Cara Pinjam Uang di Bank

Cara Pinjam Uang di Bank
Cara Pinjam Uang di Bank

Pinjaman Online yang semakin gencar beredar di masyarakat, tidak menyurutkan orang untuk mencari tahu cara pinjam uang di bank. Mulai dari bank negeri sampai dengan swasta sekalipun.

Kamu coba perhatikan saja saat ke berkunjung ke bank. pasti ada satu atau dua pelanggan yang hendak mengajukan kredit pinjaman uang. Entah itu untuk keperluan usaha, pribadi atau bahkan KPR.

Read More

Berapa Lama Proses Pinjam Uang di Bank?

Teruntuk kamu-kamu yang penasaran ingin mencoba meminjam uang ke bank. Nah, yuk kita bahas berapa lama proses pinjam uang di bank pada umumnya? Berikut ulasan selengkapnya:

Menurut informasi yang bersilewaran di dunia jagat maya, proses pencairan dana pinjaman non agunan biasa akan diproses kurang lebih 5 hingga 14 hari. Hal tersebut, tergantung dari masing-masing bank yang kamu ajukan.

Tapi sebelum mengajukan pinjaman, pastikan untuk memenuhi semua persyaratan dan siapkan dokumen secara lengkap sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan oleh bank tersebut.

Cara Pinjam Uang di Bank

Cara Pinjam Uang di Bank
Cara Pinjam Uang di Bank

Cara pinjam uang di bank negeri. Pertama-tama, kita ambil contoh terlebih dahulu di Bank BNI. Supaya praktis, kamu langsung lihat saja peminjaman uang di BNI melalui online berikut:

  1. Buka website resmi BNI melalui browser
  2. Persiapkan seluruh persyaratan pinjamannya
  3. Pilih salah satu Kantor cabang BNI disekitar tempat tinggalmu untuk mengajukan pinjaman
  4. Langsung ajukan pinjaman online dengan mengisi E-Form disini
  5. Cetak hasil pengisian E-Form dan bawa saat kamu berkunjung ke Bank BNI

Tanyakan terlebih dahulu ke petugas BNI untuk produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhanmu. Lihat biaya angsuran per bulannya, dan pilih yang sesuai dengan kemampuan finansialmu.

Syarat BNI Flexi Aktif 

Karena kamu sudah mengetahui tahap demi tahap peminjamannya. Kini kamu harus tahu salah satu produk milik BNI yang bisa kamu ajukan untuk kredit. Ya, BNI Flexi Aktif.

Dimana, BNI Flexi Aktif ini adalah layanan KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk para nasabah yang merupakan seorang pegawai aktif atau memiliki penghasilan bulanan yang tetap. Kebanyakan mereka yang memilih layanan Flexi Aktif, dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan harian yang konsumtif.

Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum mengajukan dana pinjaman:

  • Berstatus sebagai Pegawai Tetap
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimal usia peminjam yaitu 21 tahun dan maksimal 55 tahun atau sesuai dengan peraturan usia pensiun
  • Memiliki buku rekening
  • Posisi peminjam minimal berada di level staf sebagai pegawai di salah satu perusahaan

Merasa sudah memenuhi seluruh persyaratan di atas? Cus, kamu bisa langsung mengajukan pinjaman ke Bank BNI terdekat, dan daftarkan diri kamu melalui online di website BNI.

Cara Pinjam Uang di Bank Tanpa Jaminan

Beres urusan BNI, kita akan beralih ke cara pinjam uang di bank tanpa jaminan secara universal. Ya, ada bebrapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menemukan bank yang cocok untuk mengajukan pinjaman KTA.

1. Cari Bank dengan Layanan KTA

Tahukah kamu, perbankan di Indonesia banyak yang menyediakan layanan pinjaman Kredit Tanpa Agunan atau Jaminan. Berbeda dengan Pegadaian yang mewajibkan seluruh nasabahnya untuk menggadaikan surat atau barang berharga yang ia miliki.

Maka dari itu, hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengajukan pinjaman dana adalah mencari bank dengan layanan KTA. Seperti halnya bank BNI, BCA, BRI, OCBC, dan bank-bank lainnya. Setelah itu, kamu juga harus pastikan bank tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya:

  • Waktu tenor yang panjang
  • Suku bunga rendah
  • Jumlah minimal pinjaman dan maksimalnya pas dengan keperluan kamu

2, Pastikan Tujuan Pinjaman Kamu Jelas

Kemudian, lanjutkan dengan memastikan kembali tujuan dari diri kamu mengapa melakukan pinjaman tersebut. Harus jelas! Misal, untuk keperluan biaya sekolah anak, renovasi rumah, atau sebagainya.

Oleh sebab itu, ada beberapa pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum mendatangi salah satu bank incaran kamu. Mulai dari:

  • Jumlah dana yang kamu butuhkan sesuai kebutuhan
  • Kondisi finansial yang sedang dialami oleh diri kamu saat ini
  • Jangka waktu pelunasan sampai cicilan tersebut berakhir
  • Pendapatan dari pekerjaan mampu untuk membayar pinjaman atau sebaliknya

3. Observasi Track Record serta Kredibilitas Bank

Setelah kamu merenungi hal tersebut, selanjutnya lakukan observasi terkait track record serta kredibilitas dari bank pilihanmu. Apakah mereka merugikan pihak nasabah, atau bunga pinjaman yang tiba-tiba melonjak drastis.

Lalu, survei ke kantor cabang dari bank tersebut atau pastikan website resmi dan aplikasinya berjalan tanpa kendala. Periksa dengan teliti apakah bank pilihanmu akan memberikan kompensasi ketika terjadi kebocoran data nasabah serta bertanggung jawab penuh ketika ada kejdian tidak menyenangkan yang berasal dari pihak perbankan.

4. Periksa Biaya Administrasi dan Bunga Cicilan

Ini nih poin yang penting, kamu wajib melakukan pemeriksaan biaya administrasi dan bunga cicilan yang tertera di ketentuan produk layanan pinjaman bank tersebut. Pahami terlebih dahulu sebelum menyetujui pinjamannya.

Tanyakan secara detail kepada petugas bank, terkait besar jumlah uang cicilan yang akan dikenakan kepada kamu bila memilih produk pinjaman KTA tersebut. Hindari terjebak karena tergiur oleh suku bunga yang rendah. Karena nantinya, kamu yang akan menanggung seluruh pembayaran biaya admin dan bunga pinjaman.

5. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Setiap bank memberikan tenor waktu pengembalian uang pinjaman berdasarkan kemampuan dan keinginan calon nasabah. Kalau kamu sudah yakin dan mantap akan mampu membayar seluruh tagihan cicilan per bulannya, maka hindari bayar cicilan lewat dari waktu jatuh tempo.

Sebab, semakin kamu mengulur waktu untuk membayar pinjaman maka bunga pinjaman semakin besar serta ada denda telat pembayaran yang harus kamu tanggung juga. Supaya bayar cicilannya ringan, tepat waktu ya!

Cara Pinjam Uang di Bank BCA Online

Berikutnya, buat kamu yang ingin melakukan kredit di bank swasta. Ada nih cara pinjam uang di Bank BCA Online. Ya, tidak perlu repot-repot mengantre di kantor cabang BCA terdekat. Tapi sebelum itu, pastikan kamu sudah miliki rekening BCA.

  1. Unduh aplikasi BCA di Play Store atau App Store
  2. Ajukan penggunaan M-Banking ke cabang BCA terdekat
  3. Klik pilihan menu Info BCA
  4. Pilih Produk yang ada di bagian bawah layar aplikasi
  5. Pilih Pinjaman Individual
  6. Klik salah satu Jenis Pinjaman dana yang kamu butuhkan
  7. Gulir ke bawah, dan temukan tombol Ajukan Sekarang
  8. Lengkapi E-Form dengan data diri kamu yang benar dan lengkap
  9. ketuk Kirim, lalu ceklis pada kotak Captcha
  10. Sistem akan segera memproses pengajuan kamu, biarkan sampai dengan selesai

Jika kamu menemukan masalah atau kendala saat melakukan pinjaman online tersebut, bisa langsung informasikan lebih lanjut ke Customer Service BCA di nomor 0811-1500-998 (Whatsapp). Sedangkan alamat emailnya, yaitu [email protected].

Begitulah cara pinjam uang di bank untuk berbagai macam perbankan di Indonesia. Kalau masih kurang informasi di atas, bisa lirik di artikel cara pinjam uang di Shopee. Pinjam dengan bijak ya!

Related posts