Cara Riset Kata Kunci Youtube

Cara Riset Kata Kunci Youtube
Cara Riset Kata Kunci Youtube

Kata kunci tidak hanya penting saat kita browsing di mesin pencari Google saja, tetapi juga penting ketika mencari video di Youtube. Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki channel Youtube, penting sekali mengetahui cara riset kata kunci Youtube.

Keyword atau kata kunci tersebut selanjutnya yang dapat membuat viewers untuk menemukan postingan video di channel Youtube kamu. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat di Youtube, bisa membuat sistem platform Youtube dapat menempatkan video ke posisi yang gampang dijumpai orang.

Read More

Pemakaian kata kunci tersebut wajib hukumnya di tiap postingan video Youtube. Selain itu, peletakannya juga bervariasi, seperti dalam materi pembahasan yang terdapat pada video, deskripsi video, tag video dan judul video.

Cara Riset Kata Kunci Youtube

Cara Riset Kata Kunci Youtube
Cara Riset Kata Kunci Youtube

Jika kamu ingin meriset kata kunci Youtube, ada beberapa metode yang bisa dilakukan antara lain :

1. Cara Riset Kata Kunci Youtube via Google Trends

Google Trends adalah situs milik dari Google yang didalamnya tersaji data statistik untuk pencarian selama kurun waktu yang telah ditentukan. Kamu dapat mencari topik maupun istilah pencarian di kolom pencarian. Lalu, Google Trend langsung menampilkan seberapa besar keyword atau kata kunci yang kamu pilih dicari orang menggunakan gambaran grafik.

Di samping itu, kamu bisa membandingkannya dengan keyword yang lain. Biasanya hasil perbandingan tersebut akan ditampilkan berbentuk grafik, serta rekomendasi topik atau istilah yang mendekati keyword yang kamu cari.

2. Cara Riset Kata Kunci Youtube via Google Search Console

Tool untuk meriset keyword Youtube selanjutnya yaitu Google Search Console. Tidak hanya dapat menemukan kata kunci saja, tetapi Google Search Console bisa juga membantu kamu memantai kinerja dari channel akun Youtube. Sehingga, kamu dapat menggunakan pengelolaan Youtube, karenanya dapat menghasilkan prospek dan viewers lebih baik.

3. Menggunakan Keywordtool.io

keywordtool.io adalah situs layanan pencarian keyword. Web ini adalah buatan dari Leow Kah Thong dan Artem Galimov, serta diluncurkan di pertengahan tahun 2014.

Website ini menawarkan layanan untuk pencarian keyword di Youtube, Google, Amazon, Play Store, Twitter, Instagram, Ebay, dan Bing. Situs web ini menyajikan keyword dalam berbagai pilihan layanan bahasa.

Untuk menggunakannya sebenarnya sangat mudah. Kamu cukup mengetikkan saja keyword awal lalu ketuk penarian. Dari situ, kamu akan melihat beberapa rekomendasi kata kunci yang berkaitan lainnya dengan keyword yang dicari.

Selain keyword, kamu juga bida melihat pertanyaan apa saja yang dilontarkan terhadap keyword yang kamu ketikkan. Untuk tool versi berbayar, keyword yang muncul biasanya akan dilengkapi oleh trend, volume pencarian, kompetisi dan CPC dari keyword tersebut.

4. Menggunakan Wordtracker

Tools lainnya untuk riset keyword di Youtube adalah WordTracker . Tools ini mempunyai kegunaan mirip seperti Keyword Tools, yaitu menyajikan informasi mengenai keyword tertentu, antara lain search volume, kompetitor dan trend.

Kamu dapat menggunakan fitur pecarian kata kunci Youtube gratis sampai 10 kali riset. Jika kamu ingin memakainya dengan leluasa serta mendapatkan hasil lebih optimal, maka kamu bisa berlangganan fitur pada tools Wordtracker.

5. Memakai Youtube Autocomplete

Untuk mencari kata kunci Youtube paling simpel adalah dengan memakai Youtube Suggestion atau Autocomplete. Ini adalah cara yag sering dilakukan saat mencari konten video pada Youtube. Ketika kamu mengetik kata-kata pada kolom pencarian, platform Youtube nantinya memberikan saran keyword yang paling banyak dicari atau populer.

Itulah beberapa metode cara riset kata kunci Youtube yang dapat kamu coba untuk memudahkan viewers melakukan pencarian terhadap konten video Youtube milikmu.

Related posts