Cara Absen Fingerprint dengan Hp

Cara Absen Fingerprint dengan Hp
Cara Absen Fingerprint dengan Hp

Cara absen fingerprint dengan hp kini telah menjadi solusi praktis bagi karyawan yang sering bepergian atau tidak selalu berada di lokasi kantor pada saat jam masuk dan selesai kerja. Terutama bagi karyawan di bagian marketing atau sales yang kerap pergi ke lapangan untuk bertemu pelanggan atau klien.

Cara Absen Fingerprint dengan Hp

Cara Absen Fingerprint dengan Hp
Cara Absen Fingerprint dengan Hp

Ada dua metode yang bisa digunakan untuk melakukan absen fingerprint dengan hp, di antaranya:

Read More

Metode 1 : Cara Absen Fingerprint dengan Hp Lewat Aplikasi Mobile Attendance

Dibawah ini akan dijelaskan langkah-langkah menggunakan aplikasi mobile attendance untuk absen fingerprint dengan hp, yaitu :

1. Unduh Aplikasi Mobile Attendance

Langkah pertama adalah unduh aplikasi mobile attendance yang sesuai dengan sistem operasi pada Hp yang Kamu gunakan. Aplikasi ini dapat Kamu unduh melalui Google Play Store untuk pengguna Android atau Apple App Store untuk pengguna iOS.

2. Registrasi Akun

Setelah aplikasinya diunduh, langkah berikutnya adalah melakukan registrasi akun. Pastikan untuk mengisi informasi yang akurat dan lengkap agar akun kamu terdaftar.

3. Login

Setelah akun terdaftar pada aplikasi, selanjutnya masuk pada aplikasi tersebut dengan menggunakan username dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

4. Pilih Opsi Absensi

Setelah login, karyawan dapat memilih opsi absensi pada menu yang tersedia. Biasanya, opsi absensi terletak pada bagian bawah layar aplikasi.

5. Pilih Metode Absen

Setelah memilih opsi absensi, selanjutnya karyawan dapat memilih metode absen yang diinginkan. Metode yang tersedia dapat berupa absen masuk, absen keluar, atau absen istirahat.

6. Lakukan Absen Fingerprint

Setelah memilih metode absen yang dibutuhkan sesuai dengan keadaan karyawan. Selanjutnya karyawan dapat melakukan absen fingerprint dengan cara menempelkan jari pada sensor fingerprint yang tersedia pada hp. Pastikan untuk menempelkan jari dengan baik dan tepat pada posisinya agar absen dapat tercatat dengan baik.

7. Verifikasi dan Simpan Data

Setelah melakukan absen fingerprint, pastikan untuk verifikasi data absen dengan benar. Nantinya data tersebut akan diverifikasi dan disimpan secara otomatis.

8. Cek Riwayat Absensi

Setelah melakukan absen fingerprint, karyawan dapat mengecek riwayat absensi pada aplikasi.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka karyawan tidak perlu repot membawa perangkat tambahan atau datang ke kantor untuk melakukan absensi masuk dan absensi pulang.

Metode 2 : Cara Absen Fingerprint dengan Hp Menggunakan Scanner Add-on

Berikut penjelasan mengenai langkah-langkah menggunakan fingerprint scanner add-on berikut :

1. Beli Fingerprint Scanner Add-On

Langkah pertama adalah beli fingerprint scanner add-on yang sesuai dengan tipe hp dan sistem operasi yang digunakan.

2. Pasang Fingerprint Scanner Add-On

Setelah membeli fingerprint scanner add-on, pasanglah pada hp dengan benar. Pastikan fingerprint scanner add-on terhubung dengan hp.

3. Download Aplikasi Pendukung

Setelah fingerprint scanner add-on terpasang, silakan download aplikasi pendukung dari vendor fingerprint scanner add-on. Aplikasi tersebut biasanya tersedia pada website vendor atau dapat diunduh melalui Google Play Store atau  App Store.

5. Registrasi Akun

Setelah aplikasi pendukung diunduh, langkah selanjutnya yaitu melakukan registrasi akun. Pastikan untuk mengisi informasi yang akurat dan lengkap agar akun dapat terdaftar dengan baik.

6. Login

Setelah akun terdaftar, selanjutnya login ke aplikasi dengan menggunakan username dan password yang telah didaftarkan.

7. Pilih Opsi Absensi

Setelah login, maka karyawan dapat memilih opsi absensi pada menu aplikasi. Biasanya, opsi absensi terletak pada bagian bawah layar.

8. Pilih Metode Absen

Setelah memilih opsi absensi, karyawan dapat memilih metode absen yang diinginkan.

9, Lakukan Absen Fingerprint

Cara absen fingerprint yaitu dengan menempelkan jari pada sensor fingerprint yang terdapat pada fingerprint scanner add-on. Pastikan untuk menempelkan jari dengan baik pada bagian yang disediakan

10. Verifikasi dan Simpan Data

Setelah melakukan absen fingerprint, pastikan untuk melakukan verifikasi data dengan benar. Data tersebut akan disimpan secara otomatis pada aplikasi.

11. Cek Riwayat Absensi

Untuk melihat absensi yang dilakukan dengan car aini, lihat pada Riwayat absensi.

Terkait Fingerprint Scanner Ad-on, pastikan bahwa barang tersebut merupakan asli dari vendor khusus menyediakan alat absensi menggunakan Fingerprint.

Itulah beberapa langkah cara absen fingerprint dengan hp yang bisa kamu lakukan untuk melakukan absen. Semoga bermanfaat!

Related posts