Cara Cari Kerja Online Lewat Web dan Aplikasi (Mudah)

Cara Cari Kerja
Cara Cari Kerja

Transformasi digital saat ini, semakin mempermudah orang buat cara cari kerja secara online. Jika sebelumnya cari kerja harus dilakukan dengan cara offline, mengirimkan surat lamaran dan CV ke kantor pos, tapi kini kamu tak perlu beranjak dari rumah buat melamar kerja.

Ada banyak platform yang menghubungkan perusahaan dengan para pencari kerja, sebut saja seperti JobStreet, LinkedIn dan masih banyak lagi platform lainnya yang bisa digunakan. Tapi yang pasti, kamu bisa menggunakan semua platform atau memilihnya sesuai kebutuhan.

Cara Mempersiapkan Diri Mencari Kerja

Sebelum mulai cari pekerjaan, kamu perlu mempersiapkan diri terlebih dulu buat mencari pekerjaan dengan langkah-langkah berikut :

1. Evaluasi Karir dan Keterampilan

Identifikasi terlebih dahulu mengenai minat, keterampilan, dan pengalaman yang kamu miliki. Tentukan bidang karir yang ingin kamu kejar dan sesuaikan dengan keterampilan yang dimiliki. Dengan begitu pekerjaan yang bakal kamu lamar nantinya sesuai skill yang dimiliki.

2. Perbaharui Resume dan Profil Online

Pastikan resume yang di upload merupakan resume terbaru di mana pengalaman kerja sudah di update ke yang terbaru dan keahlian yang relevan. Resume di update berlaku di semua situs pencari kerja yang kamu ikuti.

Cara Cari Kerja

Cara Cari Kerja
Cara Cari Kerja

Sebetulnya ada 2 cara cari kerja online yang bisa kamu terapkan, antara lain lewat portal pencari kerja dan lewat situs web perusahaan pencari kerjaan. Jika kamu mau, silakan pilih salah satunya :

Metode 1. Cari Kerja Lewat Portal Pencari Kerja

Cukup banyak portal pencari kerja yang bisa kamu gunakan untuk mencari pekerjaan di perusahaan yang kamu inginkan. Berikut ini ada beberapa pilihan situs pencari kerja popular yang bisa kamu gunakan untuk mencari kerja :

1. Cari Kerja lewat Indeed.com

Indeed.com adalah salah satu portal pencari kerja terbesar dan paling populer di dunia. Lewat platform ini, kamu bisa tentukan jenis pekerjaan yang cocok sesuai bakat, minat dan latar belakang Pendidikan dengan sangat mudah. Begini langkah-langkahnya :

  • Kunjungi siitus indeed.com di alamat : indeed.com.
  • Daftar diri kamu terlebih dahulu sehingga bisa membuat resume pribadi untuk keperluan mencari pekerkaan.
  • Sekarang masuk pada kolom pencarian kerja dan masukkan kata kunci pekerjaan dan lokasi yang kamu inginkan.
  • Untuk lebih spesifik lagi bisa gunakan filter untuk menyempurnakan hasil pencarian berdasarkan berbagai kategori seperti pengalaman, perusahaan, tingkat gaji, dan lainnya.
  • Simpan pencarian dan aktifkan notifikasi email untuk mendapatkan update tentang lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriterai.

2. Cari Kerja Lewat LinkedIn Jobs

LinkedIn Jobs adalah platform khusus pekerjaan di LinkedIn. Berikut cara mencari pekerjaan di LinkedIn :

  • Masuk ke akun LinkedIn kamu terlebih dahulu. Jika belum memiliki akunnya silakan untuk daftarkan diri terlebih dahulu di situs ini.
  • Selanjutnya setelah masuk menggunakan akun sendiri, pilih opsi “Jobs” yang berada di bagian atas halaman.
  • Masukkan kata kunci pekerjaan, lokasi, dan lain sebagainya dengan menggunakan fitur filter pencarian sesuai preferensi yang kamu inginkan.
  • Jelajahi peluang pekerjaan yang muncul sesuai kriteria, simpan pencarian, dan aktifkan notifikasi agar kamu selalu mendapatkan informasi terbaru dari pekerjaan yang cocok sesuai dengan preferensi.

3. Cari Kerja Lewat Jobstreet

Kamu juga bisa memilih Jobstreet sebagai salah satu platform buat cari kerja online. Begini cara cari kerja lewat Jobstreet yang bisa kamu lakukan :

  • Silakan buka dan masuk ke Jobstreet.com terlebih dulu, kalian akan menjumpai logo berupa Jobstreet by Seek tepat di samping kiri atas. Lalu pilih regional tempat kamu mau cari pekerjaan, seperti Indonesia, Vietnam, Singapura, Malaysia dan Filiphina.
  • Selanjutnya masuk ke Jobstreet dengan cara login memakai password dan email.
  • Setelah itu, kamu bakal diminta buat mengisi resume memakai nama sendiri. Silakan isi dengan lengkap semua data yang diminta.
  • Sialakan cari lowongan sesuai profil, klik Cari Lowongan. Di sini kamu bisa ctemukan lowongan lewat jabatan, spesialisasi pekerjaan,  dan daerah. 
  • Jika sudah mendapatkan lowongan yang pas sesuai skill, silakan tekan lamar sekarang dan lamaran kamu akan langsung terkirim.

Metode 2 : Cari Kerja Lewat Situs Karir Perusahaan Yang Diminati

Banyak perusahaan memiliki halaman karir di situs web mereka. Kamu cukup mencari situs perusahaan incaranmu, kemudian temukan bagian karir untuk melihat lowongan yang tersedia. Ini ulasannya :

1. Telusuri Situs Karir

  • Cari perusahaan yang sesuai dengan tujuan karir kamu. Pastikan kamu mengunjungi situs web mereka yang benar.
  • Pergilah ke halaman karir perusahaan untuk menemukan daftar lowongan pekerjaan yang tersedia.

2. Terapkan Filter

  • Jika lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut cukup banyak, kamu cukup menerapkan filter pencarian untuk menyaring pekerjaan berdasarkan lokasi, bidang, dan kualifikasi yang kamu miliki.
  • Setelah menemukan lowongan pekerjaan yang cocok, bacalah deskripsi pekerjaan dengan seksama untuk memastikan kesesuaian dari kualitfikasi yang kamu miliki.

3. Kirimkan Lamaran

  • Pada deskripsi pekerjaan, biasanya terdapat Langkah-langkah mengirimkan lamaran, ikuti petunjuk pada halaman karir dan kirimkan lamaran kamu sesuai instruksi yang diberikan.

Ya, dua metode cara cari kerja di atas bisa kamu ikuti dan jika mau membuat lamaran, bisa coba cara buat lamaran kerja yang sudah kita bahas sebelumnya!

Optimalisasi Profil LinkedIn

Berbicara mengenai situs pencari kerja, LinkedIn adalah platform yang bisa kamu maksimalkan buat dapat pekerjaan sesuai keinginan, mengingat ada banyak pilihan persahaan yang mencari karyawan di LinkedIn.

Dengan demikian, maka kamu wajib mengoptimalkan profil LinkedIn agar terlihat professional di mata perusahaan yang membutuhkan. Berikut cara mengoptimalkan profil LinkedIn yang kamu butuhkan :

1. Profil Menarik

  • Tambahkan ringkasan profil yang menarik untuk menyoroti keahlian dan tujuan karir kamu.
  • Unggah foto profil profesional yang memberikan kesan positif seperti berpakaian rapi dan menggunakan jas.

2. Mencantumkan Keterampilan

  • Tambahkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu cari.
  • Dapatkan rekomendasi dari teman dan mantan kolega untuk memperkuat profil kamu di LinkedIn.

3. Aktif dalam Komunitas

  • Ikuti dan berpartisipasilah dalam grup dan komunitas yang terkait dengan industri atau bidang yang kamu minati. Tujuannya biar mendapatkan peluang mendapatkan pekerjaan seluas-luasnya.

Cara Cari Kerja lewat Aplikasi Seluler

Saat ini banyak situs pencari kerja populer menyediakan aplikasi seluler untuk memudahkan pencarian pekerjaan. Ini artinya, kamu bisa leluasa mengakses profil dan mencari pekerjaan tidak sebatas hanya memakai situs web saja.

Dengan demikian, aksesnya menjadi semakin mudah. Begini ulasannya :

1. Unduh Aplikasi

  • Unduh aplikasi pencari kerja yang diinginkan dari toko aplikasi Hp kamu. caranya masuk pada kolom pencarian lalu ketikkan nama situs pencari kerja, maka akan secara otomatis aplikasi dari situs pencari kerja muncul.
  • Setelah aplikasinya terpasang pada Hp kamu, masuk atau buat akun untuk mulai menggunakan aplikasi tersebut.

2. Atur Pencarian

  • Masukkan kata kunci pekerjaan, lokasi, dan pilihan filter lain yang sesuai dengan keinginan kamu.
  • Simpan pengaturan pencarian tersebut dan aktifkan notifikasi agar kamu mendapatkan informasi terbaru tentang pekerjaan.

Persiapan Wawancara

Jika kamu sudah berhasil dengan cara cari kerja di atas, selanjutnya kamu akan mendapatkan undangan wawancara. Oleh karena itu, persiapkan diri  semaksimal mungkin agar dapat memberikan kesan positif sehingga peluang masuk di perusahaan lebih besar.

1. Pelajari Seluk Beluk Perusahaan

  • Pelajari sebanyak mungkin tentang perusahaan tersebut, visi, misi, nilai-nilai, dan produk atau layanan yang mereka tawarkan.
  • Megnetahui latar belakang perusahaan akan membantu kamu memberikan jawaban yang relevan selama wawancara berlangsung.

2. Latihan Wawancara

  • Latih diri kamu dengan bertanya dan menjawab pertanyaan wawancara secra umum.
  • Mintalah bantuan teman atau keluarga untuk melakukan simulasi wawancara sehingga pada saatnya nanti kamu tidak akan merasa canggung. Selain itu, kamu juga bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar.

Ya, itulah beberapa cara cari kerja online yang bisa kamu terapkan jika mau dapat pekerjaan tanpa harus pergi ke perusahaan yang dituju untuk mengirimkan lamaran.

Related posts