Cara Check In Online Batik Air dengan 3 Metode, Tanpa Antri!

Cara Check In Online Batik Air
Cara Check In Online Batik Air

Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu buat check in langsung karena kondisinya memang tidak memungkinkan, maka bisa coba alternatif lain dengan cara check in online. Salah satunya adalah cara check in online Batik Air.

Batik Air juga memberikan kemudahan kepada calon penumpangnya untuk menggunakan layanan check in online. Cara check in online Batik Air tentu saja mempermudah para penggunanya buat pesan tiket pesawat secara praktis.

Read More

Sebetulnya gak jauh beda dari cara check in online Air Asia atau maskapai penerbangan lainnya, kalian bisa menggunakan aplikasi dan web. Di Batik Air juga bisa memilih kedua cara tersebut, hanya saja ada tambahan buat check in di Traveloka!

Cara Check In Online Batik Air

Cara Check In Online Batik Air
Cara Check In Online Batik Air

Ada 3 metode buat check in online di Batik Air yang bisa kalian aplikasikan. Beberapa metode tersebut antara lain :

1. Check In Online Batuk Air dengan Website Batik Air

Cara check in online Batik Air yang pertama adalah lewat website Batik Air. Untuk tahapan-tahapan check in yang bisa kalian coba, antara lain :

  • Langkah pertama, silakan buka browser yang dapat kamu akses baik dengan menggunakan perangkat Hp atau menggunakan komputer. Selanjutnya silakan kunjungi situs resmi Batik Air di alamat : BatikAir.com.
  • Setelah masuk ke halaman utamanya, sekarang pilih menu “Check-in” yang posisinya berada di bagian atas berdekatan dengan menu lainnya.
  • Jika sudah masuk ke halaman check-in, sekarang masukkan kode pemesanan atau nomor tiket. Isikan pula nama belakang sesuai informasi pada tiket yang kamu miliki.
  • Sekarang pilih penumpang yang akan melakukan check-in di Batik Air.
  • Ikutilah petunjuk untuk memilih kursi dan bila perlu tambahkan dengan informasi lainnya.
  • Setelah semuanya selesai, lanjutkan dengan klik tombol “Check-in” sebagai Langkah bahwa proses check-in telah selesai.
  • Selanjutnya kamu akan menerima boarding pass elektronik yang dapat kamu cetak atau cukup disimpan di perangkat Hp kamu. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

2. Check In Online Batik Air Menggunakan Aplikasi Batik Air

Jika kamu gak mau ribet untuk selalu mengunjungi website Batik Air saat mau pesan dan check in pesawat, kamu bisa coba cara check in online Batik Air dengan aplikasi. Ini dia ulasannya :

  • Langkah awal, silakan unduh dan instal aplikasi Batik Air terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store, tergantung masing-masing device yang kamu pakai, baik iOS atau Android.
  • Setelah aplikasi terpasang pada perangkat, buka aplikasi Batik Air hingga terlihat menu utamanya pada layar.
  • Selanjtunya pilih menu “Check-in” atau “Manage Booking” lalu masukkan kode pemesanan atau nomor tiket. Jangan lupa, tuliskan pula nama belakang berdasarkan informasi yang tertera pada tiket kamu.
  • Berikutnya pilih penumpang yang akan check-in online dengan menggunakan aplikasi.
  • Pilihlah kursi yang kamu inginkan dan bila perlu ada tambahkan informasi, silakan lengkapi sesuai dengan keperluannya.
  • Setelah selesai, lanjutkan dengan klik tombol “Check-in” agar proses check-in bisa segera diselesaikan.
  • Boarding pass elektronik akan secara otomatis tersedia di aplikasi dan dapat kamu perlihatkan pada saat berada di bandara sebelum keberangkatan.

3. Check In Online Batik Air via Traveloka

Jika kamu gak punya aplikasi Batik Air tapi punya aplikasi Traveloka, jangan khawatir. Sebab kamu juga tetap bisa coba cara check in online Batik Air lewat Traveloka. Ini langkah-langkahnya :

  • Silakan login ke akun Traveloka, kamu bisa mendaftarnya terlebih dahulu lewat email jika belum daftar akun.
  • Pilih opsi check in atau pesanan.
  • Selanjutnya buka e-tiket, lalu klik check in oline.
  • Baca semua ketentuan yang berlaku di maskapai penerbangan Batik Air, dan kasih centang pada kolom yang ada.
  • Silakan isi data buat check in dan tekan opsi check in. 
  • Setelah boarding pass dapat kita lihat pada e-ticket serta dapat dikirim melalui email.

Jika sudah check in, kamu bisa mendapatkan boarding pass, biasanya dikirim lewat email atau berbentuk cetak yang nantinya dapat kamu tunjukkan ke pihak petugas yang ada di bandara sebelum pemberangkatan dengan pesawat.

Keuntungan Check-in Secara Online

Ketiga metode di atas sebetulnya punya fungsi yang sama yakni mempermudah kamu buat bepergian memakai Batik Air.

Sekadar informasi saja, ternyata check-in secara online memiliki banyak keuntungan yang dapat kamu perloleh. Apa saja keuntungannya? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Hemat Waktu

Kamu dapat menghemat waktu Ketika hendak bepergian dengan menggunakan maskapai udara Batik Air. Terutama bisa menghindari antrian panjang di bandara untuk check-in langsung yang sebenarnya dapat dilakukan secara online.

2. Pilihan Kursi

Kamu bisa memilih kursi penumpang dengan leluasa asalkan masih tersedia sebelum kedatangan di bandara. Dengan demikian, bisa selangkah lebih unggul dibandingkan penumpang lain yang melakukan booking langsung di bandara.

3. Boarding Pass Elektronik

Dengan check-in secara online, kamu akan menerima boarding pass elektronik yang dapat dicetak atau cukup disimpan di perangkat Hp. Sehingga nantinya dapat digunakan sesuai dengan keperluan.

4. Informasi Terbaru

Dengan memiliki akun baik pada website atau pada aplikasi, maka kamu akan mendapatkan pembaruan informasi yang berhubungan dengan penerbangan.

Misalnya saja, informasi jadwal penerbangan, perubahan pintu keberangkatan, atau informasi lainnya. Sehingga nantinya akan masuk melalui notifikasi baik pada aplikasi ataupun pada email yang terdaftar.

5. Bebas Biaya

Dengan check-in secara online, kamu tidak akan dikenai biaya tambahan. Kamu hanya membutuhkan jaringan internet saja dengan sinyal yang kuat agar proses check-in online bisa berjalan dengan lancar.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mau check in online saat bepergian lewt jalur udara memakai maskapai Batik Air. Dengan begitu, maka perjalanan kamu akan terasa nyaman dan juga menyenangkan.

Informasi Tambahan Mengenai Check-in Online Batik Air

Berikut ada beberapa tambahan informasi lainnya tentang check in online di Batik Air, antara lain :

1. Pembayaran Tambahan

Batik Air menerapkan kebijakan tambahan biaya untuk beberapa layanan, mulai dari memilih kursi prioritas atau penambahan bagasi karena barang bawaan yang cukup banyak.

Untuk selebihnya, pastikan kamu memahami kebijakan sebelum melakukan check-in pesawat online. Tujuannya agar kamu bisa dengan mudah mengatur preferensi sesuai dengan kebutuhan.

2. Batas Waktu Check-in

Pastikan melakukan check-in online sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh maskapai Batik Air. Batas waktu tersebut akan berbeda tergantung dari rute dan bandara yang kamu gunakan.

Jika melebihi batas waktu check-in, maka Batik Air berhak tidak aklan menerima check-in secara online dan mungkin saja kamu harus check-in di konter bandara.

3. Peraturan Keamanan dan Ketentuan

Selama check-in online, pastikan bahwa kamu telah mematuhi semua peraturan keamanan dan kebijakan yang berlaku. Misalnya saja, terkait batasan bagasi hingga larangan membawa barang-barang terlarang.

Jika kamu mau lebih praktis, cara check in online Batik Air bisa dijadikan sebagai alternatif paling mudah dan efektif yang bisa kamu lakukan.

Related posts