Cara Cancel Barang di Shopee dengan 2 Metode Mudah Ini!

Cara Cancel Barang di Shopee
Cara Cancel Barang di Shopee

Saat kamu salah memesan barang atau mungkin salah memilih alamat tujuan padahal sudah checkout, kamu mungkin berpikir untuk cancel barang di Shopee. Tapi apakah ada cara cancel barang di Shopee?

Sebetulnya, cancel barang bisa kamu lakukan di Shopee dengan catatan kamu harus menghubungi seller atau penjual di Shopee terlebih dahulu. Proses pembatalan dapat dilakukan dengan mudah jika sebelumnya ada konfirmasi antara pembeli dan juga penjual.

Read More

Selain itu, kamu juga harus mengetahui alasan untuk membatalkan pesanan di aplikasi Shopee. Seperti ingin mengubah rician pesanan, mengubah alamat dan lain sebagainya. Sebagai pihak pembeli, tentu kamu berhak membatalkan pesanan.

Tentukan Alasan Pembatalan Orderan di Shopee

Seperti yang sudah kita bilang, ada banyak kemungkinan kenapa seller menerima pengajuan cancel pelanggan. Jika kamu sebagai pembeli atau pelanggan, maka bisa memilih beberapa alasan cancel pesanan berikut : permintaan penjual, penjual tidak menjawab obrolan atau chat, pembeli mau mengubah rincian pesanan dan sebagainya.

Sudah tahu, apa saja alasan buat cancel barang di Shopee? Sesudah kita membahas cara mengisi ShopeePay, kamu juga bisa ikuti cara cancel barang di Shopee berikut!

Cara Cancel Barang di Shopee

Cara Cancel Barang di Shopee
Cara Cancel Barang di Shopee

Jika kamu mau tahu bagaimana cara membatalkan orderan barang di Shopee, pastikan simak artikelnya sampai selesai ya!

Cara cancel barang di Shopee mudah sekali, kamu langsung bisa memprosesnya lewat aplikasi. Ada beberapa tahapan prosedur yang bisa kamu lakukan untuk membatalkan barang di Shopee :

Metode 1 : Cancel Barang di Shopee yang Sudah Dibayar

  • Kamu harus sudah download Shopee di hp.
  • Silakan buka Shopee di ponsel, kemudian login ke akun Shopee.
  • Setelah itu, ketuk Pesanan Saya.
  • Selanjutnya tekan Batalkan Pesanan. 
  • Lalu kamu akan langsung mendapatkan beberpaa pilihan alasan untuk cancel barang di Shopee. Silakan pilih alasan cancel orderan. Misalnya saja, kamu mau ubah rincian pesanan, penjual tak menjawab obrolan atau chat, ubah alamat pengiriman dan masih banyak lagi.
  • Lalu tekan Konfirmasi.
  • Selamat, cara cancel barang di Shopee berhasil kamu lakukan!

Kamu juga harus tahu jika cara cancel barang di Shopee hanya bisa kamu lakukan sekali saja. Dengan kata lain, jika pengajuan cancel order barang ditolak penjual maka kamu tidak bisa lagi melakukan cancel orderan yang sama.

Metode 2 : Cancel Barang di Shopee yang Belum Dibayar

Kamu juga bisa membatalkan barang pesanan di Shopee yang belum dibayar dengan mudah. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

  • Buka Shopee dan masuk ke akun Shopee.
  • Ketuk Saya, pilih Pesanan Saya kemudian tekan Belum Bayar.
  • Klik Pesanan barang yang mau kamu batalkan.
  • Ketuk Batalkan Pesanan dan tekan alasan pembatalan.
  • Lakukan konfirmasi dan selesaikan pembatalan.

Cara Mengecek Pembatalan Pesanan di Shopee

Setelah mengikuti cara cancel barang di Shopee, selanjutnya kamu harus memeriksa status pembatalan dengan berkala. Tujuannya biar kamu bisa mengetahui apakah cancel orderanmu di Shopee di tolak ataukah diterima seller.

Ini langkah-langkah cara mengecek pembatalan orderan di Shopee, antara lain :

  • Buka akun Shopee seperti biasa.
  • Lalu tekan Pesanan Saya.
  • Selanjutnya Tampilkan Rincian Pembatalan Saya.
  • Lalu cek status cancel orderan.

Shopee selanjutnya akan menampilkan informasi terkait status cancel atau pembatalan. Ada beberapa tahap pembatalan atau cancel orderan yang perlu kamu ketahui, mulai dari permintaan, kemudian penilaian seller, penilaian dari Shopee, kemudian pengambilan dana atau refund.

Jika mau mengurus cancel atau pembatalan orderan, tinggal ketuk Batalkan Pesanan lalu tekan Konfirmasi. Selain itu, kamu juga harus tahu jika penjual diperkenankan buat menolak pembatalan orderan yang sudah dikirim atau dikemas buat pengiriman.

Sebagai pembeli, silakan diskusikan terlebih dahulu terkait pembatalan produk lewat chat di Shopee buat mengonfirmasi cancel orderan agar proses pembatalan lebih mudah.

Mengenal Jenis-jenis Cancel Orderan di Shopee

Shopee menawarkan 3 jenis opsi pembatalan orderan yang dapat pelanggan lakukan. Pembatalan pesanan ini biasanya mencakup pembatalan otomatis, instan dan pembatalan non instan. Ini penjelasannya :

1. Otomatis

Pembatalan otomatis biasanya terjadi jika penjual tak juga memproses orderan barang pembeli. Biasanya pembatalan otomatis ini dilakukan oleh Shopee.

Jika seller di Shopee tidak juga menginputkan resi pesanan atau tidak mengatur proses pengiriman sampai batas pengemasan selesai, maka Shopee langsung membatalkan pesanan otomatis.

Pembatalan otomatis juga bisa terjadi jika penjual tidk juga menyerahkan paket pembeli ke jasa ekspedisi usai 2 hari sejak pengemasan di dalam sistem Shopee.

2. Instan

Jenis pembatalan di Shopee selanjutnya yaitu pembatalan instan, ini merupakan jenis cancel atau pembatalan yang biasanya hanya dapat dilakukan langsung oleh pembeli sebelum penjual melakukan pengaturan pengiriman orderan.

Di sini, kamu dapat membatalkan pesanan instan selama satu jam setelah pembayaran diverifikasi. Selama seller di Shopee belum menginputkan nomor resi atau mengatur pengiriman, maka kau dapat melakukan pembatalan pada tipe layanan ekspedisi instan.

Contohnya, kamu sebagai pembeli misalnya membuat orderan menggunakan jasa ekspedisi Shopee Xpress Instan di jam 10.00 WIB dan membatalkannya di jam 10.50 WIB, pada waktu itu penjual belum mengatur pengiriman. Secara otomatis, pesanan barang di Shopee selanjutnya akan dibatalkan tanpa menunggu respons dari penjual Shopee.

Untuk membatalkan orderan di Shopee dengan cara instan juga sangat mudah. Cukup pilih alasan cancel pesanan saja.

3. Non Instan

Pembatalan non instan bisa dilakukan jika penjual sudah memberikan resi pengiriman dan mengatur pengiriman. Dengan begitu, pembatalan non instan bisa tetap dilakukan pembeli untuk  seluruh jasa ekspedisi usai penjual menginputkan nomor resi atau mengatur pengiriman, selagi paket masih belum diterima ekspedisi.

Apabila pembatalan non instan dilakukan, maka kamu wajib mengajukan pembatalan yang penjual setujui. Tapi bagaimana jika tak ada respons dari penjual? Maka sistem di Shopee bakal membatalkan pesanan dengan otomatis dalam jangka 1×24 jam selanjutnya.

Apakah Bisa Membatalkan Pesanan dengan Pembayaran COD?

Sebetulnya tak jauh berbeda dari jenis pesanan di Shopee lainnya, orderan menggunakan sistem COD juga bisa kamu batalkan, entah itu sebeum maupun sesudah pembayaran. Namun yang tak dapat kamu lakukan yaitu jika orderan sedang dikirim atau masuk daftar ekspedisi/pengiriman.

Tapi jika barang yang kamu pesan terlanjur penjual kirim, jalan satu-satunya yaitu kamu bisa melakukan pengajuan untuk pengembalian barang. Hal ini juga bisa saja berlaku bagi pesanan yang bermasalah, seperti tidak sesuai deskripsi atau lainnya.

Bagaimana Membatalkan Orderan COD yang Telah Dikirim?

Kamu perlu ingat jika pembatalan orderan yang telah dikirim tak bisa dicancel. Tentu saja, hal tersebut berlaku bagi orderan  COD. Sebagai solusinya, kamu bisa melakukan pengajuan untuk pengembalian barang. Dengan catatan harus berdasarkan kesepakatan penjual.

Tapi jika kamu tetap mau membatalkan pesanan, maka status pesanan harusnya masih dikemas. Ini langkah-langkah buat cancel orderan COD di Shopee :

  • Buka Shopee dengan login akun Shopee.
  • Tekan menu Saya, pilih pesanan saya dan tekan opsi Dikemas. 
  • Ketuk pesanan yang mau kamu batalkan.
  • Batalkan pesanan dan lanjutkan dengan ketuk Alasan Pembatalan. 
  • Ketuk konfirmasi sampai proses pembatalan selesai.

Tak perlu khawatir lagi jika kamu ada pesanan yang mau kamu ubah setelah memesan produk di Shopee. Kamu bisa langsung mengajukan pembatalan dengan cara cancel barang di Shopee!

Related posts