Cara Check In di Bandara Mudah, Cek Step By Stepnya!

Cara Check In di Bandara
Cara Check In di Bandara

Para penumpang pesawat, sebelum pemberangkatan biasanya bakal melakukan check in terlebih dahulu. Proses check in inilah yang menjadi langkah awal ketika kamu hendak melakukan perjalanan dengan transportasi udara. Tahukah kamu, bagaimana cara check in di Bandara?

Ya, orang yang baru pertama kali melakukan penerbangan tentu saja masih bingung gimana langkah-langkah buat check in pertama kali. Tujuan check in di bandara sendiri tidak lain sebagai proses verifikasi.

Read More

Saat check in nantinya kamu akan melewati proses verifikasi identitas, penyerahan bagasi hingga proses penerimaan tiket pesawat. Oleh sebab itu, pastikan kamu mempersiapkan semua dokumen penerbangan lengkap agar proses check in berjalan tanpa hambatan.

Apa Saja Sih Syarat Check In di Bandara?

Sebelum kita bahas tentang cara check in Bandara, penting banget buat tahu apa saja ketentuan dan syarat buat check in, antara lain :

1. Tiket atau Reservasi

Tentu saja dokumen paling penting yang diperlukan ketika check in di Bandara yaitu tiket. Kamu harus punya tiket penerbangan yang telah terkonfirmasi sebelumnya. Buat tiket sendiri bisa berbentuk e-ticket maupun print out. Tergantung dari cara pemesanan tiket pesawat yang kamu gunakan.

2. Identitas Valid

Tentu saja identitas termasuk poin penting saat proses validasi data. Jadi, pastikan dulu sebelum kamu mau berangkat atau saat pemesanan tiket pesawat. Silakan cek validasi data-data, seperti KTP/SIM, dan paspor. Berkas-berkas dokumen ini sangat penting lho, buat proses penerbangan.

3. Visa dan Dokumen Perjalanan

Kamu juga perlu mengecek apakah butuh dokumen tambahan buat berjalanan ataukah tidak, pastikan pula persiapan visa jika diperlukan. Tujuannya agar proses verifikasi bisa dilakukan dengan lancar dan bisa terhindar dari masalah verifikasi saat di bandara.

4. Batasan Bagasi

Penting juga buat mengecek ketentuan dan limit bagasi maskapai penerbangan, seperti dimensi dan berat bagasi yang maskapai izinkan saat perjalanan. Selain itu, pastikan pula bagasi kamu telah memenuhi ketentuan dan persyaratan agar terhidar dari tambahan biaya.

5. Pembayaran Biaya Tambahan

Ada beberapa perusahaan maskapai penerbangan yang menyertakan tambahan biaya untuk ketentuan pemilihan kursi penumpang maupun bagasi tambahan. Jadi, pastikan kamu telah melakukan pembayaran tambahan biaya ini sebelum melakukan check in di Bandara.

Jika kamu mau bermalam dalam waktu cukup lama, kamu bisa juga menyewa apartemen dengan cara check in apartemen yang sudah kita bahas sebelumnya!

Cara Check In Bandara

Cara Check In di Bandara
Cara Check In di Bandara

Nah, setelah kamu memahami apa saja ketentuan dan syarat saat check in di Bandara, selanjutnya bisa lanjutkan untuk mengikuti cara check in di bandara sebelum pemberangkatan. Ini dia!

Pilihan Check In Bandara

Di bawah ini ada beberapa opsi check in Bandara yang perlu kamu ketahui :

  • Check-In di Meja Pendaftaran : Pilihan ini tersedia di setiap bandara maskapai penerbangan terkait. Biasanya, petugas akan membantu proses check-in, menerima bagasi yang terdaftar, dan memberikan tiket atau kartu naik pesawat untuk keberangkatan.
  • Check-In Mandiri : cukup banyak maskapai yang menyediakan fasilitas check-in mandiri. Kamu bisa memakai mesin khusus check-in secara mandiri di bandara. Caranya cukup menginputkan informasi penerbangan, pemilihan kursi, mencetak tiket, dan mendapatkan label bagasi. Ini adalah pilihan yang cepat dan nyaman terutama apabila kamu tidak membawa bagasi yang terdaftar.
  • Check-In Online : biasanya hampir semua maskapai penerbangan menawarkan check-in online yang dapat diakses dengan menggunakan situs web atau aplikasi. Kamu dapat melakukan check-in dimana saja. Misalnya, seperti dirumah atau ditempat lainnya dengan memasukkan detail penerbangan, pemilihan kursi, dan hasil akhirnya mendapatkan tiket elektronik.

Step 1 : Proses Check-In di Bandara

Setelah memilih salah satu pilihan check-in yang telah dijelaskan di atas, selanjutnya kamu tinggal mengikuti langkah-langkah umum check-in di bandara yang harus kamu lakukan :

1. Persiapkan Dokumen

Pastikan kamu sudah punya tiket penerbangan yang telah divalidasi, berikut identitas yang diperlukan seperti paspor atau kartu identitas diri seperti KTP. Penting juga buat mempersiapkan visa atau dokumen perjalanan tambahan apabila diperlukan.

2. Verifikasi Identitas

Pada meja pendaftaran, kamu akan diminta memasukkan informasi pribadi dan nomor penerbangan. Selanjutnya kamu pun akan diminta menunjukkan kartu identitas yang diminta oleh petugas.

3. Pilih Kursi

Jika kamu memiliki preferensi kursi, seperti dekat dengan jendela, lorong, atau posisinya di depan, kamu dapat memilihnya selama proses check-in jika masih tersedia.

4. Serahkan Bagasi Yang Terdaftar

Sesudah membawa bagasi yang terdaftar, petugas di meja pendaftaran akan segera meminta menyerahkan bagasi yang kamu bawa. Mereka akan menimbang sekaligus memasang label pada bagasi kamu. Pastikan sebelumnya telah mematuhi batasan berat dan juga ketentuan dimensi bagasi yang diperbolehkan.

5. Terima Tiket atau Kartu Naik Pesawat

Setelah kamu mengikuti cara check in di bandara di atas, selanjutnya kamu akan menerima tiket fisik atau kartu naik pesawat. Terima tiket tersebut agar bisa segera naik ke pesawat jika jadwalnya telah tiba.

Step 2 : Tahap Sesudah Check-In di Bandara

Setelah mengikuti cara check in di bandara di atas, ikuti langkah-langkah berikut :

1. Melewati Pemeriksaan Keamanan

Setelah mendapatkan tiket atau kartu naik pesawat, kamu diharuskan melewati pemeriksaan keamanan yang bertada di pos pemeriksaan bandara. Ini akan melibatkan pemeriksaan keamanan fisik termasuk pemeriksaan bagasi menggunakan mesin pemindai.

2. Periksa Pintu Keberangkatan

Setelah melewati pemeriksaan keamanan, ikutilah petunjuk atau tanda-tanda yang ada di bandara untuk mencari pintu keberangkatan. Pastikan telah mencatat nomor pintu keberangkatan dan waktu keberangkatan yang ditampilkan di papan pengumuman elektronik.

3. Tiba di Pintu Keberangkatan

Setelah tiba di pintu keberangkatan dengan keadaan beberapa saat sebelum waktu keberangkatan yang ditentukan. Petugas akan memeriksa tiket atau kartu naik pesawat kamu sebelum masuk ke pesawat.

Penting untuk mengetahui tahapan apa saja yang perlu kamu lakukan baik ketika check in maupun pasca check in bandara. Tujuannya, agar kamu bisa lebih nyaman saat melakukan perjalanan dengan memakai pesawat.

Larangan Ketika Check-In di Bandara

Selain mengikuti ketentuan yang ada, kamu juga wajib menghindari berbagai larangan saat check in di bandara. Ini nih langkah-langkahnya :

1. Barang Terlarang

Sangat dilarang untuk membawa barang-barang yang berbahaya atau illegal. Contoh barang yang dilarang yaitu senjata api, senjata tajam, bahan peledak, dan zat kimia yang berbahaya.

Pastikan kamu telah memeriksa daftar barang terlarang yang telah ditentukan oleh otoritas bandara atau maskapai sebelum bepergian dengan menggunakan pesawat.

2. Cairan dan Benda Tumpah

Ada Batasan tertentu jika kamu membawa cairan atau benda tumpah di dalam bagasi tangan. Aturan umum jika membawa barang yang dimaksud hanya diperkenankan membawa cairan 1000 ml per wadah, kemudian menyimpannya dalam kantong yang transparan.

3. Hewan Peliharaan

Beberapa maskapai memiliki kebijakan mengenai hewan peliharaan yang dibawah. Pastikan telah memeriksa kebijakan maskapai sebelum membawa hewan peliharaan ke bandara. Ada batasan yang harus diketahui mengenai ukuran hewan, jenis, dan jumlah Batasan hewan yang dibawa selama perjalanan.

4. Barang Berharga

Hindari membawa barang berharga seperti uang dalam jumlah yang besar, perhiasan, atau barang elektronik yang termasuk ke dalam barang mahal sesuai daftar barang yang dilarang. Sebaiknya simpan barang-barang berharga dalam tas tangan atau dibawa bersama kamu sebagai penumpang di kabin pesawat.

Panduan cara check in di bandara di atas wajib sekali buat dipahami. Ingat, untuk selalu periksa persyaratan dan kebijakan maskapai penerbangan sebelum mengudara!

Related posts