Cara Pilih Kurir Di Shopee

Cara Pilih Kurir Di Shopee
Cara Pilih Kurir Di Shopee

Cara pilih kurir di Shopee yang benar harus kamu perhatikan ketika ingin melakukan pengiriman barang di layanan marketplace satu ini. Mengapa demikian? Sebab agar kamu tidak menyesal setelah memilih salah satu jenis pengiriman yang disediakan.

Namun jika kamu masih bingung dengan bagaimana cara melakukannya, maka tenang saja sebab kamu bisa memahami dan mengikuti panduan yang akan kami berikan pada artikel berikut ini.

Jenis-jenis Pengiriman Di Aplikasi Shopee

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama terkait bagaimana cara pilih kurir di Shopee, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis pengiriman di aplikasi Shopee ini. Sebab ketika checkout, kamu tidak akan lagi menemukan opsi jasa pengiriman seperti JNE, JDT, SiCepat, ataupun lainnya. Pihak Shopee hanya akan menampilkan opsi pengiriman seperti pengiriman regular, hemat, next day, dan masih ada banyak lainnya.

Berikut ini adalah daftar opsi pengiriman di Shopee beserta perbedaannya masing-masing.

  1. Jasa Kirim Instan

Pilihan opsi pengiriman yang pertama adalah jenis kirim instan. Pengiriman ini berupa tipe layanan pengiriman secara instant yang hanya mencakup pengiriman dalam kota saja. Biasanya, lama pengiriman jenis ini hanya membutuhkan waktu sampai 3 jam saja. Apabila lokasimu terletak hanya 3 km dari tempat penjual, maka memilih jasa pengiriman ini adalah solusi terbaik bagimu.

Adapun kurir-kurir yang masuk dan terdaftar dalam jenis jasa kirim ini, yaitu sebagai berikut.

  • Shopee Express Instant
  • GoSend Instant
  • Grab Express Instant
  1. Pengiriman Same Day

Jenis pengiriman Same Day ini, sebenarnya hampir sama dengan pengiriman instant. Same Day juga hanya membutuhkan waktu pengiriman selama satu hari. Hanya saja pengiriman ini menawarkan pengiriman kilat 5 sampai 8 jam. Meskipun waktu pengirimannya terkesan lebih lama, namun jenis ini masih belum mendukung pengiriman luar kota. Sedangkan untuk kurir-kurir yang terdaftar pada Same Day adalah.

  • Shopee Express Sameday
  • GoSend Sameday
  • Grab Express Sameday
  1. Pengiriman Next Day

Pihak Shopee juga menyediakan pilihan opsi pengiriman Next Day yang mempunyai estimasi waktu selama 1 hari untuk proses pengiriman dalam kota. Sedangkan untuk pengiriman luar kota, hanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 hari saja. Kurir yang mendukung jenis pengiriman ini adalah JNE YES.

  1. Pengiriman Reguler

Pengiriman regular Shopee ini merupakan layanan pengiriman regular yang memberikan estimasi waktu pengiriman antara 2 sampai 4 haru untuk pengiriman dalam kota. Sedangkan pengiriman luar kota membutuhkan waktu 2 sampai 7 hari. Banyak sekali kurir Shopee yang mendukung layanan pengiriman satu ini. Berikut adalah daftar jasa kirim untuk tipe layanan pengiriman regular.

  • Shopee Express Standard
  • SiCepat REG
  • JNE Reguler
  • JDT Express
  • ID Express
  • Antareja
  • Ninja Xpress
  • Pos Kilat Khusus
  1. Pengiriman Hemat

Apabila kamu tidak ingin segera memakai produk yang sudah kamu pesan dan ingin menghemat ongkir, maka kami menyarankan untuk menggunakan jenis jasa kirim hemat ini. Layanan pengiriman satu ini mempunyai estimasi waktu 2 sampai 11 hari untuk pengiriman dalam negeri dan 9-25 hari untuk pengiriman luar negeri.

Adapun kurir-kurir yang mendukung dan terdaftar dalam pengiriman satu ini, antara lain adalah sebagai berikut.

  • JDT Ekonomi
  • SiCepat HALU
  • Antaraja Economy
  • Shopee Express Hemat
  1. Pengiriman Kargo

Jenis pengiriman yang terakhir adalah kargo yang bisa kamu gunakan untuk mengorder barang yang super berat. Kargo inilah yang menjadi solusi paling tepat untukmu. Estimasi pengrimannya sedikit lebih lama dari pengiriman regular dan hemat, yaitu sekitar 3 sampai 12 hari. Kurir yang mendukung jenis pengiriman ini adalah JNE Trucking dan SiCepat Gokil.

Cara Pilih Kurir Di Shopee

Cara Pilih Kurir Di Shopee
Cara Pilih Kurir Di Shopee

Setelah kamu mengetahui apa saja jenis jasa pengiriman di Shopee, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara pilih kurir di Shopee yang baik dan benar. Terkait hal ini, kamu tidak perlu khawatir lagi sebab kami sudah menyiapkan panduan lengkapnya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

Langkah 1: Masuk Ke Aplikasi Dan Lakukan Pembelian

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Shopee melalui dua PC atau smartphone. Apabila kamu sudah masuk, maka tulis nama barang di kolom pencarian yang ada di bagian paling atas layar menu. Kemudian, kamu akan muncul seluruh barang yang direkomendasikan. Pilihlah salah satu barang dan klik masukkan keranjang.

Atau juga kamu bisa memilih beli sekarang dan akan langsung melakukan pembayaran. Jangan lupa juga untuk memilih jumlah barang yang akan dibeli dan kemudian klik beli sekarang untuk kedua kalinya.

Langkah 2: Masukkan Alamat

Setelah melakukan langkah pertama, maka kamu akan dialihkan ke halaman checkout. Halaman ini akan menampilkan alamat pengiriman secara lengkap dengan menggunakan nomor telepon, jenis barang dan jumlahnya, opsi pengiriman, voucher Shopee, hingga metode pembayaran. Kemudian kamu klik alamat pengiriman dan isilah seusai dengan tujuan pengiriman secara lengkap.

Langkah 3: Tekan Kirim

Perlu kamu ketahui, bahwa kamu juga bisa mengirim barang sebagai seorang dropshipeer dengan memindahkan kirim sebagai dropshipper ke bagian kanan dan isi nama pengirim serta nomor telpon.

Langkah 4: Pilih Jasa Pengiriman

Setelah itu, kamu pilih opsi pengiriman untuk memilih jasa pengiriman yang ditawarkan oleh pihak Shopee. Lanjut dengan klik ambil di tempat agar bisa memilih untuk mengambil barang di Gudang jasa pengiriman tempat di mana barang sampai di kotamu sebelum diantar ke alamat rumahmu. Biaya yang ditawarkan sangatlah murah.

Langkah 5: Pilih Antar Ke Rumahmu

Kemudian, kamu pilih antar ke alamat rumahmu jika ingin barang kiriman sampai langsung ke alamat rumahmu. Selanjutnya, akan ada beberapa jenis jasa pengiriman. Kami menyarankan untuk pilih regular dan klik konfirmasi.

Langkah 6: Lakukan Pengecekan Dan Pilih Metode Pembayaran

Selanjutnya kamu cek kembali alamat, voucher Shopee yang kamu gunakan, serta metode pembayaran yang digunakan. Jika sudah benar, maka tekan buat pesanan.

Lakukanlah pembayaran sesuai dengan prosedur pembayaran Shopee. Jika kamu pilih metode ShopeePay, maka masukkan nomor PIN ShopeePaymu atau menyentuh sensor sidik jari,

Langkah 7: Ubah Kalau Perlu Dan Konfirmasi

Setelah itu, kamu tekan rincian pesan. Barang yang sudah kamu bayar akan berubah statusnya jadi dikemas. Pada halaman rincian pesanan tersebut ada informasi pengiriman. Klik tulisan ubah yang ada di samping tulisan tersebut.

Kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jasa kriim sebanyak satu kali. Jadi, pastikan kamu memilihnya dengan benar tanpa ada kesalahan. Setelah kamu pilih jasa ekspedisi maka klik konfirmasi. Setelah konfirmasi, maka jasa pengiriman akan berubah dan tidak bisa diubah lagi. Terakhir, tunggulah sampai orderanmu sampai di rumahmu.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara pilih kurir di Shopee yang baik dan benar. Ikutilah semua panduan di atas agar kamu berhasil memilih jasa pengiriman yang sesuai dengan kebuhanmu. Selamat mencoba, ya.

 

 

Related posts