Cara Buat Absen di Google Classroom dengan 6 Step!

Cara Buat Absen di Google Classroom
Cara Buat Absen di Google Classroom

Cara buat absen di Google Classroom adalah salah satu fitur yang bisa kamu manfaatkan dari Google Classroom. Kehadiran Google Classroom ini sangat membantu untuk mengelola kelas dengan sistem daring. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot harus datang ke kelas untuk melakukan aktivitas pembelajaran.

Jika kamu ingin melakukan aktivitas belajar mengajar di Google Classroom, maka kamu bisa melakukan pengelolaan kelas termasuk membuat absensi dengan mudah di platform ini.

Read More

Cara Buat Absen di Google Classroom

Cara Buat Absen di Google Classroom
Cara Buat Absen di Google Classroom

Dengan membuat absen di platform ini, dapat membantumu mendapatkan kemudahan dalam mengatur kelas atau murid meskipun tidak langsung bertatap muka. Untuk menggunakan Google Classroom dalam membuat absensi kelas, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut :

1. Cara Buat Absen di Google Classroom dengan Akses Google Classroom

Akses terlebih dahulu Google Classroom dengan menggunakan akun Google yang terhubung ke kelas yang ingin kamu buat absennya.

2. Pilih Kelas yang Tepat

Selanjutnya, pilih kelas di platform Google Classroom yang sesuai dengan sesi atau pertemuan yang akan kamu buat daftar absennya.

3. Buka Tab “Absen”

Di panel navigasi kelas, silakan klik pada tab “Absen” yang posisinya berada di bagian atas.

4. Tambahkan Tanggal dan Topik Absen

Cara buat absen di Google Classroom berikutnya, klik tombol “Tambahkan Tanggal” untuk memilih tanggal absen. Kemudian masukkan topik atau judul absen yang relevan sesuai dengan pertemuan yang dilakukan melalui Google Classroom.

5. Tandai Siswa Hadir atau Tidak Hadir

Pada daftar siswa yang muncul, mulailah untuk menandai siswa yang hadir dengan mengklik kotak hadir atau absen. Selain itu kamu juga dapat menambahkan catatan tambahan jika diperlukan pada siswa yang bersangkutan.

6. Selesaikan Absen

Setelah menandai kehadiran semua siswa yang hadir pada saat itu, klik tombol “Simpan” atau “Kirim” untuk menyimpan dan menyelesaikan absen.

Kelebihan Cara Absen di Google Classroom

Selain kemudahan menggunakan Google Classroom, fitur absen di Google Classroom menawarkan beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat khusus bagi tenaga pendidik. Berikut ada beberapa keunggulan fitur absen di Google Classroom yang perlu kamu ketahui :

1. Menghemat Waktu dan Mengurangi Penggunaan Kertas

Dengan menggunakan absen digital di Google Classroom, pendidik dapat menghemat waktu. Karena dari yang sebelumnya dihabiskan untuk mencetak lembaran daftar absen, mendistribusikan, dan mengumpulkan absen secara fisik, kini semuanya tidak perlu dilakukan. Selain itu, Google Classroom juga membantu mengurangi penggunaan kertas dan berkontribusi pada lingkungan yang berkelanjutan.

3. Akses Mudah dan Real-Time

Absen menggunakan platform Classroom ini, dapat diakses dengan mudah oleh pendidik termasuk siswa yang sedang belajar. Siswa dapat memeriksa kehadiran mereka sendiri dan melihat apakah mereka sudah ditandai hadir atau belum ditandai sama sekali. Pendidik juga dapat melihat dan memperbarui absen secara real-time, sehingga informasi akan diterima secara akurat dan terkini.

4. Menyediakan Data Absensi yang Terorganisir

Secara otomatis Google Classroom menyimpan data absensi yang sudah terorganisir. Pendidik dapat melacak kehadiran siswa dari waktu ke waktu dan menganalisa pola absensi. Data ini dapat berguna khusus untuk melacak kehadiran siswa, memantau ketidakhadiran, dan memberikan umpan balik yang tepat kepada siswa dan orang tua.

5. Memfasilitasi Kolaborasi dan Komunikasi

Classroom juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara pendidik, siswa, bahkan dengan orang tua siswa. Jika seorang siswa absen, pendidik dapat memberikan informasi dan instruksi tambahan melalui Google Classroom. Orang tua juga dapat melihat kehadiran anak mereka dan terlibat langsung dalam proses pendidikan melalui platform Google Classroom.

Absen di Google Classroom adalah fitur yang efisien dan dapat menghemat waktu bagi pendidik. Dengan mengikuti langkah-langkah yang jelas seperti yang dipaparkan di atas, maka pendidik dapat membuat absen dengan mudah dan menyimpan data kehadiran siswa secara tertata. Semoga bermanfaat.

Related posts