Cara Monetisasi Tiktok

Cara Monetisasi Tiktok
Cara Monetisasi Tiktok

Cara monetisasi Tiktok menjadi solusi terbaik yang kerap dicari oleh penggunanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Seperti kamu ketahui sendiri, bahwa aplikasi Tiktok, sedang tranding ataupun naik daun akhir-akhir ini. Oleh karena itu, tak heran jika banyak yang berlomba-lomba untuk membuat konten menarik dan mencari keuntungan dari aplikasi ini.

Namun sayangnya, masih belum banyak yang tahu bagaimana cara monetisasinya. Jika ka.u adalah salah satunya, maka bisa langsung menyimak pada penjelasan artikel kali ini!

Read More

Cara Monetisasi Tiktok

Cara Monetisasi Tiktok
Cara Monetisasi Tiktok

Untuk bisa monetisasi Tiktok, bisa kamu lakukan dengan berbagai cara atau trik. Semua cara tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan namun tetap memberikan banyak keuntungan bagimu, asalkan kamu paham bagaimana melakukan masing-masing cara atau trik tersebut. Jika kamu penasaran, maka silahkan kamu baca trik tersebut.

  1. Membuat Sponsored Content Post

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah, kamu harus menjadi seorang influencer Tiktok yang bertugas untuk mempromosikan setiap brand tertentu. Biasanya, salah satu agensi atau brand akan melihat jumlah follower, like, hingga tayangan video untuk mengukur tingkat engagement setiap content creator di Tiktok.

Dari sanalah, akan terlihat apakah jumlah follower yang kamu miliki sudah cocok atau sesuai dengan target market dari brand yang ada di Tiktok atau belum. Bisa dikatakan dengan menggunakan cara pertama ini, kamu akan mendapatkan uang dari Tiktok paling tepat bagi kamu yang mempunyai jumlah follower ribuan hingga lebih. Oleh karena itu, sebelum kamu menerima tawaran sponsored content post ini, alangkah baiknya kamu berusaha menaikkan jumlah followers di akun Tiktokmu.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan jumlah followers mu:

  • Silahkan kamu menemukan niche konten yang akan kamu buat
  • Unggah video yang menarik, edit video terbaik sebelum meng-upload ya
  • Konsisten atau menggunggah konten video dengan terjadwal
  • Mengikuti setiap challenge Tiktok yang sedang viral
  • Kolaborasi dengan pengguna Tiktok lainnya yang terkenal
  • Mengunggah konten Tiktok di akun media sosial lainnya
  • Unggah konten di jam prime time
  1. Menarik Donasi Atau Payout Coins

Cara kedua untuk bisa monetisasi Tiktok adalah donasi yang diberikan oleh fans ketika kamu sedang live streaming di Tiktok. Namun cara ini sangat direkomendasikan jika akunmu sudah mempunyai jumlah followers yang tinggi.

Sebenarnya cara ini konsepnya hampir sama dengan platform   Likee. Ketika kamu melakukan live streaming, Tiktok memungkinkan para penontonnya memberikan stiker gift yang nantinya bisa kamu tukarkan dengan uang tunai.

Biasanya stiker ini memang dikirimkan oleh penonton sebagai salah satu bentuk menghargai usaha content creator dalam membuat konten Tiktok. Jadi, usahakan kamu membuat konten yang sangat bermanfaat bagi para penontonnya, ya!

  1. Jadi Jasa Pengelola Akun

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi pengelola akun atau Tiktok manager. Cara kerja yang harus kamu lakukan untuk menjadi jasa ini, maka kamu harus mengelola akun Timtok milik seseorang agar lebih berkembang pesat. Sasaranmu bukan hanya seorang content creator saja, tetapi juga brand ataupun perusahaan yang menggunakan untuk promosi bisnis. Untuk lebih jelasanya, berikut tugas-tugasmya yang harus kamu pahami.

  • Meningkatkan jumlah follower, like, dan jumlah tayangan video
  • Mengatur strategi content marketing
  • Mengelola tawaran kerja sama
  1. Melakukan Live-streaming Di Tiktok Shop

Cara monetisasi Tiktok satu ini sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Tiktok. Kalau biasanya kamu menonton live-streaming orang lain di Tiktok Shop, kini giliran kamu yang melakukan cara mendapatkan uang di Tiktok ini. Melalui cara ini, silahkan kamu mengenalkan produk secara langsung lewat konsep love stream sales di Tiktok Shop. Kamu bisa memberikan penawaran spesial ataupun info lebih detail mengenai produksi.

Cara ini sudah terbukti ampuh untuk membuat produk ludes dalam beberapa saat. Misalnya saja bimoli special pouch yang terjual hanya dalam hitungan menit saja saat live stream.

  1. Jual Akun Tiktok

Apabila kamu mempunyai kemampuan dalam hal membangun engagement dengan memanfaatkan jumlah followers, maka solusi terbaik untuk mendapatkan uang dari Tiktok adalah dengan melakukan transaksi jual beli akun Tiktok. Transaksi ini sebenarnya mempunyai konsep yang simpel dan kamu hanya perlu melakukan hal berikut ini.

  • Pertama, kamu harus membuat akun sesuai dengan minat pada topik tertentu
  • Setelah itu silahkan kamu menumbuhkan jumlah followers, like, jumlah tayangan hingga engagement
  • Membangun komunitas yang mempunyai peminat topik yang sama
  • Setelah akun menjadi besar, maka kamu bisa menjualnya ke brand ataupin perusahaan yang bergerak di bidang yang sama
  1. Menjalankan Tiktok Marketing

Kegiatan Tiktok Marketing ini ditujukan dan sangat cocok bagi kamu yang merupakan pemilik dari suatu brand dan ingin menarik konsumen dari Tiktok. Cara yang paling ampuh untuk mempromosikan produkmu di aplikasi ini adalah dengan manfaatkan Tiktok ada. Sama halnya dengan Facebook Ada ataupun Instagram ada, aplikasi Tiktok juga mempunyai algoritma yang bisa membantu iklan produkmu terlihat oleh sasaran yang kamu inginkan

Misalnya, kamu mempunyai bisnis yang bergerak di bidang kuliner, maka iklan akan diperlihatkan ke user Tiktok yang mempunyai mindat di bidang kuliner. Hal ini tentu terjadi karena Tiktok merekam semua histori tontonan setiap penggunanya untuk memberikan iklan yang lebih bersifat personal.

Selain mempunyai targeting yang tepat, algoritma pada aplikasi Tiktok juga sering melakukan retargeting. Dengan hal ini maka iklan akan ditampilkan kembali ke audiens yang telah berinteraksi dengan iklanmi sebelumnya. Cara ini jauh lebih memungkinkan para audiens lebih familiar dengan brandmu dan tertarik membeli produk bisnis yang kamu iklankan.

  1. Membangun Agensi Influencer

Perlu kamu ketahui, bahwa agensi atau influencer merupakan metode yang berguna untuk menghubungkan antara brand yang ingin beriklan dengan para influencer di Tiktok. Biasanya, mengenai hal ini menjadi perantara, koordinator, hingga manajemen dari perjanjian iklan. Misalnya mencarikan influencer yang tepat, mengatur konsep iklan, hingga mengelola kerja sama.

Sebenarnya, aplikasi Tiktok ini sudah mempunyai platform khusus yang memang disediakan bagi para creator marketpkace. Platform ini mempunyai berbagai fitur spesifik yang bisa membuat kerja sama dengan influencer. Namun biasanya, biaya yang harus dikeluarkan cukup besar karena harus dibagi dengan pihak influencer, pembuatan konten, hingga komisi dari Tiktok sendiri.

Nah, disitulah nanti kamu dapat mengambil kesempatan dengan memberikan harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan penawaran Tiktok. Cara terakhir ini sangat cocok bagi kamu yang mempunyai keahlian content marketing dan video marketing. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mencoba mendapatkan keuntungan dengan membuka agensi influencer ini.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan bagaimana cara monetisasi Tiktok yang bisa kamu coba untuk bisa mendapatkan keuntungan atau uang penghasilan dari aplikasi satu ini. Semua metode atau cara yang sudah kami sebutkan di atas, sudah terbukti dan paling ampuh karena memang banyak digunakan oleh pengguna Tiktok akhir-akhir ini. Jadi, kamu jangan sampai melewatkannya, ya! Selamat mencoba dan mari raih keuntungan dengan monetisasi Tiktok!

 

Related posts