Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo

Bagaimana cara mengunci jaringan 4G Oppo dengan tepat? Sebagian besar penggunanya bahkan kamu sendiri masih bingung dan belum tahu sama sekali. Umumnya bahwa semua mereka smartphone sudah menggunakan kecepatan jaringan 4G saat ini.

Pasalnya, tingkat kecepatannya cukup tinggi supaya kamu bisa menelusuri mesin penjelajah internet (Google) tanpa kendala sama sekali. Kalian juga dapat mengakses website apa saja sesuai keinginan dengan kualitas jaringan dari provider masing-masing.

Oppo telah menjadi merek smartphone besar yang dipakai banyak orang. Hal ini dikarenakan fiturnya cukup lengkap dan tampilannya menarik sehingga kalian dapat melakukan apa saja dengan ponsel tersebut.

Namun, cara mengunci jaringan 4G Oppo terpercaya masih belum diketahui banyak orang supaya internet kamu tidak dipakai orang lain sampai habis. Kalian akan mengetahui semuanya pada ulasan selanjutnya untuk tidak mengizinkan siapa saja memakai kuota data tanpa izin terlebih dahulu.

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo
Mengunci Jaringan 4G Oppo

Bagaimana Cara Mengaktifkan dan Mengunci Jaringan 4G Oppo Secara Umum?

Sebelum menelusuri panduan mengunci jaringan 4G dari HP Oppo kalian, langkah penting yang harus dilakukan adalah pahami tata cara menghidupkan koneksi jaringannya terlebih dahulu. Mengapa? Hal ini bertujuan supaya kalian bisa memakai kuota data kembali tanpa khawatir sambungan internetnya sulit diakses lagi.

Pembahasan selanjutnya akan membahas bagaimana cara mengaktifkan dan mengunci jaringan 4G dari HP Oppo secara umum. Ulasannya antara lain :

Mengaktifkan Jaringan 4G Oppo

Sebelum dapat mengunci jaringan 4G only, kamu harus aktifkan dulu layanan jaringan internet dan pilih SIM mana yang ingin dipakai. Begini cara mengaktifkannya:

  • Pertama, bukalah menu Setting atau Pengaturan terlebih dahulu.
  • Pilih opsi Jaringan Seluler dan SIM Ganda.
  • Tekan tombol Jenis Jaringan yang disarankan HP Oppo kalian.
  • Kemudian, kalian akan menemukan beberapa pilihan yang terdiri dari 2G/3G/4G (Otomatis), 2G/3G (Otomatis), 3G bahkan 2G.
  • Kamu harus menekan tombol pertama, yakni 2G/3G/4G (Otomatis) agar koneksi internet kalian dapat terhubung dengan jaringan 4G.
  • Selesai.

Mengunci Jaringan 4G Oppo

Setelah sukses diaktifkan layanan internetnya (atur jaringan SIM card), kamu bisa mulai untuk mengunci jaringan ke 4G only di ponsel Oppo milikmu. Caranya:

  • Pertama, bukalah menu Dial Call atau Phone yang tersedia pada HP Oppo kalian.
  • Masukkan digit angka yang terdiri dari *#*#4636#*#*¬†lalu tekan tombol Call atau OK.
  • Apabila kalian tidak menekan tombol Call, tidak masalah. Hal ini dikarenakan notifikasi akan muncul secara otomatis ke halaman detail informasi jaringan. Namun, bila pemberitahuannya tidak muncul, maka bisa menekan tombol Call atau OK.
  • Kemudian, kamu akan masuk ke dalam halaman detail informasi jaringan atau testing dari HP Oppo. Jika kalian menggunakan dua kartu alias SIM card ganda, maka bisa melihat pilihan telepon 1 dan telepon 2.
  • Kamu harus memilih SIM card mana yang jaringan 4G nya bakal dikunci. Apabila kalian hanya pakai satu kartu saja, cukup menekan tombol informasi telepon.
  • Selanjutnya, perhatikan jenis kartu seluler yang kalian gunakan. Kalian akan menemukan pilihan berupa GSM/WCDMA, LTE dan TD-SCDMA. Opsi tersebut biasanya terlihat di bawah.
  • Saat masuk ke dalam menu informasi telepon, maka detail informasinya bisa dilihat dengan lengkap. Kalian bisa memilih salah satu dari ketiga jenis jaringan sesuai kartu seluler masing-masing.
  • Berikutnya, pilihlah opsi LTE only bila kalian menggunakan HP Oppo NEO 7, F5 dan A37.
  • Kalian juga dapat menekan tombol Atur Jenis Jaringan yang Disukai bila ketiga pilihan tersebut tidak muncul. Jika pemberitahuannya diterima, maka kalian bisa memilih opsinya. Jaringan LTE only secara otomatis harus dipilih sebagai koneksi internet dari kartu seluler kalian masing-masing.
  • Selesai.

Kalian perlu memperhatikan bahwa jaringan seluler LTE only bukan hanya untuk HP Oppo NEO 7, F5 dan A37 saja. Umumnya semua merek smartphone berbasis android saat ini hanya mendukung kartu seluler yang berkualitas setara 4G.

Tak hanya itu, sebagian besar kartu seluler yang beredar di pasaran hanya menyediakan kualitas nirkabel tersebut. Pembahasan di atas bisa kalian ikuti dan pahami dengan seksama. Tujuannya untuk menutup pemakaian internet yang menghabiskan kuota data secara berlebihan oleh diri sendiri maupun orang lain.

Mengunci Jaringan 4G Oppo untuk Semua Tipe

Walapun jaringan internet 4G dianggap paling bagus dan cepat, bukan berarti semua penggunanya tidak akan mengalami masalah saat menelusuri internet. Tak sedikit orang pernah bahkan sering menemukan kendala saat menjelajah Google.

Hal ini dikarenakan sambungan internetnya kurang stabil yang didasari faktor tertentu, seperti sinyal lemah atau berada di wilayah tertentu. Kalian bisa mengunci jaringan 4G lewat semua tipe HP Oppo dengan panduan di bawah ini :

  • Pertama, kalian harus mengubah jaringan internet 3G ke 4G LTE terlebih dahulu.
  • Kalian bisa masuk ke menu Setting atau Pengaturan, lalu tekan menu Jaringan Seluler dan SIM Ganda.
  • Kemudian, pilih menu Jenis Jaringan yang Dianjurkan dan tekan tombol 2G/3G/4G (Otomatis).
  • Apabila jaringan internetnya sudah diganti, kembali ke halaman utama dan tekan tombol Dial Call atau Phone.
  • Masukkan kode angka *#*#4636#*#* dan tekan Panggil. Notifikasi akan muncul pada layar ponsel kalian, lalu tekan menu Informasi Telepon.
  • Geser layar ke bawah dan pilih menu LTE Only. Kamu harus perhatikan bahwa LTE only adalah pilhan jaringan yang memberitahukan bahwa sambungan internet yang terkoneksi hanya 4G saja.
  • Selesai.

Kamu harus tahu bahwa pengaturan tersebut akan kembali seperti semula bila HP dalam kondisi restart. Tak bisa dipungkiri bahwa orang-orang yang masih belum paham cara mengaktifkan jaringan 4G akan selalu restart HP mereka sebagai jalur tercepat.

Meski begitu, ponsel kalian tidak selalu wajib melewati proses tersebut lantaran berisiko kerusakan jika dilakukan terus menerus. Pahami dan ikuti prosedur di atas dengan benar untuk mematikan jaringan 4G untuk semua tipe HP Oppo.

Mengapa Jaringan 4G Oppo Perlu Dikunci?

Apakah cara mengunci jaringan 4G Oppo sangat bermanfaat? Ya, tentu saja. Meski begitu, kalian hanya bisa melakukannya bila sudah menggunakan koneksi internet secara berlebihan atau lewat batas normal. Jaringan yang dikunci rupanya memberikan keuntungan tersendiri bagi para pemilik HP Oppo.

Bagaimana tidak, kuota data mereka tidak akan habis begitu saja untuk hal-hal yang tidak penting, sedangkan kamu bisa mengetahui berapa banyak kapasitas yang sudah digunakan. Kalian juga bisa menghemat biaya dan data untuk dipakai pada periode selanjutnya.

Dampak positifnya bukan hanya dirasakan diri sendiri, namun juga orang lain. Hal ini dikarenakan mereka tidak akan mendapatkan akses untuk menggunakan web browser atau mesin penjelajah internet lewat HP Oppo kalian. Sementara itu, aplikasi apa saja yang bergantung dengan koneksi internet tidak bisa diakses secara normal.

Kalian dapat memakai ponsel tanpa khawatir riwayat pemakaian browser dilihat orang lain. Namun, kamu juga perlu waspada bila orang yang meminjam ponselnya sudah mengetahui semua informasi di atas dengan menghapus history penggunaan internet terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar kegiatan kalian tidak dapat dilihat bahkan dicurigai orang lain. Kalian pun mungkin secara sengaja atau tidak mengakses website tertentu untuk membuka konten yang bersifat sensitif, sehingga penguncian jaringan 4G harus dilakukan dengan benar.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...