Cara Check In Lion Air Secara Online, Ada 2 Metode Ini!

Cara Check In Lion Air
Cara Check In Lion Air

Punya rencana buat melakukan perjalanan memakai pesawat terbang? Jika ya, kamu harus tahu gimana cara buat check in pesawat terlebih dahulu. Salah satu maskapai penerbangan yang bisa kamu pilih adalah Lion Air. Menariknya cara check in Lion Air sangat mudah dilakukan.

Apalagi kamu kini bisa mencoba check in online. Melalui check in online ini, maka penumpang bisa mengisi informasi sesuai yang diinginkan dan memesan kursi untuk mengecek penerbangan sebelum keberangkatan.

Read More

Inilah kenapa maskapai penerbangan Lion AIr menawarkan check in mudah biar lebih hemat waktu dan tanpa antri. Selain itu, kamu juga berkesempatan buat dapat bonus kuota bagasi gratis hingga 2 kg. Biasanya bonus ini diberikan jika kamu check in lewat Mobile Apps Lion Air, Super Air Jet, hingga cara check in Batik Air.

Cara Check In Lion Air

Cara Check In Lion Air
Cara Check In Lion Air

Jika kamu mau melakukan check in Lion Air, kami akan bagikan gimana cara check in Lion Air Online dengan metode di bawah ini :

1. Check In Lion Air Lewat Web Resmi Lion Air

Pertama, kamu bisa coba check in online Lion Air melalui web resmi Lion Air. Ini langkah-langkahnya :

  • Silakan buka laman web Lion Air resmi di https://www.lionair.co.id/kelola-pemesanan/web-check-in.
  • Selanjutnya tekan LION AIR untuk pilihan maskapai penerbangan. Inputkan nomor konfirmasi buat tiket pesawat pada kode pemesanan. Lanjutkan dengan mengisi nama belakang untuk calon penumpang. Selanjutnya tekan cari dan akan muncul pilihan barang apa saja yang dilarang buat dibawa.
  • Jika sudah, tekan No, Continue to Check In. Selanjutnya akan ada informasi tentang jadwal keberangkatan dan penumpang. Atur kursi pada kabin pesawat.
  • Lalu tekan Check In jika informasinya sudah benar. Selanjutnya, calon penumpang nantinya akan memperoleh pilihan buat cetak boarding pass secara langsung atau lewat email.

2. Check In Lion Air Lewat Aplikasi Lion Air

Selain melalui website resmi Lion Air, kamu juga bisa coba cara check in Lion Air lewat aplikasi Mobile Lion Air berikut ini :

  • Pertama, silakan buka aplikasi Lion Air Mobile kemudian tekan online check in.
  • Jika sudah, inputkan kode booking di tiket yang biasanya terdiri atas 6 karakter, terdiri dari 6 buah huruf kapital dengan nama belakang penumpang yang mau melakukan penerbangan.
  • Lalu pahami barang bawaan apa saja yang telah memenuhi ketentuan untuk keselamatan penerbangan.
  • Tekan Lanjut jika mau melakukan check in, caranya cukup pilih nama tamu dan penerbangan sesuai tiket pesawat yang mau melakukan penerbangan.
  • Selesai.

Syarat Sebelum Check In Lion Air yang Perlu Kamu Ketahui

Jika melanjutkan cara check in Lion Air, pastikan terlebih dahulu kamu memenuhi ketentuan dan juga syarat di bawah ini :

  • Check in online bisa dilakukan, baik untuk keberangkatan rute internasional maupun domestik.
  • Nama di dalam tiket pesawat wajib sesuai kartu identitas atau KTP.
  • Proses check in online biasanya dibuka sekitar 12 jam sebelum keberangkatan. Sedangkan ditutup sekitar 45 menit sebelum keberangkatan.
  • Pada check in online domestik, umumnya penumpang tak perlu lagi buat ambil boarding pass pada counter atau tempat check in. Melainkan kamu bisa langsung pergi ke boarding gate. 
  • Sementara, untuk check in online penerbangan internasional, para penumpang tak akan mendapatkan boarding pass saat check in serta diwajibkan buat ambil boarding pass pada counter tempat check in.

Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Check In

Sesudah melakukan check in Lion Air, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut ini :

  • e-boarding pass biasanya hanya berlaku bagi rute domestik yang ada di Indonesia.
  • Dalam e-boarding pass ada informasi terkait rute perjalanan, nama penumpang, tanggal penerbangan, nomor penerbangan, nomor gate, nomor kursi dan informasi lainnya.
  • Bagi yang telah mempunyai e-boarding pass anpa membawa check baggage atau bagasi tercatat, bisa ke boarding gate secara langsung tanpa harus melakukan cetak boarding pass lagi.
  • Calon penumpang dengan bagasi tercatat cukup melaporkan bagasi ke staff yang ada di tempat check in tanpa harus mencetak boarding pass.
  • e-boarding pass bisa ditunjukkan lewat gawai ke pihak petugas avation security beserta staf boarding gate ketika melakuka boarding.
  • Penumpang bisa memastikan nomor untuk ruang tunggu kembali ketika tiba di kawasan bandara kepada pihak staff check in boarding gate atau check in counter.

Apa Saja Kelebihan Menggunakan Lion Air?

Jika kamu kebingungan saat memilih maskapai penerbangan, Lion Air bisa menjadi pilihannya. Sebab ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika memakai maskapai penerbangan Lion Air, antara lain :

1. Punya Banyak Pilihan Rute Penerbangan

Lion Air punya banyak pilihan rute perjalanan di Indonesia. Bahkan melayani 36 destinasi lebih penerbangan domestik di tahun 2021  dengan total penerbangan 226 setiap harinya.

Maskapai penerbangan ini juga punya rute yang tak dijangkau maskapai lainnya, baik itu ke Kalimana, Fak-Fak, Tarakan, Bima dan sebagainya. Adanya layanan pilihan rute dalam jumlah yang banyak bisa membuat kamu lebih mudah.

2.  Biaya Tiket Terjangkau

Salah satu alasan kenapa banyak orang memilih maskapai penerbangan ini adalah biaya tiketnya ekonomis. Jadi bagi kalian yang baru bepergian dengan pesawat pertama kali, dan mencari maskapai penerbangan murah bisa mencoba Lion Air. Wajar rasanya jika penerbangan dengan maskapai ini sangat laris.

3. Punya Layanan Pesawat Sambung

Fasilitas penunjang yang diberikan Lion Air juga sangat menarik, yakni pesawat sambung. Biasanya layanan ini diberikan jika ada keterlambatan dalam jadwal penerbangan.

Pesawat sambung terkadang lebih baik ketimbang pesawat reguler. Jika ada keterlambatan, maka kamu akan mendapat tambahan biaya buat pesawat sambung.

4. Jadwal Keberangkatan Tepat Waktu

Lion Air selalu membenahi layanannya dengan menerapkan jadwal penerbangan yang tepat waktu. Tentu saja hal ini merupakan prestasi dengan dampak bisa memenuhi kepuasan pelanggan.

5. Bisa Upgrade Kelas

Menariknya lagi, kamu juga bisa upgrade atau menaikkan layanan kelas tiket. Misalnya, kamu telah melakukan reservasi tiket ekonomi namun mau pindah ke level bisnis.

Kamu tinggal minta buat upgrade kelas saja tanpa ribet. Di maskapai penerbangan lain seringkali hal tersebut lebih sulit bahkan butuh biaya lebih tinggi.

6. Reservasi Lebih Praktis

Kamu bisa melakukan reservasi atau pemesanan tiket pesawat melalui web resmi dari Lion Air atau melalui aplikasi di Traveloka. Kalau mau, cek cara check in pesawat di Traveloka yang sudah pernah dibahas!

7. Punya Banyak Cabang Luar Negeri

Maskapai penerbangan Lion Air juga punya banyak cabang dari luar negeri. Sebab Lion Air telah bermitra dengan para pengusaha lokal dan mendirikan layanan maskapai penerbangan, berupa Thai Lion di Thailand dan Malindo Air di Malaysia.

Kesimpulan

Cara check in Lion Air memang mudah, apalagi dengan adanya layanan online yang membuat kamu lebih mudah melakukan check in tanpa harus antri di bandara. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu waktu keberangkatan pesawat saja!

 

Related posts