Sst… Cara Agar Tidak Overthinking ke Diri Sendiri? Gampang!

Cara Agar Tidak Overthinking
Cara Agar Tidak Overthinking

Kalau urusan satu ini, tidak hanya para wanita saja yang mengalaminya. Tapi, pria juga. Maka dari itu, pada bahasan kali ini kamu akan temukan informasi cara agar tidak overthinking. Ngaku deh,  kamu salah satunya kan?

Tenang, kita sama kok. Wajar, namanya perasaan khawatir atau gelisah itu munculnya memang secara tiba-tiba. Ya, karena satu dan lain hal yang memicu timbulnya rasa takut, cemas, atau yang biasa disebut dengan overthinking.

Apa Sisi Negatif dari Overthinking?

Lantas, apa sih kira-kira sisi negatif dari sikap overhinking tersebut? Sebenarnya ada banyak. Tetapi supaya mudah, kita rangkum saja menjadi satu, yaitu depresi. Inilah dampak buruk terparah yang akan kamu alami kalau dibiarkan.

Kesehatan mentalmu jelas akan terganggu kalau sudah mencapai tahap depresi. Oleh sebab itu, segera cari solusinya supaya pikiran negatif tersebut tidak semakin bersarang di otak kamu.

Cara Agar Tidak Overthinking

Cara Agar Tidak Overthinking
Cara Agar Tidak Overthinking

Yuk sama-sama kita hilangkan pikiran-pikiran negatif dari sekarang dengan mengikuti cara agar tidak overthinking yang akan disampaikan pada penjelasan berikut ini. Simak secara seksama ya…

1. Cari Tahu Akar Masalahnya

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghindari pemikiran negatif, yakni dengan mencari tahu penyebab dari rasa khawatirmu. Coba deh kamu ingat-ingat kembali sekiranya masalah seperti apa yang mmbuatmu anxious.

Kalau sudah ingat, langkah berikutnya kamu tinggal mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sudah paham kan sampai sini? jangan dibiarkan berlarut-larut ya pemikiran negatif kamu itu.

2. Coba Berdamai dengan Rasa Takut

Rasa takut yang berlebihan sudah termasuk ke dalam salah satu penyebab pikiranmu jadi overthinking. Untuk atasi permasalahan ini, kamu harus berdamai dengan diri sendiri. Kalahkan rasa takutmu dengan cara menghadapinya.

Meskipun tidak serta merta rasa takutnya menjadi hilang dalam sekejap. Tetapi seiring berjalannya waktu dan kamu terus berusaha untuk melawannya. Maka, pikiran negatif yang berlebih tersebut lambat laun jadi akan memudar.

3. Luangkan Waktu untuk Menyendiri

Terkadang pemikiran yang terlalu ruwet atau memusingkan menjadi pemicu terjadinya overthinking yang pastinya berdampak buruk terhadap diri sendiri. Baik dari segi mental maupun fisik. Oleh sebab itu, ada baiknya me time.

Ya, kamu butuh waktu untuk menyendiri dalam merenungi segala permasalahan hidup yang sedang terjadi. Belajar menjadi sosok yang lebih kuat dengan menumbuhkan pemikiran positif selama me time tersebut.

4. Rilekskan Tubuhmu

Cari posisi duduk yang nyaman supaya tubuh kamu terasa lebih rileks dan letakkan tangan ke bagian dada. Lalu, di atas perut kamu letakkan lagi satu tangan lainnya. Setelah itu, tarik napas perlahan dan buang melalui hidung.

Lihat dan perhatikan pergerakan napas kamu di bagian dada dan perut. Kalau masih tergesa-gesa, itu artinya kamu belum merasa tenang. Ulangi latihan ini setiap harinya sebanyak 3 kali minimal selama 5 menit.

5. Alihkan Perhatian dari Overthinking

Kesibukan dapat menjadi salah satu jalan keluar terbaik untuk mengalihkan perhatianmu dari pemikiran-pemikiran yang buruk. Caranya tentu sangat mudah. Kamu bisa mengisi waktu luang dengan menuangkan ide kreatif.

Disamping itu juga kamu bisa mengembangkan bakat alami yang ada di dalam diri kamu. Memasak, menyanyi, atau menggambar, serta masih banyak hal menarik lainnya lagi yang dapat kamu lakukan biar positive thinking loh…

Cara Agar Tidak Overthinking ke Pacar

  1. Hindari perdebatan yang hanya terbatas dari omongan orang lain. Cari faktanya terlebih dahulu
  2. Berikan rasa kepercayaan kamu terhadap pasangan kalau dia tidak akan macam-macam di luaran sana
  3. Nikmati hidupmu sendiri
  4. Temukan kegiatan menarik yang dapat kamu nikmati bersama dengan pasangan
  5. Saling terbuka satu sama lain

Kalau ternyata masih tidak berhasil karena terbukti pasangan kamu itu berselingkuh atau lainnya. Langsung putusin saja biar kamu tidak overthinking lagi. Mending ikuti cara agar uang bekerja untuk kita, biar hidup jadi happy!

Related posts