Cara Masuk Recovery Mode Samsung

Hp Samsung kalian lemot parah? Tentu sangat menjengkelkan. Ada satu metode yang bisa digunakan untuk mengatasinya, yaitu dengan cara masuk recovery mode Samsung. Jadi disini kalian bisa mencoba hard reset dengan recovery mode. Akan tetapi, tidak sedikit pengguna Samsung yang belum mengetahui langkah-langkahnya.

Opsi Pemulihan Recovery Mode Samsung

Recovery Mode merupakan salah satu opsi mode pemulihan untuk dimanfaatkan dalaam mengatasi beberapa permasalahan yang sering terjadi di hp Samsung. Ada berbagai fitur menarik yang menarik dana dikhususkan dalam memulihkan smartphone.

Setiap smartphone biasanya telah disematkan layanan recovery mode, hanya cara cara untuk mengaksesnya akan berbeda. Oleh sebab itut, kalian tidak perlu heran jika cara untuk mengakses recovery mode pada Samsung dengan hp lainnya berbeda.

Walaupun cara untuk membukanya berbeda, tapi kegunaannya masih tetap sama. Namun sebelum kalian memakai fitur ini di hp Samsung, sebaiknya ketahui kegunaan masing-masing fitur pada recovery mode.

Fitur-Fitur Pada Recovery Mode Samsung

Jika kalian telah memasuki mode recovery ini, akan ada beberapa pilihan menu dengan masing-masing kegunaan, berikut ini :

  • Wipe Data atau Factory Data Reset, biasanya berguna untuk melakukan reset pada data hp android Samsung. Melalui fitur yang satu ini, kalian bisa memanfaatkannya untuk mengembalikana hp ke dalam kondisi semula alias pengatura pabrik.
  • Reboot System Now, biasanya berguna untuk restart atau reboot android.
  • Wipe Cache, berguna untuk menghapus file sampah atau cache android pada sistem.
  • Apply Update From SD Card, berguna untuk memilih atau menginstal file di dalam SD Card, menginstal atau melakukan flashing dari hp langsung.
  • Power Off, menu ini berfungsi untuk menonaktifkan smartphone sesudah mengakses opsi recovery mode Samsung. Kalilan bisa memilih opsi tersebut atau memakai reboot system now jika ingin keluar dari sistem recovery mode.
Terkait:  Cara Kunci 4G Hp Samsung

Setelah mengetahui fitur-fitur dalam recovery mode Samsung, kalian bisa mencoba cara masuk recovery mode Samsung.

Cara Masuk Recovery Mode Samsung

Cara Masuk Recovery Mode Samsung
Tutorial Masuk Recovery Mode Samsung

Samsung telah meluncurkan banyak pilihana model dan tipe smartphone yang bisa dipilih oleh penggunanya. Mulai dari model yang memakai tombol home, dan biasanya tersedia untuk tipe hp model lama. Selain itu, ada pula yang telah dibekali oleh bixby dismartphone kelas flagship.

Dengan adanya perbedaan tombol ini membuat kalian bisa masuk kke dalam recovery mode dengan cara berbeda. Bagi kallian pengguna Samsung yang baru, tinggal cek panduan cara masuk recovery mode Samsung saja.

Akan tetapi, sebelum kalian mengakses recovery mode yang digunakan untuk update pembaharuan OTA atau riset, sebaiknya hp kalian dicas lebih dahulu. Dengan sisa baterai minimal di atas 50%.

1. Memakai Tombol Volume, Power dan Home

Bagi kalian yang masih memiliki hp Samsung jadul yang mempunyai tombol home, ada beberapa langkah cara masuk recovery mode Samsung berikut :

  • Nonaktifkan hp Samsung terlebih dahulu.
  • Jika dalam kondisi mati atau off, silahkan tekan power, volume atas, dan home secara bersamaan.
  • Tahan selama beberapa detik dan muncul logo hp Samsung, kemudian lepaskan ketiganya diwaktu bersamaan.
  • Kalian kini masuk ke dalam recovery mode yang berlatar belakang warna hitam. Selain itu, ada beberapa opsi yang akan dijumpai, mulai dari wipe chache, factory reset, apply update, reboot system dan lainnya.

Jika ingin mengakses menu pada recovery mode hp Samsung, pakai tombol volume yang digunakan untuk navigasi baik ke bawah atau ke atas beserta tombol power yang dipakai untuk enter atau ok.

2. Memakai Kombinasi Tombol Volume Atas dan Power

Sementara untuk para pengguna hp Samsung yang tanpa memakai tombol home, dapat mengikuti panduan berkut untuk masuk ke dalam recovery mode.

  • Nonaktifkan hp kaliaan dan diamkan hingga beberapa detik.
  • Jika sudah, tekan kombinasi pada tombol power dan volume atas secara bersamaan.
  • Apabila kalian merasa hp bergetar serta melihat logo hp Samsung yang muncul, sebaiknya segera lepaskan.
  • Selanjutnya hp akan memasuki recovery mode pada Samsung.
  • Pakai tombol volume jika ingin mengarahkan ke dalam salah satu tombol power dan menu jika ingin masuk ke dalam menu.
Terkait:  Cara Cek RAM HP Samsung

3. Memakai Tombol Kombinasi Bixby, Power dan Volume

Bagi yang memakai model tombol Bixby, sebenarnya caranya tidak jauh berbeda. Kalian hanya perlu mengikuti tutorial cara masuk recovery mode Samsung berikut :

  • Tekan power supaya hp dalam keadaan off.
  • Jika sudah, silahkana tekan tombol Bixby, Volume dan Power secara bersamaan sekitar lima detik.
  • Setelah muncul logo hp Samsung, silahkan lepaskan beberapa tombol tersebut.
  • Jika sudah masuk ke mode recovery, pakai tombol volume dan pilih opsi yang ada, lalu tekan power jika ingin melakukan konformasi.

4. Memakai Samsung Versi Android 11 ke Atas

Bagi yang memakai OS android 11 ke atas, kalian bisa mencoba langkah tambahan agar dapat masuk ke dalam recovery. Silahkan persiapkan kabel USB dengaan type C lalu hubungkan ke laptop atau PC atau kalau tidak memiliki PC, kalian bisa memakai earphone type C. Lalu matikan hp untuk melakukan ketiga langkah di atas.

5. Masuk Memakai Perintah ADB

Ada solusi cara masuk recovery mode Samsung yaitu dengan memakai perintah ADB. Cara ini memerlukan perangkat PC serta mengaktifkan USB debugging.

  • Unduh SDK Platform Tools di Mac OS, Windows atau Linux.
  • Setelah itu, ekstrak tool di PC kalian.
  • Sambungkan tablet atau hp Samsung ke PC lewat kabel USB.
  • Jika sudah terhubung, buka platform-tools berisi file Fastboot dan ADB.
  • Silahkan buka menu command prompt, lalu jalankan perintah di bawah ini jika ingin mengecek apakah perangkaat kalian terhubung ke server AADB dengan benar.
  • Setelah hp kalian terdeteksi, ketik perintah adb reboot recovery.
  • Tablet atau hp Samsung Galaxy kalian akan melakukan reboot ke dalam Mode Pemulihan tanpa harus menekan tombol apapun.
Terkait:  Cara Lock Aplikasi di Samsung

Mengatasi Android yang Selalu Masuk ke Sistem Recovery Mode

Fungsi dari recovery mode yang paling utama adalah untuk melakukan instal aplikasi yang berformat zip. Selain itu juga, manfaat lainnya dengan masuk pada recovery mode maka bisa digunakan untuk keperluan lainnya seperti melakukan bootloader, reboot, hingga factory reset.

Permasalahan ketika salah menggunakan Sistem Recovery Mode bisa menyebabkan smartphone akan terus masuk pada mode tersebut. Hal tersebut jika dibiarkan terlalu lama maka bisa menyebabkan smartphone cepat rusak,

Selain itu, kalian harus sering melihat kondisi fisik smartphone terutama pada bagian tombol volume yang berada disamping. Jika seandainya tombol volume tersebut rusak, maka dampak negatifnya ketika smatphone di restart kemungkinan bisa masuk secara otomatis pada recovery mode.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, sebenarnya bisa kalian lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa di download di Play Store. Biasanya memakai program root terbaik berdasarkan untuk memecahkan masalah recovery mode.

Beberapa aplikasi yang bisa kalian pergunakan adalah dengan menggunakan aplikasi Kingoroot, Kingroot, Framaroot, Nexus Root Toolkit, hingga aplikasi One Click Root.

Oleh karena itu, pastikan kalian menerapkan cara masuk recovery mode Samsung dengan langkah-langkah yang benar.

 

Related posts