Cara Check In Traveloka ✈️ (YANG BENAR) Mudah

Cara Check In Traveloka
Cara Check In Traveloka
🛠️Tools:
  • Smartphone Android/iPhone 📱
  • PC / Laptop 💻 (Opsional)
  • Koneksi Internet 📶
  • Aplikasi Traveloka 🏨
  • Kopi ☕️
👣Langkah-langkah: Check in Traveloka
via Aplikasi Traveloka
  1. Siapkan smartphone, buka kunci layarnya agar siap digunakan
  2. Buka aplikasi Traveloka, jika belum punya download dulu di Play Store atau App Store
  3. Daftar Akun dan Login ke Traveloka
  4. Dihalaman awal Traveloka, cari dan tap menu My Booking atau Pesanan Saya
  5. Pilih salah satu pesananmu
  6. Cari tombol atau opsi menu Check-in
  7. Lakukan pembayaran dulu sesuai metode pilihanmu
  8. Sekarang kamu bisa check in sesuai jam pesananmu.

via Website Traveloka

Read More
  1. Buka dan hidupkan PC atau laptop, bisa juga pakai smartphone
  2. Buka browser, kunjungi web https://www.traveloka.com
  3. Login dengan akun Traveloka milikmu
  4. Klik menu My Booking atau Pesanan Saya
  5. Pilih dulu salah satu pesananmu, buka rinciannya
  6. Klik menu Check-in
  7. Ikuti intruksi yang diberikan hingga selesai.
Gimana sudah bisa belum? Ingin lebih jelas dan detail?
Biar lebih paham lagi, bisa lanjutkan membaca artikel dibawah ini yaa…

WIGATOS.com | Hai, travellers sudah siapkah buat rencana liburan weekend kali ini? Jika kamu mau berkunjung ke suatu tempat atau destinasi di luar kota bahkan di luar negeri, tentu yang harus kamu rencanakan adalah pesan akomodasi. Salah satunya, cara check in Traveloka bisa menjadi pilihannya!

Traveloka, nama yang sudah akrab di telinga sebagai platform buat pesan hotel atau akomodasi secara online. Melalui aplikasi ini, kamu bisa booking hotel tanpa ribet dan gak perlu mengunjungi hotelnya secara langsung. Terlebih jika kamu gak bisa menjangkau lokasi hotelnya karena ada di luar kota atau lokasinya yang jauh.

Cara Check In Traveloka

Cara Check In Traveloka
Cara Check In Traveloka

Gimana sih cara check in Traveloka? Nah, buat pengguna baru mungkin agak bingung jika harus berhadapan dengan booking atau check in hotel di Traveloka. Jangan khawatir, ada 2 cara yang bisa kamu coba buat check in hotel di Traveloka, yakni bisa lewat website resmi maupun aplikasi Traveloka.

Jika kamu mau booking hotel di Traveloka, langsung saja ini dia metode yang bisa kamu lakukan :

👓1. Check In Traveloka Melalui Aplikasi

Jika memakai aplikasi, pastinya kamu harus menginstall aplikasi Traveloka di perangkat terlebih dahulu. Aplikasi Traveloka tersedia untuk sistem operasi Android dan sistem operasi iOS. Dengan demikian, apapun perangkat yang kamu gunakan bisa mengakses aplikasi ini.

Setelah aplikasi terpasang, sekarang ikutilah langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan check-in melalui aplikasi Traveloka :

  • Buka aplikasi Traveloka di perangkat Hp kamu terlebih dahulu.
  • Selanjutnya daftar akun terlebih dahulu jika belum memiliki akun Traveloka, atau jika sudah memiliki akun Traveloka bisa langsung masuk ke akun kamu.
  • Setelah masuk, di halaman utama pilihlah menu “Pesanan Saya” atau “My Booking”. Menu ini akan membawa kamu ke halaman yang berisi daftar pesanan hotel yang telah kamu buat melalui Traveloka.
  • Atau jika kamu belum memilih hotel sama sekali, maka yang paling tepat yang perlu dilakukan adalah melakukan pencarian terlebih dahulu sesuai dengan preferensi kamu.
  • Sekarang pilihlah pesanan hotel yang ingin kamu check-in.
  • Setelah membuka halaman rincian pesanan pada hotel pilihan, carilah tombol atau opsi “Check-in” kemudian tap pada tombol tersebut.
  • Ikuti petunjuk dan instruksi yang diberikan pada layar untuk menyelesaikan proses check-in. Kamu akan mendapatkan instruksi yang tersedia di Traveloka, mulai dari memasukkan data diri hingga informasi penting lainnya.
  • Lakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang tersedia.
  • Selanjutnya, kamu akan menerima pemberitahuan bahwa telah berhasil booking di hotel tersebut untuk selanjutnya check in pada jam yang telah ditentukan sesuai ketentuan.

👓2. Check In Traveloka Melalui Website

Jika lebih suka memakai komputer atau peramban web, kamu juga bisa melakukan check-in hotel melalui website resmi Traveloka. Berikut cara check in Traveloa via web :

  • Pertama-tama, buka peramban web favorit kamu seperti menggunakan Google Chrome, Mozilla, Safari, UC Browser, dan lain sebagainya.
  • Setelah itu, pada bagian atas di kolom pencarian silakan masukkan website resmi Traveloka di alamat berikut ini : https://www.traveloka.com/ . jika sudah, klik OK atau Enter.
  • Setelah halaman utama dari website Traveloka terbuka, sekarang daftar jika belum memiliki akun Traveloka. Selain itu, bisa juga langsung log in ke akun Traveloka jika sudah memilikinya baik username dan password yang tepat.
  • Setelah berhasil login, sekarang kamu tinggal cari dan klik opsi “Pesanan Saya” atau “My Booking”. Halaman ini akan menampilkan daftar pesanan hotel yang sudah kamu buat melalui Traveloka.
  • Jika kamu belum memilih hotel sama sekali, maka pertama-tama booking salah satu hotel pilihan sesuai dengan preferensi kamu. jika sudah, lakukan proses pesanan agar bisa melakukan check in pada hotel tersebut.
  • Sekarang silakan tap pada pesanan hotel yang kamu inginkan agar bisa membuka halaman rincian.
  • Pada halaman rincian pesanan, cari kemudian tap pada opsi “Check-in”.
  • Ikutilah instruksi yang diberikan pada halaman tersebut untuk melakukan penyelesaian check-in. Pada tahap ini jika diminta untuk mengisi data diri dan informasi lainnya, silakan isi sesuai data diri dengan benar.

Kamu tinggal pilih salah satu dari cara check in Traveloka di atas, apakah mau memakai aplikasi ataukah website tergantung dari kebutuhan. Lantas, bagaimana jika mau membatalkan booking di Traveloka? Apakah uang yang sudah ditransfer bisa di refund? Ya, kamu bisa coba cara refund Traveloka dengan mudah!

👓Aturan Check In di Traveloka

Ada beberapa aturan buat check-in di Traveloka yang cukup bervariasi tergantung dari kebijakan yang diberlakukan oleh masing-masing hotel. Meskipun demikian, ada beberapa aturan umum di setiap hotel yang wajib kamu perhatikan berikut :

1. Waktu Check-in

Setiap hotel memiliki waktu check-in yang berlaku. Waktu check in merupakan waktu ketika kamu sudah mulai masuk ke kamar hotel yang dipesan sebelumnya.

Pastikan untuk memeriksa waktu check-in yang ditetapkan oleh hotel yang kamu pilih. Informasi ini akan tersedia di halaman rincian pesanan di Traveloka atau bisa juga kamu temukan di konfirmasi pemesanan yang kamu terima.

2. Identifikasi

Pada saat melakukan check-in, kamu perlu menunjukkan kartu identitas yang valid, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor. Pastikan membawa dokumen identifikasi yang sesuai dan berlaku sehingga penyelesaian check-in bisa segera diproses dan sukses

3. Proses Check In

Di hotel pilihan, kamu akan diberi instruksi oleh staf hotel mengenai proses check-in di hotel tersebut. Pada tahapan ini kamu akan diminta menandatangani formulir check-in dan memberikan informasi tambahan mulai dari nomor kontak yang bisa dihubungi dan informasi lainnya. Pastikan tetap mengikuti petunjuk yang diberikan oleh staf hotel dengan seksama.

👓Aturan Check-out di Traveloka

Seperti ketentuan check-in, aturan check-out juga bisa bervariasi tergantung dari kebijakan hotel yang kamu pilih. Beberapa prinsip umum yang berlaku untuk proses check-out melalui Traveloka akan dijelaskan berikut ini :

1. Waktu Check-out

Setiap hotel memiliki waktu check-out yang sudah ditetapkan. Ini merupakan batas waktu kamu harus meninggalkan kamar hotel. Selain itu, jika proses pembayaran belum diselesaiakn, maka kamu harus melakukan pembayaran akhir sebelum benar-benar meninggalkan hotel.

Biasanya waktu check-out yaitu pukul 12 siang. Sebelum meninggalkan hotel agar dipastikan memeriksa waktu check-out yang ditentukan oleh hotel yang dan jangan lupa untuk memeriksa properti didalam kamar jika ada kerusakan atau ada barang kamu yang tertinggal.

2. Kewajiban Pembayaran

Saat check-out, kamu akan diminta melakukan pembayaran sisa yang mungkin masih tertunggak jika sebelumnya dibayar dengan DP terlebih dahulu.

Pembayaran ini berlaku juga jika ada biaya tambahan atau penggunaan fasilitas tambahan selama kamu menginap. Pastikan juga untuk memiliki metode pembayaran yang sesuai dan cukup untuk melunasi tagihan yang wajib kamu bayar.

3. Proses Check-out

Proses check-out umumnya akan melibatkan pengembalian kunci kamar hotel dan menyelesaikan pembayaran akhir. Kamu mungkin akan diminta melakukan penandatanganan slip pembayaran atau memberikan informasi yang diperlukan. Silakan ikuti petunjuk dari staf hotel untuk memastikan proses check-out berjalan lancar.

Itulah cara check in di Traveloka berikut dengan informasi lainnya yang kamu perlukan, selamat menikmati layanan hotel yang kamu pilih dan selamat berlibur!

Related posts