Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Kehadiran Youtube sejak dulu, memang telah memberikan angin segar bagi orang-orang kreatif. Selain sebagai wadah kreativitas, adanya Youtube tentu saja bisa menghasilkan keuntungan karena kita bisa menghasilkan tambahan penghasilan dari platform ini. Sebenarnya cara mendapatkan uang dari Youtube, tak jauh berbeda dari platform Google lainnya, yakni dengan mengaktifkan layanan Adsense.

Adsense ini berbasis periklanan Google. Jadi jika Kamu setiap hari mendapatkan sebanyak 50 ribu viewers di platform Youtube dengan tingkat engagement setidaknya 7%, Kamu bisa menghasilkan sekitar Rp. US$8000. Nilai tersebut jika dikonversikan ke dalam rupiah bisa mencapari Rp. 112 juta. Wow, angka yang fantastis bukan?

Read More

Namun sayangnya, Adsense pada platform Youtube saat ini terbilang ribet. Bahkan syarat aktivasinya pun cukup banyak. Meskipun demikian, tentu hal ini tidak membuatmu patah arang. Jika Kamu tertarik mencoba mendapatkan uang dari Youtube, tak ada salahnya mencoba cara mendapatkan uang dari Youtube berikut!

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube
Mendapatkan Uang dari Youtube

Tutorial Dapatkan Uang dari Youtube dengan Adsense

Di bawah ini, ada beberapa panduan cara mendapatkan uang dari Youtube yang bisa Kamu coba praktekkan, diantaranya :

1. Bergabung Dalam Program Partner Youtube

Metode yang memungkinkan channel Youtube-mu menghasilkan uang ialah dengan periklanan Adsense melalui Youtube Partner Program. Untuk kemudian pendapatan yang Kamu peroleh dari iklan pun akan dibagi, 60% menjadi milikmu dan 40%-nya menjadi milik Youtube.

Walaupun demikian, Kamu tetap dapat menikmati banyak kemudahan saat bergabung ke dalam partner program yang satu ini. Berikut diantaranya :

  • Kamu tak perlu repot mendapatkan sponsor sendiri, sebab Youtube sendiri yang akan menjembataninya.
  • Imbalan PPC (Pay Per Click) atau jumlah iklan di klik serta CPM atau jumlah bayaran setiap 1000 viewers-nya bersaing.
  • Kamu bisa melakukan pengaturan berapa kali kemunculan iklan.
Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi YouTube

Jika uang yang sudah terkumpul setara US$100 alias Rp. 1,4 juta jika dikonversikan, Kamu bisa langsung mencairkannya.

Tapi tentu saja jika ingin menampilkan Adsense, maka tentu saja harus memenuhi berbagai persyaratannya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang tidak menyertakan ketentuan sama sekali. Adapun kriteria yang harus dipenuhi ialah sebagai berikut :

  • Minimal harus berusia 18 tahun atau wajib mencari wali dengan usia yang sudah legal agar pembayaran dapat ditransfer.
  • Memiliki setidaknya 1000 subscribers.
  • Tidak melanggar ketentuan dan syarat monetisasi.
  • Channel Youtube-nya sudah ditonton hingga 4000 jam lebih selama setahun.

Namun dalam aturan baru ini, Kamu harus tahu bahwa tak semua channel Youtube bisa lolos. Jika kanal Youtubemu dianggap kurang ramah pengiklan alias advertiser friendly istilahnya, maka iklan adsense pun tak akan muncul. Adapun contoh video Youtube yang tak ramah pengiklan ialah, seperti video aksi berbahaya, teori konspirasi, dan video aksi kriminal.

2. Berjualan Merchandise

Pendapatan dari Google Adsense saja mungkin tidak cukup. telrebih jika ternyata banyak dari videomu yang mengalami demonetisasi. Secara otomatis, Kamu harus putar otak untuk mencari sumber penghasilna yang lain. Dalam hal ini, Kamu dapat mencoba peruntungan lain di Youtube dengan berjualan merchandise. Namun Kamu harus ingat, pastikan merchandise-mu harus laku. Jika tidak, justru bisa merugi.

Lalu, gimana sih biar merchandise cepat laku? Jika Kamu sudah memiliki banyak pelanggan, tentu Kamu sudah memiliki banyak audiens. Terlebih jika tingkat engagement-nya tinggi, biasanya mereka tak ragu lagi untuk membeli produk merchandise-mu.

Di samping itu,Kamu juga harus memastikan produk merchandise-mu bagus, entah itu dari segi desainnya maupun kualitas. Biasanya merchandise yang akan laku bisa digunakan kemanapun. Kamu bisa berjualan tote bag, buku catatan, phone case, dan lain sebagainya. Jika tidak memiliki modal awal untuk produksinya, tak ada salahnya Kamu menggunakan layanan bernama on demand, jadi bisa dibuat jika ada pesanan saja.

Terkait:  Cara Membuat Akun Youtube

3. Channel Memberships

Cara mendapatkan uang dari Youtube lainnya ialah dengan channel memberships. Misalnya saja, Kamu orang produkti yang selalu menghasilkan video yang berkualitas. Selain itu, kebetulan pula ada banyak orang yang menonton dan berlangganan, sebaiknya jangan ragu mengaktifkan layanan ini. Pasalnya, disini audiens atau penontonmu akan melakukan pembayaran biaya bulanan hanya untuk mengakses berbagai konten eksklusif.

Selain itu, sama seperti program partner, Kamu juga harus memenuhi persyaratan berikut ini untuk bisa bergabung :

  • Minimal berusia 18 tahun
  • Wajib berasal dari wilayah/negara yang telah menerapkan program ini.
  • Bukan termasuk channel khusus anak-anak.
  • Telah mengaktifkan layanan Youtube Partner Program.
  • Mempunyai minimal 30 ribu pelanggan bagi channel umum alias 1000 pelanggan bagi kanal gaming.

Memang persyaratannya cukup banyak, namun jika Kamu berhasil lolos maka pendapatan ekstra dari Youtube akan mengalir terus.

4. Mencoba Program Afiliasi

Sebenarnya program afiliasi sendiri berbeda dari influencer marketing. karena biasanya jumlah bayaran dari influencer marketing telah disepakati sejak awal. Sementara afiliasi memungkinkanmu mendapatkan hasil sesuai performa atau kualitas videomu. Sehingga semakin banyak penonton atau audiens yang bertransaksi lewa tautan afiliasimu, tentu saja komisi yang didapatkan akan semakin besar.

Kamu harus tahu bahwa afiliasi sendiri telah menjadi tren besar bahkan di mancanegara. Perolehannya pun ternyata dapat menyaingi penghasilan lainnya.

Supaya hasilnya lebih optimal, sebaiknya pastikan memakai afiliasi yang sesuai dengan niche video yang Kamu buat. Tapi ingat, jangan buat vlog tentang travelling jika link afiliasinya menuju situs web jasa domain dan hosting.

5. Influencer Marketing

Cara mendapatkan uang dari Youtube ini sebenarnya tidak berlaku bagi semua orang atau channel Youtube, terlebih jika Kamu baru memulai atau masih newbie. Namun, jika Kamu telah mengumpulkan banyak subscribers yang memiliki tingkat interaksi mengesankan, sebaiknya jangan ragu memanfaatkannya.

Terkait:  Cara Mengambil Uang dari Youtube

Dalam tingkat “influencer” sendiri, Kamu bisa mengontak brands supaya mereka mau mensponspori setiap video yang Kamu buat. Lain halnya dengan Adsense, dimana uang yang dapat Kamu peroleh dengan influencer marketing bisa masuk ke dalam kantongmu 100%.

Meskipun terdengar menggiurkan, tetap saja Kamu wajib mematuhi semua persyaratan dari pihak Youtube untuk setiap konten video yang disponsori. Adapun salah satunya dengan mencentang opsi jika videomu telah mengandung iklan promosi yang berbayar saat mengunggahnya.

Selanjutnya Kamu harus mengemas video promosinya secara maksimal. Jika videonya asal-asalan atau bahkan diulang-ulang, tak menutup kemungkinan membuat audiensmu justru merasa kesal. Brand lain bahkan harus pikir-pikir dulu jika diajak untuk bekerja sama.

Mengingat di sini Kamu leluasa melakukan negosiasi untuk brand, sebaiknya pastikan seluruh prosesnya dapat berjalan profesional. Tujuannya untuk mempertahankan reputasi, karenanya membuka kesempatan untuk diajak dalam ajang promosi berikutnya.

Nah, itulah 5 cara mendapatkan uang dari Youtube yang bisa Kamu coba praktekkan. Sebenarnya jika channel Youtubemu sudah berkembang, entah itu dilihat dari kuantitas maupun kualitas videonya, akan lebih mudah menerapkannya. Namun berbeda bagi pemula yang baru saja memulai channel Youtube, pastinya membutuhkan usaha lebih keras lagi. Meskipun demikian, jangan patah semangat untuk tetap memajukan channel Youtubemu.

Related posts