Cara Menyambungkan HP Ke TV Yang Tidak Support MHL

Cara Menyambungkan HP Ke TV Yang Tidak Support MHL
Cara Menyambungkan HP Ke TV Yang Tidak Support MHL

Cara menyambungkan HP ke TV yang tidak bisa support MHL menjadi salah satu hal yang paling banyak dipertanyakan oleh masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Hal ini tentunya dikarenakan trend TV digital mulai marak di Indonesia sehingga banyak yang mencari cara untuk bisa menyambungkan HP ke TV. Namun, tidak semua Hp support MHL sehingga banyak yang mencari tentang bagaimana cara menyambungkannya.

Nah, jika kamu penasaran dengan bagaimana cara melakukannya, maka kamu bisa membaca panduan pada artikel ini.

Mengenal Seputar MHL

Tentunya, diantara kamu masih belum paham dengan apa yang dimaksud dengan MHL bukan? Jadi, MHL ini merupakan singkat dari Mobile High Definiton Link yang merupakan sebuah teknologi baru yang dapat menghubungkan smartphone, tablet, dan perangkat lain ke HDTV. Dengan menggunakan teknologi MHL ini, makankamu bisa mengirimkan layar di HP atau tablet (seperti yang game, foto, video sosial media, dialog chatting, dll) ke layar yang lebih besar, yaitu TV.

Semua hal itu bisnakamu lakukan hanya dengan bantuan dari kabel MHL ini yang di satu ujung kabel tersebut merupakan konektor mikro USB agar bisa kamu colokkan ke HP atau tablet. Sedangkan ujung lainnya adalah konektor HDMI yang dapat kamu hubungkan ke televisimu.

Swlain dapat menampilkan gambar yang berasal dari layar smartphone ke TV, kabel ini juga dapat kamu gunakan untuk proses charging pada HPmu di waktu yang bersamaan, serta sangat memungkinkan kamu untuk mengontrol fitur HP melalui TV remote control.

Perlu kamu ketahui juga bahwa prot MHL ini mempunyai bentuk yang sama dengan prot pada HDMI namun standar yang dimiliki lebih besar sehingga sangat mendukung kualitas video dan audio input yang  sama. Sedangkan untuk ujung fisik HML ini mempunyai teknologi yang berbeda dengan HDMI karena MHL menggunakan 5 pin untuk bisa mentransitit video dan audio dari suatu perangkat TV secara bersamaan serta mengirim balik listrik untuk nge-nge-charge perangkat tersebut.

Syarat Menyambungkan HP Ke TV Yang Tidak Support MHL

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan penghubungan HP ke TV yang tidak support MHL, maka alangkah baiknya jika kamu melakukan beberapa syarat di bawah ini.

  • Syarat pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu wajib menginstal aplikasi Drongscreen di HP Androidmu. Untuk aplikasi ini masih belum tersedia di layanan Google Play Store, maka dari itu kamu sangat disarankan untuk mengunduh melalui link di internet. Namun tetap kamu harus mencari link yang aman dan tidak mengandung virus bawaan
  • Syarat kedua yang harus kamu lakukan adalah menyediakan perangkat pendukung bernama kabel konverter 3 In 1 PC MHA-11OU yang bisa kamu dapatkan melalui toko komputer online maupun offline dengan harga 270 ribuan.

Cara Cek Fitur MHL Support Pada HP

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menghubungkan Hop ke TV yang tidak support MHL, maka alangkah baiknya jika kamu mengetahui apakah smartphonemu sudah mendukung fitur MHL atau tidak. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Langkah pertama, silahkan kamu membuka browser yang ada pada smartphonemu
  • Jika sudah, maka kamu harus membuka link berikut ini melalui kolom pencarian yang ada di browsermu https://www.mhltech.org/devices.aspx.
  • Selanjutnya, silahkan kamu periksa atau cek pada bagian tipe perangkat dan pilih mobile
  • Jika sudah, maka silahkan kamu pilih merk tipe smartphone yang akan kamu periksa apakah ada support dengan fitur MHL atau tidak
  • Jika perangkat HPmu sudah support dengan fitur MHL, maka merek serta smartphonemu akan muncul dan tercantum pada list yang tertera pada situs website tersebut

Selain mengecek apakah smartphonemu support dengan fitur MHl melalui situs web tadi, kamu juga bisa melakukan pengecekan melalui pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu gunakan.

  • Pertama, silahkan kamu membuka layanan google play store yang ada pada smartphone milkmu dan silahkan kamu ketikkan Mhl Checker pada kolom pencarian
  • Jika sudah sukses dan berhasil memasangnya di smartphonemu, maka silahkan kamu membuka aplikasi tersebut
  • Kemudian kamu tekan tombol check pada aplikasi tersebut untunmelihat apakah aplikasi dapat memeriksa dukungan. Tunggulah beberapa saat hingga hasil pengecekan muncul pada layar smartphone milikmu
  • Ketika saat proses pengecekan menunjukkan bahwa HPmu tidak support dengan fitur MHL, maka akan muncul Ikon X dengan warna merah yang bertuliskan the device can’t support MHL Connection yang artinya smartphonemu tidak dilengkapi dengan fitur MHl ini.
  • Namun jika sebaiknya saat proses pengecekan muncul keterangan yang menjelaskan jika fitur MHL tersedia sipport pada Hp yang akan kamu sambungkan ke TV

Cara Menyambungkan HP Ke TV Yang Tidak Support MHL

Cara Menyambungkan HP Ke TV Yang Tidak Support MHL
Cara Menyambungkan HP Ke TV Yang Tidak Support MHL

Perlu kamu ketahui, bahwa untuk bisa menyambungkan HP ke TV yang tidak support dengan MHL, sebenarnya hampir sama dengan proses penyambungan pada HP yang support dengan MHL. Hal ini dikarenakan memang fungsi dari MHL itu sendiri untuk memudahkan proses screen mirroring atau menghubungkan tampilan layar ke TV.

Nah sekarang, mari kita lanjut ke pembahasan utama tentang bagaimana cara melakukannya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti yang juga cocok bagi kamu seorang pemula di dunia teknologi.

Langkah 1: Buka Aplikasi Drongscreen

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menyambungkan HP ke TV adalah silahkan kamu membuka aplikasi Drongscreen yang ada di HP androidmu. Jika kamu masih belum mempunyai aplikasi ini, maka kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Jika kamu sudah membukanya, maka geserlah toogle bluetooth untuk mengaktifkannya.

Langkah 2: Buka Menu Settings

Setelah kamu selesai menggeser toogle bluetooth tersebut, maka kamu harus membuka menu settings dan cari menu pengaturan lainnya atau setelan tambahan. Pada menu ini, silahkan kamu scroll ke bawah dan kamu pilih opsi pengembang.

Langkah 3: Aktifkan Opsi Pengembang Dan Aktifkan Bluetooth

Setelah kamu membuka menu settings ini, maka silahkan kamu mengaktifkan opsi pengembang dengan cara menggeser toggle aktivasi di bagian kanan atas. Kemudian silahkan kamu tekan tombol kembali lalu geser ke atas lalu aktifkan bluetooth.

Langkah 4: Hubungkan Bluetooth Dan Pasangkan Kabel USB

Jika kamu sudah berhasil mengaktifkan bluetoothmu, makansilagkan kamu menghubungkan bluetooth ke perangkat tersebut. Dan setelah itu, silahkan kamu pasang kabel USB pada kepala charger HP android.

Langkah 5: Hubungkan Kabel HDMI Ke TV Dan Pasang Kabel Micro USB Ke HP

Langkah selanjutnya, untuk kabel HDMI kamu bisa langsung menghubungkannya ke port HDMI TV atau monitormu sedangkan untuk kabel USB, silahkan kamu menghubungkan Pasek Micro USB atau Type C ke HP androidmu.

Langkah 6: Proses Penghubungan Berhasil

Setelah kamu melakukan beberapa langkah di atas, maka dapat disimpulkan bahwa proses penghubungan HP ke TV yang tidak support dengan HML. Setelah itu, kamu sudah mulai bisa melihat layar HPmu ke Televisi.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menyambungkan HP ke TV yang tidak support dengan MHL. Silahkan kamu ikuti semua langkah-langkah di atas dengan baik dan benar sehingga kamu bisa melihat layar HPmu di TV. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Related posts