Cara Mengirim Folder Lewat Email (Yang Benar) Tanpa Aplikasi🎏

Cara Mengirim Folder Lewat Email
Cara Mengirim Folder Lewat Email

WIGATOS.com | Banyak orang yang belum tahu dengan cara mengirim folder lewat email. Sebetulnya tak jauh berbeda dari cara mengirim foto lewat email, kamu bisa melakukan langkah-langkahnya dengan mudah.

Mengirim folder lewat email adalah salah satu cara yang efektif untuk berbagi berbagai file secara sekaligus dengan orang lain. Folder sendiri merupakan tempat penyimpanan berbagai macam file yang berhubungan atau memiliki kategori yang sama. Seperti misalnya folder foto moment tertentu, folder dokumen kerja, folder lagu favorit, dan folder lainnya.

Namun, tidak semua aplikasi email mendukung pengiriman folder secara langsung. Mengingat ada beberapa kendala yang mungkin saja terjadi, seperti batas ukuran file, format file yang tidak kompatibel, atau masalah keamanan yang tidak terjamin.

Cara Mengirim Folder Lewat Email

Cara Mengirim Folder Lewat Email
Cara Mengirim Folder Lewat Email

Untuk mengirimkan folder lewat email, kamu bisa melakukan beberapa metode di bawah ini. Tinggal pilih saja metode yang tepat sesuai kebutuhan :

Metode 1 : Mengirim Folder Lewat Email di Laptop

Gmail termasuk aplikasi berbasis email besutan Google yang paling populer digunakan. Beberapa keunggulan menggunakan Gmail yaitu mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar, integrasi dengan berbagai layanan Google yang lain, serta tentu saja keamanan yang terjamin.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah cara mengirim folder lewat email menggunakan Gmail via laptop :

  1. Buka Gmail di browser Pilihan. Kamu bisa mengakses gmail melalui alamat berikut : https://mail.google.com/ atau melalui menu Google Apps yang berada di pojok kanan atas halaman Google. Pastikan terlebih dahulu masuk menggunakan akun Google kamu.
  2. Buat pesan baru dengan klik tombol “Tulis” yang berada di sebelah pojok kiri atas layar. Ini akan membuka jendela baru untuk menulis email yang akan kamu buat.
  3. Masukkan alamat email penerima di kolom “Kepada”. Kamu bisa memasukkan alamat email penerima lebih dari satu alamat email dengan cara memisahkannya menggunakan koma. Jika kebetulan ingin menambahkan penerima sebagai tembusan (Cc) atau tembusan yang tersembunyi (Bcc), silakan klik tombol “Cc/Bcc” yang berada di sebelah kanan kolom “Kepada”.
  4. Masukkan judul email tepat di kolom “Subjek”. Judul email harus singkat, jelas, padat dan dimengerti agar penerima tahu isi email kamu sebelum membukanya.
  5. Tulis isi pesan email di kolom yang tersedia. Kamu bisa menggunakan berbagai fitur format teks yang tersedia, seperti font, ukuran, warna, cetak tebal, cetak miring, garis bawah, daftar berurutan atau tidak berurutan, dan fitur lainnya yang tersedia. Selain itu, tambahkan pula emoji, gambar, atau tautan ke dalam pesan dengan cara klik ikon yang sesuai di bagian bawah kolom.
  6. Untuk melampirkan folder yang ingin kamu kirimkan Bersama dengan email, kamu perlu mengubah folder tersebut menjadi file terkompresi (compressed file) atau file zip (ZIP file). File zip adalah file yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa file atau folder menjadi satu file dengan ukuran yang lebih kecil dan mudah dibagikan.
  7. Ada beberapa cara untuk membuat file zip dari folder, seperti menggunakan aplikasi bawaan Windows, aplikasi pihak ketiga seperti WinRAR atau 7-Zip, atau situs web online seperti ezyZip atau CloudConvert.
  8. Berikut contoh cara membuat file zip dari folder dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows:
    • Cari dan pilih folder yang ingin kamu kirim melalui email.
    • Klik kanan pada folder tersebut lalu pilih menu “Kirim ke”.
    • Selanjutnya pilih “Folder terkompresi (zip)”.
    • Tunggu hingga proses kompresi selesai. Kamu akan melihat file zip baru dengan nama yang sama dengan folder aslinya pada lokasi yang sama.
  9. Setelah membuat file zip dari folder yang ingin kamu kirim, sekarang klik ikon penjepit kertas yang berada di bagian bawah kanan jendela untuk melampirkan file tersebut ke email yang kamu buat.
  10. Ini akan membuka jendela baru untuk memilih file yang ingin kamu lampirkan. Cari dan pilihlah file zip yang telah kamu buat sebelumnya.
  11. Setelah memilih file zip yang ingin dilampirkan, cukup tunggu prosesnya hingga selesai.
  12. Kamu bisa melihat ukuran total file yang dilampirkan tepat di bagian bawah jendela. Jika ukuran file melebihi batas maksimum 25 MB, maka Gmail akan secara otomatis mengubah file menjadi tautan Google Drive yang bisa dibuka oleh penerima.
  13. Silakan cek kembali email kamu sebelum mengirimnya. Pastikan agar alamat email penerima benar, judul email yang sudah sesuai dengan isi pesan, termasuk file lampiran yang sudah terunggah dengan benar.
  14. Selanjutnya klik tombol “Kirim” di pojok kiri bawah jendela untuk mengirim email yang kamu buat tersebut Bersama dengan folder yang dilampirkan dalam bentuk file zip.

Metode 2 : Mengirim Folder Lewat Email di HP

Jika kebetulan kamu tidak memegang laptop dan ingin mengirim folder lewat email menggunakan HP, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Gmail yang sudah tersedia secara default untuk Android dan iOS.

Aplikasi ini memiliki fitur dan fungsi yang hampir sama dengan versi webnya, sehingga kamu bisa mengirim email dengan mudah dan cepat. Berikut cara mengirim folder lewat email menggunakan aplikasi Gmail di HP berikut ini:

  • Buka aplikasi Gmail di HP. Pastikan bahwa kamu sudah masuk menggunakan akun Google milik sendiri. Jika belum, cukup klik tombol “Tambah akun” dan ikuti petunjuk yang muncul.
  • Kemudian klik tombol “Tulis” di pojok kanan bawah layar HP. Ini akan membuka jendela baru untuk menulis email.
  • Masukkanlah alamat email penerima di kolom “Kepada”. Kamu bisa memasukkan lebih dari satu alamat email dengan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Masukkan judul email di kolom “Subjek” dengan jelas dan padat agar penerima tahu isi email sebelum membukanya.
  • Tulis isi pesan email di kolom yang tersedia. Kamu bisa mengeditnya terlebih dahulu menggunakan fitur-fitur yang tersedia didalamnya.
  • Untuk melampirkan folder yang ingin kamu kirim, kamu perlu mengubahnya seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan pertama.
  • Setelah membuat file zip dari folder yang ingin kamu kirim, selanjutnya klik ikon penjepit kertas di bagian kanan atas jendela untuk melampirkan file ke email yang kamu buat.
  • Setelah memilih file zip yang ingin dilampirkan, tunggu proses pengunggahan selesai dilakukan. Cepat atau lambatnya proses unggah tergantung dari besar kecilnya folder dalam bentuk zip yang dikirim, juga kecepatan internet yang digunakan.
  • Cek kembali email sebelum mengirimnya. Pastikan agar alamat email penerima sudah ditulis dengan benar, judul email yang telah sesuai dengan isi pesan, dan file lampiran yang sudah terunggah.
  • Klik tombol “Kirim” yang berada di pojok kanan atas jendela untuk mengirim email beserta folder yang dilampirkan dalam bentuk file zip.

Kini kamu tak perlu repot lagi ketika hendak mengirimkan folder melalui email. Sebab langkah-langkah cara mengirim folder lewat email di atas sangat mudah dilakukan. Bahkan tak perlu aplikasi tambahan untuk melakukan panduan di atas!

 

Related posts