Cara Pasang WiFi

Cara Pasang WiFi
Pasang WiFi

Cara pasang WiFi menjadi salah satu hal yang dibutuhkan akhir-akhir ini, sebab banyak sekali yang meminta untuk memasang WiFi di rumah masing-masing. Hal ini tentu dikarenakan dengan memasang WiFi di rumah, ada banyak keuntungan yang akan didapatkan. Salah satunya adalah kamu bisa mengakses internet selama 24 jam tanpa batas.

Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara pasang WiFi yang benar. Jika kamu adalah salah satunya, maka tenang saja. Sebab kamu bisa menyimak panduan yang ada di artikel kami kali ini.

Keuntungan Pakai WiFi

Sebelum kita masuk ke pembahasan terkait bagaimana cara pasang WiFi yang baik dan benar, alangkah baiknya jika kamu mengetahui alasan mengapa kamu harus memasang WiFi ini. Tentunya hal ini dikarenakan WiFi menyediakan banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh para penggunanya. Jika kamu penasaran dengan apa saja manfaatnya, maka kamu bisa simak penjelasan berikut ini.

  1. Memperlancar Urusan Kerja

Bagi kamu yang sedang bekerja dari rumah dengan sistem work from home, maka alangkah baiknya jika kamu memasang WiFi sendiri di rumah dibandingkan dengan memanfaatkan kuota data. Bahkan kamu bisa menggunakan browser di laptop sehingga memungkinkanmu untuk mengunduh file yang berukuran cukup besar.

Dengan menggunakan WiFi di rumah, tentunya akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih cepat selesai. Bayangkan saja jika tidak ada WiFi di rumahmu, maka kamu harus bolak-balik ke warnet agar bisa mendapatkan jaringan internet yang besar dan kamu harus membayarnya terlebih dahulu.

  1. Bisa Menghemat Pengeluaran

Dibandingkan dengan saat kamu menggunakan paket data, maka menggunakan WiFi di rumah justru akan menghemat biaya pengeluaranmu. Misalkan saja kamu membayar paket wifi sekitar 300 ribu perbulan, bisa kamu gunakan secara unlimited untuk semua anggota keluarga.

Lalu bandingkan dengan menggunakan paket data yang bisa saja 100 ribu untuk satu anggota keluarga. Biaya tersebut belum terbilang unlimited sebab kemungkinan akan lebih cepat habis sebelum sebulan. Jadi, kami segera menyarankanmu untuk segera memasang WiFi di rumah.

  1. Koneksi Internet Selama 24 Jam Penuh

Menggunakan jaringan WiFi, tentunya akan memudahkanmu untuk terhubung ke internet selama 24 jam penuh. Apalagi, saat ini sudah ada banyak sekali layanan provider internet WiFi unlimited dengan harga yang murah.

  1. Akses Hiburan Lebih Bebas

Ketika kamu sudah capek melakukan pekerjaan seharian, tentunya kamu akan merasa penat dan membutuhkan hiburan. Nah, dengan memanfaatkan WiFi yang sudah kamu pasang, maka kamu bisa membuka berbagai macam hiburan seperti video, mendengarkan musik hingga bermain game.

  1. Membantu Proses Pembelajaran Online

Dengan menggunakan jaringan WiFi, maka kamu bisa belajar secara online dengan lancar. Meskipun pembelajaran tatap muka saat ini sudah dijalankan, namun kamu masih harus mengikuti kelas daring yang diadakan oleh lembaga daring bukan? Bila tidak ada internet di rumahmu, pastikan kamu akan merasa terkendala dan kesusahan saat mendalami materi yang diberikan oleh guru atau tutor.

Cara Pasang WiFi

Cara Pasang WiFi
Pasang WiFi

Bagi kamu yang tertarik ingin memasang WiFi di rumah setelah melihat penjelasan keuntungan di atas, namun bingung dengan bagaimana cara pasang WiFi yang baik dan benar. Maka tenang saja, sebab kami akan memberitahumu terkait bagaimana panduan yang lengkap agar kamu bisa memanfaatkan jaringan WiFi selama 24 jam. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Cara Pasang WiFi Di Rumah Sendiri

Selain mengikuti cara-cara di atas, kamu juga harus mengikuti langkah-langkah berikut ini, jika kamu ingin memasang WiFi di rumahmu.

  • Pertama, kamu harus menyiapkan beberapa identitas seperti KTP, SIM, atau paspor baik asli dan fotokopi
  • Kemudian, datangi langsung kantor pelayanan WiFi yang kamu inginkan ataupun melakukan pendaftaran online sesuai dengan nomor customer service penyedia WiFi tersebut
  • Pilih paket layanan produk internet sesuai kebutuhanmu dan isi formulir pendaftaran
  • Saat registrasi, petugas akan meminta KTP aslimu dan melengkapi data formulir
  • Kamu juga akan diminta untuk melunasi biaya internet pertama, biaya pasang, serta administrasi
  • Petugas akan memberitahumu mengenai jadwal kedatangan teknis ke rumahmu untuk memasang WiFi
  • Oleh karena itu, masukkan alamatmu dengan benar agar mereka tidak kesasar
  • Silahkan tunggu teknisi datang sesuai jadwal
  • Terakhir, setelah pemasangan maka kamu sudah bisa menggunakan WiFi dengan lancar

Cara Pasang WiFi Pakai Tips Terbaik

Seperti yang sudah kamu ketahui, bahwa ketika ingin memasang WiFi maka kamu tidak boleh memilihnya secara sembarangan. Bahkan kamu perlu memilih dengan seksama supaya nyaman dalam menggunakan internet setiap hari di rumah. Nah, berikut ini adalah cara atau tips ketika kamu ingin pasang WiFi di rumahmu.

1: Pilih Cakupan Area Layanan

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih provider WiFi yang mampu menjangkau daerah rumahmu. Hal itu dikarenakan terdapat beberapa layanan internet yang jaringannya bisa mencakup beberapa wilayah di Indonesia saja, seperti JABODETABEK, Jawa Timur, Bali, dan lain sebagainya.

Hal ini memang harus kamu lakukan agar jaringan WiFi yang kamu pilih nanti bisa berjalan cepat karena berada dalam cakupan jaringan internetnya. Jadi, alangkah baiknya jika kamu menanyakan hal ini ke petugas WiFi terlebih dahulu.

2: Perhatikan Kecepatan Download Dan Upload Jaringan

Hal penting yang harus kamu perhatikan saat memasang WiFi di rumah adalah kecepatan jaringan internet yang disediakan. Hal ini dikarenakan setiap provider mempunyai kecepatan masing-masing yang ditawarkan. Tentunya, semakin bagus kecepatan yang diberikan maka semakin mahal pula biayanya.

Jadi, alangkah baiknya jika kamu memilih WiFi dengan kecepatan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai asal-asalan memilihnya, ya.

3: Perhatikan Biaya Bulanan

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membandingkan biaya bulanan WiFi yang akan kamu gunakan. Harga yang lebih murah tentu sangat menarik, tapi kamu jangan sampai terlena ya. Kamu harus tetap memperhatikan aspek kebutuhanmu. Jadi, alangkah baiknya jika kamu lakukan perbandingan harga dengan cermat supaya kamu mendapatkan harga yang terbaik dalam memilih WiFi.

4: Perhatikan Layanan Dan Customer Service

Terakhir, kamu juga harus mengetahui layanan service yang disediakan. Perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa penyedia WiFi menyediakan pemasangan WiFi. Hal ini tentunya bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan mu.

Jangan lupa juga untuk menanyakan apakah program maintenance dan service jika terjadi kerusakan memerlukan biaya tambahan atau sudah bagian dari pelayanan. Kamu juga harus tanyakan nomor atau Gmail pihak WiFi yang bisa dihubungi apabila terjadi kerusakan.

Kesimpulan

Ketika kamu ingin memasang WiFi di rumah, maka janganlah merasa ragu sebab akan ada banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara pasang WiFi yang baik dan benar. Semoga panduan di atas dapat membantu dan memudahkanmu. Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel lainnya, ya.

Related posts