa menonton film atau video apa saja dengan nyaman, serta menghibur diri kamu saat di rumah.

Kelebihan lainnya adalah jaringan tetap kuat dan stabil saat kamu main game online. Kalian bisa bermain game apapun tanpa hambatan untuk mengalahkan musuh dengan cepat dan mudah. Kalian bisa memainkan permainan sepuasnya dengan kecepatan jaringan paling bagus dibandingkan provider lain.

Pencinta game online tentu saja perlu mengetahui informasi ini mengingat kartu 4G Telkomsel adalah pilihan tepat untuk kebutuhan seperti ini.

Kekurangan Mengunci Jaringan 4G Telkomsel yang Belum Diketahui

Demikian informasi soal panduan mengunci jaringan 4G Telkomsel terpercaya. Walaupun kalian bebas memakainya dengan beragam keuntungan menarik, bukan berarti kamu tidak akan mengalami kendala saat memakainya.

Hal lumrah yang pasti terjadi adalah ponsel kalian bakal lebih mudah panas dari biasanya. Situasi tersebut disebabkan sistem jaringan hanya menerima sambungan 4G saja, sehingga smartphone kamu dapat panas dengan cepat.

Risiko lain yang mungkin saja kalian dapatkan adalah baterai ponsel cepat habis. Pasalnya, kondisi smartphone yang lebih mudah panas akan berdampak buruk terhadap kekuatan daya yang sedang digunakan agar dapat bertahan lebih lama.

Maka dari itu, kamu perlu berpikir sebelum menonaktifkan jaringan 4G Telkomsel untuk kebutuhan tertentu. Apabila wilayah yang ditinggali saat ini masih sulit menjangkau jaringan 4G, kamu bisa mengikuti salah satu panduan di atas dengan benar untuk menonaktifkannya secara signifikan.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...