Cara Menggunakan Qibla Finder Untuk Temukan Arah Kiblat

WIGATOS.com | Bagaimana cara menggunakan Qibla Finder? Kiblat adalah sebuah arah yang dituju umat Islam ketika akan melakukan ibadah, utamanya ibadah salat wajib ataupun salat-salat sunah.

Seorang Muslim yang akan melakukan solat, harus berdiri mengarah ke arah bangunan Ka’bah yang ada di Mekkah, Arab Saudi. Hal ini dilakukan sesuai dengan petunjuk dan tuntunan yang ada dalam ajaran agama.

Ketika ada di rumah ataupun tempat tinggal, kamu bisa menemukan arah kiblat dengan mudah karena masyarakat sudah menentukan arah ini sebelumnya.

Masalah terjadi ketika misalnya kamu ada di perjalanan dengan menggunakan sebuah kendaraan ataupun ada di suatu tempat yang asing.

Menentukan arah kiblat ketika kondisi seperti ini sulit dilakukan, terlebih jika tidak ada orang lokal yang kamu temui untuk ditanya tentang arah ini.

Jika bertemu kondisi seperti ini, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan Qibla Finder di smartphone. Dengan aplikasi  ini kamu dapat menemukan arah kiblat secara cepat dan mudah.

Cara Menggunakan Qibla Finder

Cara Menggunakan Qibla Finder
Menggunakan Qibla Finder di Android

Cara menggunakan Qibla Finder sangat mudah dan praktis, bahkan kamu tidak perlu melakukan instalasi aplikasi tertentu pada smartphone karena aplikasi ini tersedia dalam bentuk website.

Nah, agar kamu bisa lebih paham dan tahu bagaimana cara menggunakan Qibla Finder, berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakan Qibla Finder.

  • Silahkan buka web browser di perangkat smartphone kamu, bisa Google Chrome, Firefox, Opera dan sebagainya.
  • Lalu ketikan Qibla Finder di kolom pencarian.
  • Anda bisa juga pergi ke alamat qiblafinder.withgoogle.com secara langsung.
  • Setelah itu, silahkan pilih bahasa yang akan digunakan.
  • Apabila sistem aplikasi meminta izin untuk mengakses Kamera dan Lokasi perangkat, silahkan klik Izinkan.
  • Selanjutnya, sistem akan menampilkan langsung arah kiblat secara akurat pada layar smartphone kamu.
  • Jika diperlukan, kamu bisa melakukan kalibrasi sesuai dengan petunjuk sistem. Hal ini dilakukan untuk memperoleh akurasi yang lebih tinggi.
  • Proses selesai.

Jika kamu menginginkan hasil yang lebih meyakinkan, silahkan gunakan aplikasi lain sebagai pembanding. Kamu bisa menggunakan aplikasi arah kiblat lain yang banyak tersebar dan bisa diunduh secara gratis di Play Store.

Tentang Qibla Finder

Qibla Finder adalah aplikasi dalam bentuk website yang bisa kamu gunakan untuk menemukan arah kiblat secara praktis dan cepat.

Dengan Qibla Finder kamu akan dibantu ketika mengalami kesulitan dalam menentukan arah kiblat sebelum melakukan ibadah salat.

Aplikasi ini merupakan aplikasi buatan Google, jadi, untuk masalah keamanan, kualitas dan juga keakuratan kamu tidak perlu ragu.

Bagaimanapun Google adalah raksasa teknologi dunia yang pastinya tidak asal-asalan ketika mengeluarkan program atau fitur tertentu.

Apakah Hasil Qibla Finder Akurat?

Menurut pengalaman pribadi, aplikasi Qibla Finder sangat akurat dan memiliki ketepatan yang pas untuk menentukan arah kiblat.

Selain menentukan arah kiblat, Qibla Finder juga akan memberitahu kamu berapa jarak antara posisi kamu dengan Ka’bah.

Meskipun ini tidak terlalu penting, namun setidaknya hasil ini menunjukan bahwa aplikasi mempunyai akurasi yang jelas dan ketepatan yang cukup tinggi.

Apakah Qibla Finder bisa Diakses di Smartphone?

Qibla Finder bisa diakses di perangkat apapun selama hardware mendukung serta perangkat tersambung ke jaringan internet.

Untuk mengakses aplikasi ini, kamu tidak perlu melakukan instalasi aplikasi karena Qibla Finder adalah aplikasi yang dibuat dalam bentuk website.

Jadi, untuk mengaksesnya kamu hanya perlu mengunjungi website dari Qibla Finder sesuai informasi yang telah disebutkan sebelumnya.

Dengan seperti ini, perangkat smartphone kamu aman dan tidak terlalu penuh dengan aplikasi-aplikasi yang terkadang membuat perangkat menjadi berat dan lemot.

Selain itu, Qibla Finder bebas dari iklan, kamu bisa lebih bebas menggunakan aplikasi tanpa terganggu dengan iklan yang terkadang menutupi tampilan layar.

Kenapa Qibla Finder Tidak Bisa Digunakan?

Pada kasus tertentu, Qibla Finder tidak bisa digunakan atau tidak bisa memberikan hasil arah kiblat yang akurat.

Jika kondisinya demikian, pastikan bahwa kamu telah mengaktifkan fitur GPS pada smartphone dan mengizinkan akses terhadap kamera dan GPS ketika sistem memintanya.

Selain itu, Qibla Finder terkadang tidak berjalan maksimal karena tidak adanya komponen hardware tertentu yang terpasang pada smartphone, seperti misalnya sensor magnetometer.

Sensor ini berguna untuk mengukur arah medan magnet dan kekuatannya, ia biasanya terdapat dalam sebuah kompas ataupun alat petunjuk lainnya.

Untuk memastikan setiap komponen untuk petunjuk arah tersedia secara lengkap, silahkan download atau buka fitur kompas di smartphone kamu .

Jika kamu berhasil melakukan kalibrasi pada kompas itu artinya perangkat kamu mendukung dan dapat digunakan sebagai petunjuk arah.

Berapa Spesifikasi Minimum Untuk Mengakses Qibla Finder?

Karena aplikasi ini tidak memerlukan instalasi pada perangkat, jadi sebetulnya kamu bisa menggunakan Qibla Finder pada smartphone kualitas rendah sekalipun.

Catatannya, smartphone harus terhubung dengan internet dan memiliki perangkat keras yang mendukung fitur penggunaan kompas.

Apakah Qibla Finder Aman Digunakan?

Salah satu kekhawatiran pengguna ketika menggunakan Qibla Finder adalah sistem aplikasi yang meminta izin akses terhadap kamera dan GPS lokasi.

Hal tersebut sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan karena sistem akan meminta hal tersebut dengan tujuan agar lokasi kamu bisa diketahui dan hasil kiblat bisa ditunjukan secara akurat.

Dengan mengizinkan akses terhadap kamera dan lokasi tidak akan membuat data-data hp kamu tercuri ataupun hilang.

Perlu diingat bahwa aplikasi ini adalah buatan Google, jadi kamu cukup aman ketika menggunakan dan mengizinkan akses aplikasi pada perangkat.

Apakah Qibla Finder Bisa Diinstal?

Kamu mungkin merasa kurang familiar atau kurang paham ketika menggunakan Qibla Finder dari alamat website. Jika kondisinya demikian, kamu bisa beralih ke Qibla Finder dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh lewat menu Google Play Store.

Namun, aplikasi Qibla Finder yang kamu temukan di Play Store tidak akan sama dengan aplikasi yang sedang kita bahas.

Hal ini dikarenakan aplikasi Qibla Finder buatan Google hanya bisa diakses menggunakan browser secara langsung. Google tidak menyediakan aplikasi ini dalam bentuk aplikasi yang diinstal.

Apakah Qibla Finder Bisa Digunakan Secara Offline?

Untuk mengakses Qibla Finder buatan Google, kamu harus menggunakan data internet karena kamu harus membuka website via web browser.

Jadi, untuk menggunakan Qibla Finder, perangkat smartphone kamu harus ada dalam kondisi online.

Penutup

Itulah penjelasan tentang Qibla Finder dan cara menggunakan Qibla Finder untuk menemukan arah kiblat yang tepat.

Terlepas dari apapun, aplikasi Qibla Finder dalam bentuk website ini memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi kaum Muslim dalam penentuan arah kiblat yang tepat.

Bagi umat Islam, kiblat sangat penting karena menjadi salah satu syarat yang sah solat.

Dengan cara menggunakan Qibla Finder yang tepat, kamu bisa terminimalisir dari kesalahan dalam menentukan arah kiblat selama di perjalanan ataupun tempat-tempat yang baru pertama kali kamu kunjungi.

Related posts