Cara Daftar Antrian Paspor Online

  • Whatsapp

Cara daftar antrian paspor online sebenarnya merupakan bagian dari tahapan pendaftaran paspor online. Paspor adalah dokumen penting yang sangat dibutuhkan ketika seseorang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri. Jadi, jika Kamu berencana melakukan travelling untuk bisnis ataupun liburan ke luar negeri, harus segera membuat paspor secepat mungkin.

Biasanya, paspor berlaku hingga 5 tahun lamanya dan hanya bisa diperpanjang sebelum 6 bulan masa berlakunya habis. Jika Kamu baru mengurus paspor pertama kali kini tak perlu khawatir, sebab untuk perpanjangan paspor atau membuat paspor yang baru semakin mudah.

Read More

Saat ini, permohonan membuat paspor baru dan perpanjangan paspor yang lama bisa dilakukan dengan sistem daftar antrian paspor online. Walaupun demikian, tidak sedikit masyarakat yang justru masih membuat permohonan pembuatan dokumen ini secara manual, yaitu dengan mengambil antrian pembuatan paspor di kantor imigrasi secara langsung.

Bayangkan saja, jika nomor antrian paspor yang disebar telah habis maka Kamu harus kecewa untuk mengulang kembali melakukan pengambilan nomor antrian lain waktu dan harus pulang. Sebab biasanya setiap hari antrian manual akan dibatasi pendaftarannya mulai 100 orang sampai 200 orang, biasanya tergantung kapasitas kantor imigrasi itu sendiri.

Dengan cara daftar antrian paspor online tentu saja lebih menghemat waktu dan sangat membantu. Tapi tetap saja, Kamu harus tetap hadir ke kantor imigrasi langung untuk proses pembuatan paspor lengkap, yaitu untuk verifikasi berkas, pengambilan sidik jari, wawancara, dan pengambilan foto sampai proses selesai.

Daftar Isi

Cara Daftar Antrian Paspor Online

Cara Daftar Antrian Paspor Online
Mendaftar Antrian Paspor Online

Mendaftar Antrian Paspor Online Mudah

Ada 2 cara daftar antrian paspor online yang bisa Kamu ikuti panduannya, diantaranya dengan mendatar antrian paspor online lewat aplikasi dan WhatsApp. Berikut ulasannya :

1. Tata Cara Daftar Antrian Paspor Online via Aplikasi

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam tata cara daftar antrian paspor online via aplikasi. Dengan melakukan pendaftaran online, maka Kamu akan menerima informasi lengkap mengenai kepastian jam dan hari untuk proses pembuatan paspor. Berikut ulasnannya :

  • Silahkan buka situs web antrian paspor di link ini, lalu buat akun baru dan login memakai akun Google-mu.
  • Selanjutnya, Kamu bisa mengunduh aplikasi bernama Layanan Paspor Online, lewat App Store atau Google Play Store. Selanjutnya buat akun dan login.
  • Sesudah berhasil masuk ke akunmu, baik lewat aplikasi atau website, setelah itu isi semua data yang dibutuhkan secara lengkap, berupa Nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan, nomor Hp, tanggal lahir, dan alamat lengkap berdasarkan KTP.
  • Sesudah mengisi data diri lengkap, selanjutnya Kamu bisa memilih kantor imigrasi pembuatan paspor terdekat.
  • Kemudian isi jumlah pemohon, waktu dan tanggal kedatangan. Selain itu, untuk jam kedatangan sendiri ada 2 pilihan pada jam 08.00 sampai dengan jam 12.00 dan untuk kedatangan siang hari dari jam 13.00 sampai jam 16.30.
  • Selanjutnya, Kamu akan melihat pilihan kuota antrian yang masih tersedia. Jika kuotanya penuh, maka Kamu cukup mengganti hari lalu pilih kuota yang kosong dan bertanda hijau.
  • Jika semua proses telah selesai dilakukan, secara otomatis Kamu akan menerima kode booking berbentuk QR Code dan serangkaian kode berikut informasi mengenai nomor antrian online yang berisi Nama, NIK, waktu dan tanggal kedatanganmu ke kantor Imigrasi.

2. Tata Cara Daftar Antrian Paspor Online via WhatsApp

Tata cara daftar antrian paspor online selanjutnya ialah via WhatsApp. Cara ini dapat dilakukan sebagai solusi alternatif,  namun perlu diketahui bahwa hanya beberapa kantor imigrasi saja yang menyediakan layanan mendaftar antrian paspor online via WhatsApp.

Terkait:  Cara Gift Paket Nelpon Telkomsel

Jika penasaran, ini dia panduan cara daftar antrian paspor online lengkap :

  • Silahkan kirim SMS ke nomor WhatsApp kantor Imigrasi sesuai domisili. Contohnya, untuk kantor Imigrasi Bogor, maka nomornya ialah ke 0811-1100-333.
  • Lalu ketikkan data diri lengkap sesuai format berikut : #NAMA#TGLLAHIR#TglKedatangan. Contoh, #Mona#02021987#04022021
  • Kemudian tunggu balasan yang berisi tentang kode booking antrianmu.
  • Silahkan tunjukkan kode pemesanan ketika pergi ke kantor imigrasi. Para pemohon harus datang paling maksimal 30 menit sebelum waktu yang sudah ditentukan. Jika Kamu datang terlambat, biasanya kode booking langsung hangus. Imbasnya, Kamu harus mendaftar antrian kembali.
  • Pastikan dokumen-dokumen yang Kamu persiapkan untuk persyaratan sudah dilengkapi. Apabila masih ada yang kurang atau tidak lengkap, maka pengajuan pendaftaran paspor akan ditolak atau dikembalikan.
  • Kamu wajib membawa beberapa dokumen asli serta pastikan seluruh data diri yang terdapat  pada dokumen tersebut sama.
  • Pendaftaran melalui WhatsApp tidak berlagi bagi pengurusan paspor yang hilang atau rusak.

Itulah langkah-langkah cara daftar antrian paspor online yang bisa Kamu ikuti panduannya. Dalam pendaftaran paspor online, setelah Kamu melakukan pendaftaran antrian paspor online, ada beberapa metode yang harus dilalui lainnya. Berikut ulasannya!

Dokumen Pembuatan Paspor

Sesudah mendaftar antrian paspor online, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan seluruh berkas-berkas dalam pembuatan paspor sesuai kebutuhan. Seluruh berkas tersebut nantinya dibawa langsung ke kantor imigrasi, selanjutnya pastikan untuk menyertakan fotokopi dokumen supaya lebih aman. Jadi, jangan sampai Kamu meninggalkan berkas atau dokumen yang diperlukan. Sebab jika tidak lengkap, maka pengajuan paspor pun tidak akan dilanjut atau diproses.

Tahapan Pengurusan Pembuatan e-Paspor atau Paspor Biasa di Kantor Imigrasi

Jika semua dokumen berikut nomor antrian sudah dipersiapkan, maka tahapan selanjutnya Kamu harus datang langsung ke kantor imigrasi terdekat guna memproses lebih lanjut pembuatan e-paspor atau paspor biasa. Perlu Kamu ketahui bahwa proses pembuatan paspor sekarang ini masih belum full online dilakukan di Indoesia.

Terkait:  Cara Beli Paket Nelpon Telkomsel

Sehingga tahapan yang baru bisa dilakukan online baru sebatas mendaftar nomor antrian paspor online saja. Setelah itu, Kamu harus tetap memproses manual pembuatan paspor yaitu dengan langsung datang ke kantor Imigrasi tanpa diwakilkan.

Biasanya kantor Imigrasi buka pada jam 08.00 pagi, lalu tutup kembali pada jam 16.00 sore hari. Sementara waktu istirahat pada jam 12.00 siang sampai jam 13.00. Sementara pada hari Jumpat dari jam 11.30 sampai jam 13.00.

Saat datang ke kantor Imigrasi, pastikan membawa seluruh dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan lengkap, berpakaian sopan dan rapi, serta melakukan verifikasi berkas.

Setelah itu, Kamu akan dipanggil guna keperluan wawancara, foto dan biometrik. Silahkan ikuti tahapannya sampai selesai.

Tahap Pembayaran dan Pengambilan Paspor

Sesudah menyelesaikan langkah demi langkah, maka Kamu akan langsung diminta melakukan pembayaran langsung di loket pembayaran yang menyediakan metode pembayaran. Biasanya pembayaran dapat dilakukan baik secara transfer ataupun tunai. Jangan lupa pula simpan bukti transfer pembayaran yang diperlukan untuk pengambilan paspor.

Sementara dalam pengambilan paspor sendiri bisa  diambil sesudah 5 hari kerja. Adapun informasi mengenai waktu dan tanggal pengambilan paspor selanjutnya akan diinformasikan langsung via SMS. Kamu bisa langsung mendatangi kantor Imigrasi berdasarkan jam kerja dengan membawa serta bukti transfer.

Demikian ulasan tentang tata cara daftar antrian paspor online berikut panduan mendaftar paspor online yang perlu Kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

Related posts