Cara Cancel Orderan Shopee Food oleh Driver dan Pelanggan

Cara Cancel Shopee Food
Cara Cancel Shopee Food

Selain cara cancel Shopee, aplikasi e-commerce terkemuka ini juga menawarkan cara cancel orderan Shopee Food bagi kamu yang ingin membatalkan pesanan Shopee Food. Shopee Food sendiri termasuk salah satu layanan Shopee yang menyediakan layanan pengantaran makanan dari mitra Shopee kepada pelanggan.

Ketika terjadi kesalahan saat pemesanan, tentu saja pemesanan Shopee Food terpaksa dibatalkan. Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan ketika mau membatalkan pesanan dari Shopee Food, apalagi jika kamu sering membatalkan pesanan membuat akunmu akan terkena pelanggaran.

Read More

Lalu, bagaimana sebetulnya cara cancel Shopee Food dengan benar agar tidak mengalami pelanggaran akun? Simak terus panduan artikel di bawah ini ya!

Cek Ketentuan Cancel Orderan Shopee Food

Pastikan dulu ketika kamu mau membatalkan pesanan makanan, sudah ada tombol buat pembatalan pesanan ataukah tidak. Jadi silakan cek terlebih dahlu ada tombol bertuliskan “Batalkan Pesanan” .

Sebab jika tidak ada, maka artinya orderan Shopee Food kamu sudah tak dapat dicancel kembali. Tapi jika tetap mau mencobanya karena beberapa alasan, sebaiknya hubungi langsung Call Center Shopee Food di 1500702.

Cara Cancel Orderan Shopee Food

Cara Cancel Shopee Food
Cara Cancel Shopee Food

Sebetulnya ada 2 metode cara cancel orderan Shopee Food yang bisa dilakukan, entah itu oleh Driver Shopee maupun oleh pelanggan Shopee Food itu sendiri. Berikut ini ulasannya :

Metode 1 : Cancel Orderan Shopee Food oleh Driver

Bukan hanya untuk pelanggan saja, tapi juga cancel orderan bisa driver Shopee lakukan apalagi jika terindikasi adanya orderan fiktif atau kecurangan. Bagi driver, kamu bisa ikuti beberapa cara cancel orderan Shopee Food dengan langkah berikut :

1. Masuk ke Menu Orderan

Masuk ke halaman orderan pada Shopee Food Apk terlebih dahulu. Setelah itu, konfirmasikan ke customer menggunakan fitur telepon atau chat.

2. Tekan Batalkan Pesanan

Jika pelanggan tidak juga merespon, maka driver berhak membatalkan pesanan atau orderan dari konsumen. Caranya tekan Batalkan Pesanan di halaman pesanan atau orderan masuk.

3. Pilih Alasan

Setelah memilih membatalkan orderan, lanjutkan pilih alasan pembatalan tergantung dari pilihan yang ada dan tekan ajukan. 

Metode 2 : Cancel Shopee Food Oleh Konsumen

Untuk para konsumen atau pembeli yang mau cancel orderan Shopee Food, supaya tidak merugikan merchant atau driver bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk cancel pesanan :

1. Akses Aplikasi Shopee

Buka Shopee apk terlebih dahulu di iPhone atau android. Namun pastikan koneksi internet lancar supaya prosesnya bisa berhasil.

2. Layanan Shopee Food

Jika sudah masuk, pilih opsi Shopee Food pada bagian atas dan masuk ke dalam layanan Shopee Food.

3. Klik Pesanan Saya

Pada halaman ini, kamu akan melihat 3 pilihan menu pada bagian bawah, pilih Pesanan Saya tepat di bagian tengah.

4. Ketuk Batalkan Pesanan

Temukan pesanan aktif Shopee Food yang mau kamu batalkan atau cancel, jika sudah tekan batalkan pesanan.

5. Memilih Alasan untuk Pembatalan

Setelah masuk ke tampilan buat pilih alasan cancel, kamu bisa memilih salah satunya dengan benar supaya pembatalan yang kamu lakukan tidak merugikan driver maupun merchant.

Selesai sudah cara cancel orderan Shopee Food yang bisa kamu praktekkan jika mau membatalkan pesanan Shopee Food karena beberapa alasan.

Mengenal Sistem Kerja Shopee Food

Jika kamu belum begitu memahami prinsip kerja Shopee Food, maka penting sekali membaca ulasan ini. Shopee Food sebetulnya mempunyai cara kerja tak jauh berbeda dari sistem GrabFood, GoFood maupun layanan serupa lainnya. Biar lebih jelas, ini ulasannya :

  • Pertama, pembeli memesan dan melakukan pembelian makanan melalui aplikasi Shopee.
  • Lalu ketika pesanan diproses, otomatis sistem Shopee bakal mengirimkan sinyal langsung ke merchant sekaligus driver Shopee Food.
  • Ketika merchant telah menerima pesanan dari pembeli, mereka selanjutnya langsung mempersiapkan seluruh orderan dari pembeli.
  • Di waktu bersamaan, para pengemudi langsung menerima pesananmu, lalu mereka akan langsung pergi ke merchant Shopee Food untuk pembayaran sekaligus pengambilan orderan.
  • Sesampainya di tempat merchant, maka driver harus upload struk resi pembayaran di dalam sistem.
  • Jika sudah, maka mitra pengemudi langsung mengantarka orderanmu ke alamat kamu.
  • Dari sini, proses pembayaran secara otomatis akan diselesaikan langsung oleh sistem saat telah memastikan orderan tiba di tempat tujuan.

Apa Saja Keuntungan Shopee Food?

Sesudah membahas cara cancel orderan Shopee Food dan cara kerjanya, kamu juga perlu tahu jika Shopee Food menawarkan banyak keuntungan. Nah, keuntungan ini bisa sangat berguna bagi mitra driver, merchant maupun konsumen.

Bagaimana, penasaran dengan apa saja keuntungan memakai Shopee Food? Ini ulasannya :

1. Keuntungan Bagi Mitra Driver

Sistem Shopee Food mengadopsi pemesanan dengan cara mengandalkan beberapa pihak, seperti mitra driver Shopee Food. Jika kamu berperan sebagai mitra driver Shopee Foood, maka ada beberapa keuntungan dengan bergabung sebagai driver Shopee Food, antara lain :

  • Sebagai ladang cuan bagi driver lewat sistem bagi hasil.
  • Shopee Food mempunyai jumlah pengguna yang banyak sebab telah terintegrasi pada aplikasi Shopee, sehingga bisa berpeluang memperoleh pendapatan lebih besar lagi.
  • Menawarkan sistem kerja yang fleksibel mengingat driver bisa bekerja bebas tanpa terbatas waktu.
  • Bonus dan insentif yang bakal diterima oleh mitra driver cukup besar.

2. Pelanggan Shopee Food

Bagi konsumen atau pelanggan Shopee Food sendiri ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan, antara lain :

  • Ada banyak pilihan menu untuk minuman dan makanan yang tersedia untuk kamu pesan.
  • Proses orderan sangat mudah.
  • Jumlah driver Shopee Food ada banyak, jadi sangat mempercepat proses pengiriman makanan langsung ke alamat tujuan.
  • Berpeluang dapat potongan harga dan diskon 50% sampai Rp25 ribu.

3. Keuntungan Bagi Merchant Shopee Food

Shopee Food sudah tentu membawa keuntungan kepada para mechant yang bekerja sama. Dalam hal ini mitra pedagang atau penjual minuman dan makanan. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapat dari mitra merchant Shopee Food :

  • Ekspansi bisnis kuliner jadi lebih cepat dan mudah dikenal masyarakat luas.
  • Tak perlu menghabiskan biaya promosi buat makanan maupun minuman yang kamu jual.
  • Dapat meningkatkan omset penjualan bagi setiap hari, minggu maupun per bulannya.
  • Meringkas proses pemasaran produk kuliner yang kamu tawarkan.
  • Bisa mencairkan pembayaran kapan saja ketika diperlukan.

Bagaimana Cara Mejadi Mitra Merchant Shopee Food?

Jika kamu mau jadi mitra merchant Shopee Food, pastikan harus mempersiapkan beberapa hal berikut :

  • NPWP
  • KITAS/KTP
  • Foto Buku Tabungan

Jika sudah mempersiapkan dokumen, download aplikasi Shopee Partner via hp lewat Play Store atau toko aplikasi lainnya. Ikuti langkah di bawah ini :

  • Akses Shopee Partner Apk dan registrasi.
  • Klik Log in atau sign up memakai SMS.
  • Inputkan nomor hp aktif.
  • Masukkan OTP yang sudah dikirim langsung ke nomor hp. Pastikan kode verifikasi tidak ketahui oleh siapapun sebab bersifat rahasia.
  • Lanjutkan, kemudian buat password mudah diingat dan unik.
  • Klik Aktivasi kemudian Mulai.
  • Verifikasi KTP beserta swafoto.
  • Silakan selesaikan semua rangkaian proses pendaftaran dan ikuti petunjuknya.

Ya, itulah beberapa langkah cara jadi merchant Shopee Food yang perlu kamu ketahui dan persiapkan jika tertarik jadi merchant Shopee Food. Cek juga cara berjualan di Shopee Food agar untung besar!

Semua pembahasan di atas, mulai dari cara cancel orderan Shopee Food, jadi merchant dan keunggulan Shopee Food sangat penting sebagai pertimbangan kamu menggunakan layanan Shopee ini!

 

Related posts