Cara Menyambungkan HP Xiaomi Ke TV

Cara Menyambungkan HP Xiaomi Ke TV
Cara Menyambungkan HP Xiaomi Ke TV

Cara menyambungkan HP Xiaomi ke TV bisa kamu lakukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan fitur screen mirroring sudah ada pad ahampir semua tipe Xiaomi. Nah, yang menjadi permasalahannya kamu tidak tahu apakah TV yang kamu miliki sudah memenuhi syarat atau belum.

Cara mengetahuinysa sangat mudah, yaitu silahkan kamu pastikan bahwa televisi yang kamu gunakan termasuk smart TV atau televisi yang berbasis android. Namun jika kamu tidak punya Tv yang termasuk smart TV, sebab kamu bisa menggunakan HDMI atau android TV box. Jadicara kerja terbaru screen mirroring ini adalah memproyeksikan layar HP Xiaomimu pada layar TV.

Jika kamu penasaran dengan bagaimana cara melakukan proses penyambungan kedua layar perangkat yang berbeda ini, maka kamu bisa langsung menyimak penjelasan pada artikel kali ini.

Cara  Menyambungkan HP Xiaomi Ke TV

Cara Menyambungkan HP Xiaomi Ke TV
Cara Menyambungkan HP Xiaomi Ke TV

Perlu kamu ketahui, bahwa terdapat beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk bisa menyambungkan HP Xiaomi ke televisi dengan cara menggunakan fitur bawaan bernama wireless display, kabel, atau dengan alat tambahan. Semua metode-metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing .

Jika kamu adalah pengguna HP Xiaomi terbaru seperti resmi note 9, poco M3, resmi note 9< note 11, poco X3 nfc, da ln lain-lain, maka jangan khawatir sebab keluar terbaru sudah dilengkapi dengan sistem yang bisa kamu manfaatkan untuk menyambungkan ke Televisi.

Selain keluaran terbaru, kamu juga bisa menyambungkan HP Xiaomi keluaran lama ke televisi. Seperti resmi note 5, resmi note 7, resmi note 5 plus, resmi S2, Xiaomi 4a, Xiami 6a, mi a1, dan lain sebagainya.

Bagaimana, apakah kamu sudah mulai penasaran bagaimana metode-metode lengkapnya? Langsung saja kamu simak penjelasan berikut!

Cara Menyambungkan HP Xiaomi Ke TV Pakai Kabel

Metode pertama yang dapat kamu gunakan untuk menyambungkan HP Xiaomi adalah dengan menggunakan kabel bantuan. Kabel yang dimaksudkan di sini adalah kabel MHL yang merupakan bukan sembarang kabel USB pada zaman sekarang. Hal ini dikarenakan kabel HML memang dirancang khusus untuk keperluan screen mirroring dan kamu bisa mendapatkannua melalui toko online maupun offline.

Untuk mendukung metode pertama ini berjalan dengan lancar, maka kamu harus memenuhi syarat bahwa HP Xiaomimu sudah support HML ini. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu mengeceknya terlebih dahulu perangkat Xiaomimu sebelum memutuskan untuk menggunakan metode pertama ini. Berikut adalah penjelasan terkait bagaimana langkah-langkahnya.

  • Pertama, silahkan kamu menyambungkan port micro USB atau Type C ke smartphone Xiaomimu
  • Selanjutnya, silahkan kamu ke bagian soket HDMI yang akan dimasukkan ke dalam port yang ada di di televisi
  • Kemudian, silahkan kamu pindahkan saluran televisi ke mode HDMI 1 atau 2 (hal ini termasuk opsional, jika televisi milikmu mempunyai 2 port HDMI)
  • Terakhir, silahkan kamu konfirmasi penyambungan dan silahkan tunggu beberapa saat hingga layar smartphone Xiaomimu berhasil diproyeksikan ke layar televisi

Cara Menyambungkan HP Xiaomi Ke TV Pakai Miracast

Metode kedua yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa menyambungkan HP Xiaomi ke televisi adalah dengan menggunakan teknologi wireless display atau yang sering dikenal sebagai Miracast. Namun metode ini mempunyai kekurangan, yaitu terletak pada fitur TV yang digunakan. Maksudnya adalah TV yang kamu gunakan harus smart TV atau TV yang sudah menggunakan sistem operasi android.

Intinya adalah TV yang kamu sambungkan harus bisa menggunakan jaringan WiFi agar bisa menerapkan metode ini. Apabila televisi yang kamu gunakan masih belum support keduanya, maka kamu tidak perlu khawatir sebab kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan STV Indihome atau Set Top Box lainnya.

Untuk bisa menggunakan Miracast, berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan kamu masuk ke menu pengaturan jaringan yang ada di televisi
  • Jika sudah, maka kamu harus mengaktifkan miracast atau berbagi layar
  • Setelah kamu mengaktifkannya, maka kamu harus membuka menu pengaturan atau settings yang ada pada HP Xiaomimu dan pergi ke bagian Wireless and network
  • Jangan lupa untuk mengaktifkan bagian tersebut
  • Jika kamu sudah berhasil menyambungkan HP Xiaomimu ke TV, maka secara otomatis layar handphonemu akan muncul.di layar televisi. Dengan begitu, proses penyambungan sudah berhasil kamu lakukan

Cara Menyambungkan HP Xiaomi Ke TV Pakai HDMI Dongle Anycast

Apabila kamu mempunyai televisi dan HP Xiamoi yang tidak support dengan kabel MHL serta terlevisi yang kamu gunakan bukanlah smart TV, maka dijami kamu tidak akan bisa menyambungkan dengan mengggunakan kedua metode.di atas. Oleh karena itu, kami menyarankan kamu menggunakan dengan menggunakan metode alternatif ini, yaitu menggunakan alat tambahan yang bernama Anycast HDMI Dongle.

Kamu jangan khawatir ketika kamu ingin menggunakan metode ketiga ini, karena menyambungkan HP Xiaomi ke TV sangatlah mudah untuk dilakukan, asalkan kamu sudah mempunyai perangkat ini. Untuk kabel HDMI Anycast ini, dapat kamu beli di toko komputer dengan harga sekitar 1000 ribuan an saja. Jika kamu tidak ingin membeli secara offline, maka kamu juga bisa mendapatkannya melalui toko-toko online seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Syarat lain lain nyang harus kamu penuhi ketika ingin menyambungkan HP Xiaomimu ke televisi menggunakan metode ini adalah televisi yang kamu gunakan sudah mempunyai port HDMI supaya perangkat HDMI Dongle bisa kamu pasangkan.

Jika kamu masih menggunakan TV tabung, tenang saja karena kamu masih bisa menggunakan televisi tersebut untuk menyambungkan dengan layar HP dengan memakai Anycast datanya adalah, kamu harus menggunakan kabel konverter RCA to HDMI. Untuk langkah-langkah yang bisa kamu ikuti, simak penjelasan berikut ini..

  • Pertama, silahkan kamu tancapkan perangkat Dongle Anycast ke perangkat televisimu
  • Jika sudah, maka silahkan kamu bagian pengusi daya ke bagian poet USB Tv dan jika tidak ada, maka kamu bisa menggunakan cara memasangkannya ke charger pengisi daya
  • Langkah selanjutnya adalah, silahkan kamu menyalakan televisi kemudian kamu alihkan saluran ke mode HDMI
  • Kemudian, langkah berikutnya adalah silahkan kamu membuka menu pengaturan atau settings yang pada Hp Xiaomimu
  • Kamu tekan atau klik nama perangkat Anycast yang muncul untuk proses penyambungan HP Xiaomi ke TV
  • Tunggulah beberapa saat hingga layar Hp Xiaomimu tampil di layar Hp dan dengan demikian, proses penyambunganmu sudah berhasil dilakukan

Sebagai informasi tambahan,.perlu kamu ingat bahwa jika menu wireless dan network tidak dapat kamu temukan pad Hp Xiaomimu, maka kamu bisa menginstal aplikasi yang bernama Miracast yang sudah tersedia di layanan Google play store. Ketika kamu menggunakan aplikasi ini, maka kamu bisa langsung membuka fitur screen mirroring yang ada di smartphonemu.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan mengenai bagaiman cara menyambungkan HP Xiaomi ke TV yang sangat direkomendasikan untukmu. Silahkan kamu memilih salah satu metode yang menurutmu terbaik dan mudah dilakukan tanpa harus kebingungan. Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat membantu dan menjawab kebingunganmu, selamat mencoba!

Related posts