10 Step Cara Cari Uang di Youtube 100% Berhasil!

Cara Cari Uang di Youtube
Cara Cari Uang di Youtube

Salah satu cara cari uang dari internet yang bisa kamu coba adalah cara cari uang di Youtube. Banyak konten kreator Youtube yang sudah sukses meraup banyak keuntungan dengan penghasilan yang bukan main.

Meski ada banyak pilihan buat cari uang lewat internet, tapi kebanyakan orang saat ini lebih memilih menonton video. Karena dengan menonton video di Youtube, informasi atau pesan yang dibagikan langsung diterima oleh penontonnya.

Read More

Di Youtube, kamu bisa membuat konten video menarik sesuai niche yang kamu tentukan. Namun menjadi YouTuber sukses tidak semudah kedengarannya. Kamu harus bekerja ekstra keras agar bisa menghasilkan konten video menarik yang disukai banyak orang.

Cara Cari Uang di Youtube

Cara Cari Uang di Youtube
Cara Cari Uang di Youtube

Jika tertarik mencoba peruntungan di Youtube ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan di Youtube. Ini dia langkah-langkah cara cari uang untuk menjadi seorang Youtuber sukses :

1. Cari Uang di Youtube dengan Buat Channel YouTube

Pertama, kamu bisa membuat channel atau saluran YouTube terlebih dahulu. Untuk membuatnya, kamu harus punya akun Google terlebih dahulu untuk dapat membuat channel sendiri.

Begini langkah-langkah buat channel Youtube :

  • Buka situs YouTube terlebih dahulu dengan masuk menggunakan akun Google kamu.
  • Setelah masuk pada YouTube, lanjutkan dengan klik pada ikon profil kamu yang berada di sudut kanan atas kemudian pilih “Buat saluran” yang terdapat pada menu drop-down.
  • Ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan pada layar untuk memberikan nama dan deskripsi untuk channel yang akan kamu buat.

2. Pilih Niche atau Topik

Setelah memiliki channel sendiri, langkah berikutnya adalah memilih niche atau topik yang akan kamu fokuskan pada channel YouTube milikmu. Memilih niche yang sesuai dengan minat dan pengetahuan bisa membantumu menciptakan konten yang lebih konsisten dan menarik bagi audiens sebab kamu sudah menguasai niche atau topik tersebut.

Berbeda halnya jika kamu memaksakan niche atau topik yang tidak sesuai dengan minat dan pengetahuan pastinya akan merasa kesulitan. Bahkan bisa membuatmu berhenti di tengah jalan.

3. Buat Konten Berkualitas

Cara cari uang di Youtube yang terpenting yaitu buat konten berkualitas. Konten adalah kunci sukses dalam mencari uang di platform YouTube. Pastikan konten video yang kamu unggah berkualitas tinggi, informatif, dan tentunya menarik bagi para audiens.

Jangan ragu untuk berkreasi dan menunjukkan keaslian kamu sebagai ciri khas. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dicoba :

  • Rencanakan sebelum membuat video mulai dari skrip konten yang matang agar hasilnya bisa maksimal.
  • Gunakan peralatan rekaman dan penyuntingan video yang memadai untuk mendapatkan hasil yang lebih profesional. Memang hanya dengan bermodalkan HP saja tidak cukup, namun kamu bisa mengakalinya dengan trik-trik tertentu sehingga hasilnya menjadi lebih baik seperti seorang professional.
  • Perhatikan aspek visual dan audio agar video kamu terlihat dan terdengar bagus. Bila perlu, gunakan microphone kecil untuk memaksimalkan kualitas audio yang dihasilkan.

4. Konsistensi dan Jadwal Publikasi

Untuk membangun basis penggemar dan mencari uang di YouTube, konsistensi adalah kunci utamanya. Buatlah jadwal publikasi yang konsisten, misalnya kamu menentukan upload video setiap minggu sekali atau dua kali dalam sebulan. Tujuannya agar penggemar tahu kapan bisa menantikan konten baru dari kamu.

hal ini sangatlah penting karena jika ini berhasil maka bukan jadi alasan lagi jika subscribe kamu tidak bertambah.

5. Tingkatkan Jangkauan dan Promosi

Mengingat begitu banyaknya konten di YouTube, maka penting sekali untuk terus mempromosikan video yang kamu buat agar lebih banyak orang mengetahuinya. Gunakan media social lainnya seperti Instagram, Facebook, atau Twitter untuk menjangkau lebih banyak pengunjung untuk terdorong melihat konten video yang kamu buat.

Bila perlu, gunakan sarana email, blog, atau forum untuk membagikan video kamu dan meningkatkan jangkauan konten yang lebih luas lagi.

Setelah mengetahui cara cari uang di Youtube di atas, diharapkan kamu bisa lebih konsisten lagi dan terus berkarya. Sebab tujuan utamanya adalah ingin memberikan hiburan kepada audiens sesuai dengan niche unggulan dan pastinya ingin mendapatkan uang dari platform YouTube.

6. Ketahui Syarat Monetisasi YouTube

YouTube memiliki persyaratan tertentu agar penggunanya dapat melakukan monetisasi dari iklan yang muncul pada setiap konten video yang di upload. Biasanya termuat lewat programnya bernama YouTube Partner Program (YPP). Beberapa persyaratan umum agar dapt di monetisasi diantaranya :

  • Memiliki setidaknya 1.000 pelanggan (subscriber).
  • Telah mencapai 4.000 jam waktu tayang dalam 12 bulan terakhir.
  • Mengetahui dan tunduk pada panduan komunitas dan kebijakan monetisasi YouTube.

7. Bergabung dengan YouTube Partner Program (YPP)

Setelah channel kamu dinyatakan telah memenuhi syarat dan ketentuan, kamu dapat mendaftar untuk bergabung dengan YouTube Partner Program (YPP). Program ini memungkinkan penggunanya menghasilkan uang melalui iklan yang ditampilkan pada video yang kamu upload dan fitur monetisasi lainnya. Begini langkahnya :

  • Buka YouTube Studio di akun channel YouTube kamu terlebih dahulu.
  • Selanjutnya pilih bagian “Monetisasi” dari menu yang berada di sebelah kiri.
  • Ikuti dengan baik panduan dan langkah-langkah untuk meninjau kelayakan kamu untuk selanjutnya mendaftar ke YPP.

8. Monetisasi dengan Iklan

Iklan adalah salah satu cara paling umum untuk mencari uang di YouTube. Kamu akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditampilkan di video kamu yang disesuaikan dengan jumlah tayangan dan interaksi. Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui untuk melakukan Monetisasi dengan Iklan, diantaranya :

  • Pastikan iklan yang kamu pilih sesuai dengan niche dan target audiens kamu.
  • Jagalah agar video kamu tetap menarik meskipun ada iklan yang ditampilkan sehingga orang yang menonton tetap akan melanjutkan konten video yang kamu upload.
  • Tinjau kinerja iklan kamu secara berkala untuk mengoptimalkan penghasilan.

9. Penggalangan Dana dan Fitur Super Chat

Selain iklan, kamu pun bisa mencari uang di YouTube menggunakan fitur penggalangan dana (fundraising) dan Super Chat. Penggalangan dana memungkinkan penggemar memberikan dukungan finansial untuk mendukung konten yang kamu buat, sementara fitur Super Chat memungkinkan penggemar memberikan donasi selama siaran langsung.

10. Sponsorship dan Endorsement

Sebagai YouTuber yang sukses, kamu juga dapat mencari uang melalui sponsorship dan endorsement. Beberapa merek atau perusahaan mungkin tertarik untuk bekerja sama dengan kamu jika channel yang kamu Kelola memiliki basis penggemar yang besar dan konsisten.

Tentu ini akan menjadi hal yang sangat baik. Jika da sponsorship atau endorsement yang tertarik, berikut ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan :

  • Pastikan merek atau produk yang kamu promosikan relevan dengan niche dan audiens kamu.
  • Jaga agar endorsement tetap otentik dan jangan terlalu berlebihan dengan promosi yang kamu publish.

Dengan cara cari uang di Youtube melalui langkah-langkah di atas, maka bukan hal mustahil kamu bisa dapat penghasilan utama yang nilainya tidak sedikit. Jika tertarik, ikuti panduan di atas dan jadilah Youtuber sukses di masa depan!

 

Related posts