Cara Mengetahui Nomor EFIN

EFIN merupakan singkat dari Electronic Filling Identification Number, di mana EFIN adalah nomor khusus bagi para wajib pajak (WP) yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Fungsi nomor EFIN ini adalah untuk melakukan berbagai aktivias terkait urusan pajak. Salah satu kegunaan EFIN yang paling menonjol adalah ketika melaporkan SPT sampai pada pembuatan kode billing jika akan melakukan pembayaran pajak. Oleh karena itu, penting sekali cara mengetahui nomor EFIN.

Untuk urusan kewajiban pajak, tentu saja kalian harus mengingat nomor EFIN. Jika sulit menghafalkan nomor EFIN tersebut, setidaknya kalian bisa menyimpan catatan nomor EFIN di tempat aman. Bisa juga dengan menyimpannya menggunakan notepad, atau Office.

Read More

Namun pertanyaannya, apakah kalian tahu bagaimana cara mengetahui nomor EFIN? Jangan khawatir, karena disini kita akan bahas tentang nomor EFIN pajak.

Bentuk Nomor EFIN dan Fungsinya

Jika kalian belum mengetahui tentang bentuk dari nomor EFIN, nomor EFIN ini biasanya berupa kumpulan kode unik, sebab di setiap nomor EFIN biasanya diawali oleh kata EFIN.

Contoh nomor EFIN : EFIN 1234567890

Jika dilihat dari contoh di atas, maka dapat disimpulkan bahwa nomor EFIN terdiriatas 10 digit kombinasi nomor unik yang dicirikan sebagai nomor identitas Wajib Pajak.

Fungsi EFIN yaitu untuk melindungi semua data-data. Dalam mengakses EFIN memerlukan kata sandi yang kalian tentukan sendiri,  sehingga tidak sembarang pihak dapat mengakses data kalian.

Beberapa fungsi EFIN diantaranya :

  • Untuk dijadikan alat autentifikasi supaya setiap transaksi dan pelaporan pajak yang dilakukan berbasis elektronik dapat dienkripsikan, agar rahasianya terjamin.
  • Wajib pajak dapat mengakses layanan perpajakan online. Sehingga tidak perlu antre lagi ke kantor pajak ketika ingin melaporkan pajak per tahun.
  • Jika ingin melaporkan pajak untuk tahun-tahun yang selanjutnya, kalian dapat melaporkannya secara online, sehingga data kalian sudah dapat terekam dalam sistem pajak.

Ketentuan Nomor EFIN

Ada beberapa ketentuan yang perlu diketahui oleh Wajib Pajak (WP) mengenai nomor EFIN, di antaranya :

  • EFIN digunakan oleh wajib pajak sebagai identitas diri ketika akan melakukan transaksi secara elektronik untuk melaksakan hak maupun kewajiban perpajakan bersama Direktorat Jenderal Pajak.
  • Nomor EFIN bisa dipakai oleh Wajib Pajak dalam hal mendaftarkan diri dalam urusan layanan elektronik di Direktorat Jenderal Pajak.
  • EFIN memiliki sifat rahasia dan digunakan untuk alat autentikasi.
  • Bagi pemilik nomor EFIN, berkewajiban untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan EFIN dari pengguna yang tidak sah.

Cara Mengetahui Nomor EFIN

Cara Mengetahui Nomor EFIN
Tutorial Mengetahui Nomor EFIN

Tutorial Mengetahui Nomor EFIN

Jika kalian lupa nomor EFIN, ada beberapa opsi cara mengetahui nomor EFIN yang bisa dicoba, diantaranya sebagai berikut :

Metode 1. Cek EFIN via Email

Umumnya nomor EFIN akan di kirimkan melalui alamat email yang kalian daftarkan. Ini merupakan salah satu cara mengetahui nomor EFIN paling mudah yang bisa kalian lakukan selama email tersebut belum di hapus pada kotak masuk email. Simak panduannya berikut :

  • Buka aplikasi email yang digunakan. Contoh : Gmail.
  • Masuk pada kotak masuk, kalian jangan mencarinya dengan scroll ke bawah karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi banyak email yang masuk dari luar. Langkah sederhananya adalah dengan masuk pada kolom pencarian.
  • Pada kolom pencarian, cukup ketik : EFIN

  • Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian berhasil dilakukan.
  • Jika kalian beruntung karena email belum terhapus, maka akan ada email mengenai nomor EFIN yang dikirimkan oleh direktorat jenderal pajak.
  • Simpan nomor EFIN tersebut untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Metode 2 : Menghubungi Kantor Pelayanan Pajak

Jika cara pertama tidak bisa dilakukan dengan alasan email yang berhubungan dengan EFIN telah terhapus, kalian bisa coba cara berikutnya. Cara mengetahui nomor EFIN selanjutnya bisa dilakukan dengan menghubungi Kantor Pelayanan Pajak yang menerbitkan nomor EFIN kalian.

Untuk mengetahui nomor Kantor Pelayanan Pajak sesuai daerah, silakan cari pada situs resminya agar bisa ditemukan nomor telepon atau nomor whatsapp yan bisa dihubungi. Langkah-langkahnya yaitu :

  • Ajukan permohonan layanan lupa EFIN kepada petugas terkait.
  • Persiapkan beberapa data pendukung sebagai dasar Proof of Record Ownership (PORO), setidaknya identitas diri harus di ketahui oleh pemilik nomor EFIN.

Karena nomor EFIN merupakan nomor yang sangat sensitif dan tidak boleh diketahui oleh orang lain untuk menghindari penyalahgunaan. Lebih baik gunakan kartu SIM hanya untuk satu kali layanan lupa EFIN. Apabila di kemudian hari lupa nomor EFIN kembali, lebih baik menggunakan nomor pada kartu SIM yang lain.

Metode 3 : Melalui Agen Kring Pajak

Selain menghubungi nomor telepon atau WhatsApp pada Kantor Pelayanan Pajak setempat, kalian pun bisa menggunakan layanan Agen Kring Pajak, di antaranya :

1. Akun resmi Twitter : @kring_pajak.

Akun ini bisa kalian gunakan untuk menanyakan nomor EFIN yang lupa. Caranya bisa dengan mention atau melakukan direct message (DM) agar bisa memberitahukan permasalahan secara privasi. Nantinya admin dari @kring_pajak akan meminta sejumlah dokumen yang berhubungan dengan nomor EFIN. Kalian cukup ikuti perintah yang di instruksikan oleh admin. Dengan begitu, nomor EFIN bisa didapatkan kembali.

2. Nomor Telepon Pusat : 1500200.

Nomor ini dikhususkan bagi para Wajib Pajak Orang Pribadi. Kalian akan dimintai sejumlah data diri dan dokumen pelengkap lainnya. Apabila dirasa sudah cocok dengan disesuaikan pada database di DJP, maka petugas terkait akan memberikan nomor EFIN sesuai yang diminta.

Sekedar informasi saja, bahwa nomor 1500200 bukan hanya digunakan untuk meminta bantuan mengetahui nomor EFIN, akan tetapi bisa dilakukan untuk meminta bantuan lainnya dan keluhan-keluhan yang di alami para Wajib Pajak untuk meminta solusi.

Adapun pelayanannya mulai dari jam 08.00 – 16.00 pada hari kerja setiap senin hingga jumat.

3. Live chat di situs resmi : www.pajak.go.id.

Bukalah situs resmi tersebut dengan menggunakan browser. Supaya pelayanan dengan live chat bisa lebih maksimal, kalian bisa menggunakan perangkat komputer/laptop. Hal ini dikarenakan kalian lebih leluasa mengakses fitur tersebuT. Caranya, klik logo chat yang muncul di laman tersebut, lalu sampaikanlah keluhannya terkait lupa nomor EFIN.

Untuk menghubungi ketiga layanan kring pajak di atas,  sebaiknya kalian harus sudah mempersiapkan dokumen penting sebelumnya supaya lebih cepat dilayani.

Berkas Pendukung Untuk Mendapatkan Nomor EFIN

Karena permasalahannya lupa nomor EFIN dan kalian melakukan metode di atas, maka yang paling penting adalah dokumen-dokumen pendukungnya. Tujuannya agar permintaan untuk mendapatkan kembali nomor EFIN bisa dilayani dengan baik. Adapun beberapa dokumen penting yang wajib dipersiapkan yaitu :

  • Identitas diri dengan dibuktikan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.
  • Nama dan alamat lengkap sesuai dengan KTP.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Alamat email dan nomor hp yang digunakan ketika mendaftar nomor EFIN pertama kali.
  • Tahun pajak terakhir yang dibuktikan melalui Surat Pemberitahuan Teakhit (SPT) pajak.

Data di atas harus kalian persiapkan terlebih dahulu, terutama jika ingin meminta bantuan melalui pelayanan kring pajak karena selanjutnya akan mencocokkan dengan database yang ada. Apabila sesuai dengan database yang sudah terekam oleh DJP, maka selanjutnya kalian akan mendapatkan infomasi dari email resmi : [email protected] dalam bentuk file PDF.

Itulah cara mengetahui nomor EFIN yang bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Semoga bermanfaat!

 

Related posts