Cara Cek Kuota XL

XL termasuk salah satu layanan operator seluler yang cukup digemari penggiat internet. Banyak orang menganggap jika paket-paket yang ditawarkan XL cukup terjangkau. Di samping itu, banyak pula pengguna yang sudah merasa puas akan layanan yang telah diberikan oleh XL. Tak terkecuali layanan kemudahan cara cek kuota XL.

Ada berbagai macam pilihan paket kuota XL yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Tapi hal ini justru cukup membuat pengguna XL kebingungan menentukan paket internet yang tepat untuk mereka.

Selain itu,  tidak jarang banyak pula yang menanyakan bagaimana cara cek kuota XL itu sendiri.

Cara Cek Kuota XL

Cara Cek Kuota XL
Cek Kuota XL

Untuk mengecek kuota XL, provider ini menyediakan berbagai pilihan metode yang bisa digunakan para pengguna. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini!

Cara Cek Kuota XL Melalui Aplikasi

Nah, cara yang pertama ini dapat Kamu lakukan dengan memakai aplikasi bernama myXL. Dimana aplikasi tersebut khusus dibuat oleh provider XL guna mempermudah para konsumen mereka dalam mengakses berbagai layanan dan informasi menarik dari XL.

MyXL sendiri dapat di download secara gratis di Play Store bagi pengguna android, sedangkan bagi pengguna iPHone bisa mengunduhnya di App Store. Untuk melakukan pengecekan kuota internet pengguna XL memakai aplikasi MyXL, ada beberapa langkah yang bisa Kamu ikuti di bawah ini :

  • Silahkan nyalakan Hpmu, lalu pastikan Kamu sudah mengunduh dan menginstall myXL di smartphone-mu.
  • Dikarenakan aplikasi tersebut bukan termasuk aplikasi bawaan, jadi Kamu harus mengunduhnya sendiri.
  • Jika belum mengunduhnya, silahkan buka App Store atau Play Store di perangkat ponselmu.
  • Silahkan download dan install aplikasi tersebut.
  • Setelah itu, silahkan buka myXL yang sudah Kamu unduh. Silahkan registrasi terlebih dahulu sesuai nomor XL-mu. Jika Kamu baru kali pertama memakai aplikasi ini, Kamu biasanya akan mendapatkan paket telepon dan bonus kuota dari XL.
  • Silahkan pilih menu “Cek Kuota” jika Kamu ingin melihat kuota internet XL yang tersisa. Setelah itu, Kamu akan ditampilkan tentang informasi kuota paket internet di layar ponsel. Dari sini Kamu juga dapat melihat informasi menarik lainnya, salah satunya ialah masa berlaku kartu XL-mu.

Uniknya lagi, lewat aplikasi MyXL Kamu tidak hanya bisa mengecek kuota internet saja, tetapi juga dapat melakukan pengisian pulsa via aplikasi. Selain itu, Kamu juga dapat melakukan pembelian paket data internet, cukup dengan memilih opsi “Buy Package“.

Tak hanya menu-menu di atas, aplikasi MyXL ini juga telah dilengkapi oleh map untuk mengecek lokasi gerai XL center di sekitarmu. Menarik bukan?

Cara Cek Kuota XL Melalui Situs Resmi XL

Selain cara cek kuota XL via aplikasi, alternatif lainnya yang bisa Kamu gunakan untuk mengecek kuota internet XL ialah website resmi operator XL.

Untuk caranya sendiri sebenarnya hampir sama seperti cara pertama, namun di sini Kamu tak perlu harus mengunduh dan menginstall aplikasi.

Hanya perlu mengakses situs web di browser Hp atau PC yang Kamu gunakan saja. Adapun ulasan cara lengkapnya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi browser di smartphone maupun laptopmu. Kamu bisa memakai Mozilla, Chrome, maupun browser lainnya yang biasa digunakan.
  • Setelah itu, langsung buka situs yang beralamatkan di https://my.xl.co.id/pre/index1.html#/profile.
  • Jika sudah memasuki tampilan utama lama website XL, Kamu akan diminta memilih setting layanan Bahasa. Kamu bisa pilih sesuai bahasa yang diinginkan.
  • Selanjutnya, geser ke samping kanan memakai tombol keyboard, bisa juga dengan scroll layar jika Kamu mengaksesnya menggunakan ponsel.
  • Silahkan masuk atau login memakai nomor XL-mu, atau memakai akun Facebook.
    Akan tetapi jika Kamu belum pernah melakukan registrasi sebelumnya di myXL, Kamu akan diminta melakukan registrasi terlebih dahulu untuk dapat mengakses website ini. Caranya dengan mendaftarkan nomor Hp XL-mu dan buat passwod untuk akses login ke situs web myXL.
  • Jika sudah sukses melakukan registrasi, selanjutnya Kamu dapat mengakses website myXL. Kemudian di laman web myXL Kamu akan melihat tampilan profil beserta nomor XL-mu. Sementara informasi tentang kuota internet XL akan terlihat di laman website.

Cara Cek Kuota XL Melalui SMS

Cara cek kuota XL lainnya ialah dengan memanfaatkan aplikasi SMS atau perpesanan. Selain itu, cara ini tidak memerlukan koneksi internet. Kamu bisa mengetahui sisa kuota XL hanya lewat SMS. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Silahkan nyalakan ponsel atau Hp-mu. Lalu buka SMS seperti biasanya.
  • Setelah itu, silahkan ketikkan nomor penerima dengan “868” untuk mengirimkan SMS tersebut. Lalu isi pesan dengan format ketik : KUOTA.
  • Khuus smartphone yang memakai dual SIM card, pilih nomor provider XL yang Kamu gunakan untuk internetan dan yang ingin Kamu cek kuotanya.
  • Lalu silahkan pilih “Kirim” atau “Send” untuk mengirimkan pesan tadi.
  • Setelah itu, silahkan tunggu beberapa lama sampai menerima pesan balasan dari 868.
  • Balasan tersebut biasanya akan menginformasikan tentang jenis paket internet XL yang Kamu gunakan, masa aktif dan sisa kuota internet. Kalaupun ada informasi tambahan, biasanya tentang penawaran layanan XL.

Cara Cek Kuota XL Melalui Dial Phone

Cara selanjutnya juga tidak memerlukan pulsa. Kamu hanya perlu melakukan panggilan ke nomor atau kode dial up yang ditentukan oleh pihak provider XL untuk bisa mengecek kuota internet XL yang tersisa.

Adapun panduan caranya ialah sebagai berikut :

  • Nyalakan Hpmu lalu pilih menu dial  atau panggilan, sama seperti Kamu akan melakukan panggilan telepon.
  • Selanjutnya, silahkan ketikkan kode *123*7*1#
  • Setelah itu, klik ikon dial phone atau telepon seperti ketika Kamu akan menelpon. Pastikan Kamu mengklik ikon sesuai kartu SIM XL yang Kamu ingin lakukan pengecekan kuota.
  • Silahkan tunggu sampai muncul pemberitahuan yang menginforasikan kuota internet XL yang tersisa.

Dalam beberapa kasus, info hasil pengecekan kuota internet via dial phone mungkin berbeda. Bisa saja berhasil, namun notifikasi yang diberikan biasanya berbentuk paket lain, atau bukan informasi tentang kuota internet. Ini bisa saja terjadi, apabila pihak XL telah menambahkan fitur/layanan baru sehingga ada perubahan urutan list menu lewat layanan dial phone di *123#.

Akan tetapi, supaya lebih aman, Kamu bisa melakukan dial phone secara bertahap untuk mengecek kuota internet XL. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Ketikkan kode *123# lalu pilih dial.
  • Lalu ketikkan angka 7. Cek Pulsa atau Kuota Paket Internet. Setelah itu, pilih “Kirim” atau “Send”.
  • Langkah ketiga, Kamu cukup ketikkan nomor yang bertuliskan “Kuota Paket Internet”. Selanjutnya klik “Send”.
  • Tunggu beberapa lama sampai muncul notifikasi kuota internet XL-mu yang tersisa.

Demikianlah ulasan cara cek kuota XL mudah lewat Hp dan laptop yang bisa Kamu tiru. Pastikan Kamu memilih cara cek yang tepat dan praktis sesuai kebutuhan. Dengan kemudahan layanan pengecekan kuota internet XL inilah, Kamu tak perlu ragu lagi saat memilih paket internet dari XL.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019