Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar, Tak Perlu Beli Baru!

Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar
Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar menjadi solusi pilihan bagi mereka yang memiliki gangguan pendengaran. Namun, terkadang alat tersebut bisa bermasalah sehingga pengguna perlu tahu cara memperbaiki alat bantu dengar.

Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar

Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar
Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki saat alat bantu dengar rusak atau tidak berfungsi semestinya:

1. Memeriksa Kondisi Alat Bantu Dengar

Pertama, coba periksa apakah alat bantu dengar yang kamu gunakan sudah dalam keadaan menyala. Jika sudah menyala tapi tidak mendengar suara apapun, maka kamu bisa mengecek pntu baterai. Pastikan bahwa pintu baterai sudah tertutup sempurna, lalu nyalakan alat.

Apabila terdapat kontrol volume, kamu juga sebaiknya memastikan bahwa alat bantu dengar tidak dalam mode sunyi atau volume minimum.

2. Mengecek Baterai

Sebagaimana alat elektronik lain, alat bantu dengar memerlukan daya listrik untuk bekerja. Oleh karena itu penting untuk memastikan bahwa baterai terpasang dalam kondisi yang tepat.

Baterai tersebut memiliki sisi datar sebagai kutub positif. Pastikan bahwa posisi pemasangan baterai sudah benar sehingga bisa menyalakan alat bantu dengar.

Pastikan juga bahwa baterai yang digunakan masih memiliki daya yang mencukupi dan bukan baterai mati.

3. Memeriksa Adanya Kotoran

Adanya kotoran bisa menjadi penyebab alat bantu dengar tidak menghasilkan suara. Materi seperti kotoran telinga, minyak, maupun bahan asing lain bisa menumpuk pada alat bantu dengar sehingga membuat fungsinya terganggu.

Apabila terdapat kotoran, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu. Pembersihan alat bantu dengar bisa menggunakan tisu atau kain kering bersih, sikat pembersih, kawat khusus, atapun multi tool.

Melansir dari Hello Sehat, cara membersihkan alat bantu dengar sedikit berbeda tergantung pada jenis alat. Berikut penjelasannya:

  • Pertama, lepaskan alat bantu dengar dari telinga, lalu usap menggunakan kain lembab. Lanjutkan membersihkan seluruh bagian alat menggunakan sikat pembersih atau tisu kering. Pastikan kamu juga membersihkan kotoran dari bagian earmold.
  • Pada alat jenis ITE (in the ear), periksa kotoran pada bagian lupang di area depan. Jika ada kotoran, sikat perlahan dengan kuas sambil memegang dengan posisi ke bawah
  • Sedangkan untuk jenis BTE (behind the ear), lubang terdapat pada bagian badan. Bersihkan bagian lubang kecil dengan lembut hingga kotoran jatuh ke bawah. Kamu bisa membersihkannya dengan kawat khusus.
  • Mengganti wax guard jika alat tidak lagi berkerja dengan maksimal. Lepaskan wax guard dengan menekan pada sisi tongkat kecil, lalu tarik perlahan.
  • Setelah dibersihkan, pastikan kamu mengeringkan alat. Bisa menggunakan hair dryer atau kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan, tapi pastikan tidak terlalu dekat.

4. Mengeringkan Alat

Alat bantu dengar bisa rusak jika terkena air, terutama alat yang tidak memiliki fitur anti air.

Jika alat bantu dengar yang kamu gunakan terkena air, misalnya karena dibawa mandi atau renang, kamu perlu mengeringkannya. Caranya cukup meletakkan alat di tempat panas, tapi pastikan tidak terkena sinar matahari langsung.

Setelah kering, periksa apakah alat sudah berkerja dengan normal seperti semula.

5. Mengecek Program yang Digunakan

Alat bantu dengar bisa dilengkapi beberapa program sekaligus. Sejumah program dirancang untuk penggunaan pada lingkungan tertentu.

Sebagai contoh, alat bantu dengar memiliki program untuk tempat sepi. Maka suara dari alat bisa tidak terdengar jika kamu berada di tempat yang terlalu berisik.

Jika kamu menggunakan program yang tidak tepat, maka kamu harus menggantinya dengan program yang sesuai.

Itulah cara memperbaiki alat bantu dengar yang bisa kamu lakukan di rumah. Jika alat bantu dengar tidak bisa diperbaiki dengan cara-cara di atas, maka kamu sebaiknya membawa ke tenaga ahli.

Related posts