Cara Cancel Grab Express Bagi Mitra Driver dan Pelanggan

Cara Cancel Grab Express
Cara Cancel Grab Express

Hadir sebagai layanan transportasi online dan saingan Gojek, Grab juga sudah populer di masyarakat Indonesia. Inilah alasan Grab selalu memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para penggunanya. Termasuk dalam cara cancel Grab Express.

Grab Express, salah satu layanan Grab untuk pengiriman barang atau paket tanpa ribet dan harga ekonomis. Namun sayangnya, tidak semua pesanan GrabExpres menguntungkan bagi mitra Grab.

Read More

Kendala biasanya dialami, terlebih saat konsumen atau pengirim paket yang memesan layanan GrabExpress sangat sulit dihubungi ketika driver telah menerima pesanan dan tiba di titik jemput.

Apabila driver membiarkan, tentu saja membuat mitra tak dapat melakukan ob-bid alias menarik pesanan lain. Sebagai solusinya, driver perlu membatalkan pesanan GrabExpress itu sendiri. Hanya saja, apakah bisa berpengaruh pada performa driver Grab?

Bagaimana Performa Driver Grab Express Jika Batalkan Pesanan?

Asalkan proses pembatalan pesanan sudah kamu lakukan sesuai ketentuan Grab, maka tidak masalah. Hal tersebut juga tidak mempengaruhi rating atau performa Grab Driver. Namun tak sedikit mitra belum mengetahui cara cancel GrabExpress tanpa membuat performa berkurang.

Jangan risau, demi membantumu mengatasi masalah ini. Ada beberapa ketentuan dan juga cara cancel Grab Express yag bisa kamu ikuti agar performa tetap baik.

Ketentuan Cancel GrabExpress Bagi Driver

Supaya cancel orderan Grab Expres tidak menurunkan performa, ada beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi mitra GrabExpress. Ini ulasannya :

  • Mitra driver GrabExpress harus sudah sampai di titik lokasi penjemputan.
  • Kamu harus memastikan telah menghubungi pelanggan atau konsumen terlebih dahulu untuk konfirmasi.
  • Apabila konsumen tidak meresponnya, silakan tunggu 10 menit usai ketibaanmu di lokasi penjemputan.
  • Pastikan pula lokasi penjemputan sudah selesai.
  • Silakan masukkan alasan terkait pembatalan.
  • Kamu bisa memberikan bukti ke Grab mengenai konsumen atau pelanggan yang tak merespon.
  • Jika perlu lakukan screenshot chat atau pesan ke konsumen.

Cara Cancel Grab Express

Cara Cancel Grab Express
Cara Cancel Grab Express

Untuk cara cancel Grab Express di sini, terlebih dahulu kita akan melakukan cancel khusus bagi para driver Grab Express dengan kondisi yang sudah dijelaskan di atas. Ini langkah-langkah cara pembatalan Grab Express oleh driver :

1. Masuk ke Opsi Orderan GrabExpress

Silakan akses halaman orderan GrabExpress dan konfirmasikan ke pihak pelanggan jika kamu sudah tiba di tempat penjemputan. Pastikan dulu untuk tidak menekan Saya Sudah Sampai.

2. Screenshot Konfirmasi ke Konsumen

Lantas apabila konsumen tak juga merespon panggilan atau pesanmu, tunggu 10 menit terlebih dahulu di lokasi penjemputan sesuai pesanan. Dari sini, pastikan sudah screenshot chat yang kamu kirim kepada pembeli atau konsumen.

3. Klik Saya Sudah Sampai

Cara cancel Grab Express selanjutnya tanpa harus mengurangi performa, kamu tinggal pilih opsi Saya Sudah Sampai.

4. Pilih Opsi Titik Tiga di Samping Kanan Atas

Silakan lanjutkan dengan cara pilih tiga titik di samping kanan atas jika mau batalkan orderan Grab Express.

5. Tekan Opsi Batalkan Pengiriman

Selanjutnya akan terlihat ada beberapa opsi pilihan, kamu di sini cukup tekan Batalkan Pengiriman atau Pengantaran.

6. Pilih Alasan

Jika sudah, di menu lain kamu akan melihat Pengirim Bermasalah. Selanjutnya kamu bisa memilih opsi pengirim tidak dapat dihubungi.

7. Upload Screenshot Konfirmasi

Dari sini, pilih screenshot agar kamu memasukkan bukti untuk konfirmasi jika sudah tiba ke titik penjemputan melalui chat atau pesan ke pelanggan.

8. Lanjutkan dan Lakukan Konfirmasi Pembatalan

Setelah itu, tekan lanjutkan kemudian lakukan konfirmasi pembatalan. Selanjutnya pesanan sukses dibatalkan tanpa menurunkan performa pada akun Driver Grab.

Cara Cancel Grab Express Bagi Pelanggan

Selain driver yang bisa cancel orderan Grab Express. Untuk pembatalan Grab yang dilakukan oleh pelanggan sendiri juga ada beberapa alasan. Namun kamu harus tahu jika pelanggan yang cancel orderan di Grab bisa mendapatkan denda.

Sebagai pengguna Grab, seringkali kamu dihadapkan dalam beberapa kondisi yang membuatmu harus membatalkan orderan di Grab, misalnya saja sinyal tidak stabil, salah alamat atau lainnya.

Nah, untuk cancel orderan di Grab juga tidak cukup hanya dengan mengklik Cancel Order saja, tetapi juga perlu melewati berbagai macam tahapan. Sebab pembatalan pesanan dapat merugikan pihak driver.

Ini dia cara cancel Grab Express oleh pelanggan yang bisa kamu tiru :

  • Silakan buka Grab Apk di hp dan pilih orderan yang berlagsung.
  • Ketuk Batalkan.
  • Lakukan konfirmasi untuk permintaan, caranya ketuk Ya, Batalkan.

Kamu sebagai pengguna bisa membatalkan orderan GrabExpress bagi yang sudah dan belum memperoleh mitra driver. Tapi bagi yang telah mendapat driver, maka kamu dapat melakuka pembatalan dalam waktu 7 menit serta 40 menit sesudah orderan dibuat.

Untuk layanan Grab lain, kamu bisa baca ulasan cara cancel Grab dengan mudah yang sudah kita bagikan ulasannya!

Kebijakan Terkait Denda Jika Pengguna Membatalkan Orderan di Grab

Pihak Grab sudah memberlakukan ketentuan dan kebijakan terkait cancel orderan oleh pelanggannya. Ketentuan dan aturan ini dalam bentuk penerapan denda kepada pelanggan yang sudah membatalkan orderan.

Sistem denda ini diharapkan supaya Grab lebih adil pada mitra driver Grab. Berikut poin-poin yang mesti kamu pahami tentang kebijakan denda, antara lain :

1. Layanan yang Dikenai Denda Cancel Orderan

Tidak semua pilihan layanan Grab membebankan denda untuk pelanggan yang cancel orderan. Biasanya denda cancel orderan ini hanya berlaku bagi layanan transportasi saja, seperti GrabTaxi, GrabBike, dan GrabCar.

2. Besaran Denda Untuk Pembatalan Pesanan

Biaya denda cancel orderan Grab sendiri berbeda antara GrabCar dan GrabBike. Untuk GrabBike, biasanya pengguna akan mendapat denda senilai Rp1.000 jika membatalkan orderan. Sedangkan pada GrabCar 6, GrabCar, GrabTaxi dan juga GrabCar Plus akan mendapat denda senilai Rp3.000.

3. Kondisi yang Akan Dikenai Denda

Selain itu, kamu juga perlu tahu tidak semua kondisi akan dikenakan denda untuk cancel orderan. Ada beberapa kondisi di bawah ini yang akan mendapatkan denda ketika membatalkan pesanan di Grab :

  • Orderan telah berjalan sekitar 5 menit lebih dari waktu mitra driver ambil pesanan.
  • Pengguna akan mendapat denda jika mitra driver membatalkan orderan sebab mereka telah menunggu di lokasi penjemputan selama 10 menit lebih untuk GrabCar sedangkan 5 menit buat GrabBike.

4. Keadaan Pengguna yang Terbebas dari Denda

Tak hanya pembatalan pesanan yang tak sampai 5 menit dari waktu pengambilan pesanan mitra driver, pelanggan juga tidak akan mendapat denda cancel orderan jika kondisinya seperti ini :

  • Lokasi driver Grab tidak terdeteksi pada aplikasi.
  • Driver tidak tiba dari estimasi kedatangan yang ada di aplikasi.

5. Opsi Pembayaran Denda

Biasanya denda pembatalan orderan oleh pelanggan akan diambil otomatis lewat pembayaran debit, saldo OVO hingga kartu kredit. Akan tetapi, bagi pengguna yang menggunakan opsi pembayaran tunai, maka biaya dendanya nanti ditambahkan ke tarif orderan berikutnya.

Kesimpulan

Cara cancel Grab Express baik dilakukan oleh pelanggan atau driver sangat penting diketahui, agar ketika ada kondisi tertentu yang mengharuskan cancel orderan kamu sudah tahu. Bahkan kamu juga bisa mempertimbangkan resikonya saat membatalkan pesanan Grab Express.

Related posts