Cara Menghapus Cache di Hp Oppo

Cara menghapus cache di HP Oppo memang dapat dilakukan sendiri tanpa repot. Cache merupakan sebuah data sampah yang pasti sudah ada pada semua smartphone, mulai dari Android maupun iOS.

Biasanya, File ini dihasilkan melalui penggunaan website atau aplikasi secara terus menerus. Apabila kamu tidak pernah membersihkan atau menghapusnya, makancache akan menumpuk dan mengakibatkan performa HP Oppo tampak lebih lemot.

Read More

Cara Menghapus Cache di HP Oppo

Cara Menghapus Cache di Hp Oppo
Hapus Cache Pada Hp Oppo

Cara hapus Cache di HP Oppo bisa menggunakan atau tanpa aplikasi. Sehingga prosesnya akan lebih cepat dan mudah agar bisa meningkatkan kinerja smartphone.

Kamu tidak boleh membiarkan file cache menumpuk karena bisa menyebabkan performa HP Oppo lemot. Apabila kamu sering main game berat, maka kondisi ini tidak boleh dibiarkan.

Ini karena akan mengganggu alur permainannya atau aplikasi lain sulit diakses dengan cepat. Berikut ini adalah penjelasan terkait Cara Menghapus Cache di HP Oppo, antara lain:

1. Bukalah Menu Pengatuan

Untuk menghapus cache pada HP Oppo yang pertama, yaitu buka menu Pengaturan/Setelan atau Setting melalui handphone terlebih dulu. Apabila menu tersebut telah dibuka, maka langkah selanjutnya menekan opsi Setelan Tambahan atau Additional Setting.

Nantinya, Opsi tersebut akan memudahkanmu untuk mempercepat proses pembersihan file sampah pada HP Oppo.

2. Mengklik Opsi Manajemen Aplikasi

Apabila kamu sudah berhasil masuk ke dalam menu setelan tambahan, maka cara menghapus cache berikutnya yaitu menekan opsi Manajemen Aplikasi atau Application Management. Menu ini nantinya akan menampilkan semua aplikasi, baik sistem maupun unduhan yang telah terpasang pada smartphone Oppo.

3. Carilah Cache Aplikasi

Selanjutnya, kamu akan ditampilkan beberapa daftar aplikasi yang telah terpasang secara menyeluruh. Apabila daftarnya sudah muncul, maka cari dan pilih salah satu atau beberapa aplikasi yang cachenya ingin dihapus.

Contohnya saja Twitter, Facebook, dan Lainnya. Cache yang berukuran besar terdapat pada aplikasi yang hampir sering diakses setiap harinya.

4. Hapuslah Cache

Setelah menemukan aplikasi yang akan kamu hapusĀ cache-nya, selanjutnya tekan tombol Hapus Cache atau Clear Cache yang berada di samping kanan bawah. Apabila tombol tersebut telah ditekan, maka kamu dapat menunggu beberapa saat hingga file sampah terhapus secara otomatis.

Langkah selanjutnya, kamu bisa memeriksa memori RAM HP Oppo yang akan bertambah sesudah data sampahnya dihapus. Jika semua diikuti berarti langkah ini sudah selesai.

Menghapus Cache di HP Oppo Lewat Fitur Pembersih

Semua tipe HP Oppo sudah didukung dengan fitur pembersih untuk menghilangkan semua virus hingga file cache yang tersimpan pada perangkatnya. Selain itu, aplikasinya juga dapat digunakan tanpa paket internet untuk memaksimalkan performa smartphone kamu.

Biasanya, fitur ini terlihat pada home screen alias layar utama ponselmu. Sementara itu, cara penggunaannya juga tampak lebih mudah dan praktis. Berikut ini sudah ada beberapa cara hapus cache di HP Oppo dengan fitur pembersih maupun cleaner yang benar sebagai berikut:

  • Pertama, bisa buka aplikasi Cleaner melalui HP Oppo terlebih dahulu. Apabila aplikasinya telah dibuka, maka tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian atau scanning selesai.

  • Lalu klik Bersihkan dan Percepat. Aplikasinya nanti akan menampilkan jumlah file cache yang akan dibersihkan. Kemudian, bisa klik Hapus atau Delete.

  • Setelah itu, aplikasinya akan langsung membersihkan seluruh file cache yang telah tersimpan pada perangkatnya. Lalu klik Selesai atau Done. Terakhir, file cache yang menumpuk sudah berhasil terhapus dari HP Oppo.

Menghapus Cache di HP Oppo Lainnya

Berikut beberapa pilihan cara menghapus cache di hp Oppo yang bisa kamu coba, antara lain :

1. Hapus Cache di HP Oppo melalui Manajer Telepon

Apabila kamu ingin membersihkan semua file cache yang telah menumpuk dan tersembunyi, maka dapat menggunakan Manajer Telepon untuk menghapus data tersebut. Semua tipe HP Oppo pasti sudah memiliki layanan tersebut untuk memudahkan pengguna dalam meningkatkan kinerja ponsel.

Kamu tidak perlu aplikasi ketiga untuk menghapus file sampahnya karena sudah ada fitur manajer telepon yang disematkan pada home screen smartphonenya. Berikut ini sudah ada cara hapus cache di HP Oppo melalui Manajer Telepon, antara lain:

  • Pertama, bukalah terlebih dahulu aplikasi Manajer Telepon melalui HP Oppo. Lalu pilih menu Bersihkan Memori atau Clear Memory.

  • Setelah itu, kamu akan dihadapkan dengan dua opsi berbeda yaitu menghapus semua file cache atau membersihkan cache di aplikasi tertentu. Apabila kamu ingin sekali menghapus semua file cache dengan aman, maka klik Aman untuk dibersihkan atau Safe to Cleaned.

  • Lalu pilih menu Hapus Semua atau Clear All. Apabila kamu hanya ingin menghapus data sampah melalui aplikasi tertentu saja, maka pilihlah menu Hapus Data Aplikasi atau Clear Applications Data.

  • Lalu klik Data Cache Aplikasi dan cari aplikasi yang file cachenya akan dihapus. Setelah ini, bisa klik Hapus atau Delete yang berada di bagian bawah. Terakhir, tunggu hingga beberapa saat sampai semua file cache terhapus secara otomatis.

2. Hapus Cache di HP Oppo melalui Aplikasi

Kamu juga dapat membersihkan semua data sampah yang menumpuk pada smartphone Oppo dengan menggunakan aplikasi, salah satunya yaitu All in One Toolbox. Ada beberapa panduan menghapus cache lewat All in One Toolbox berikut :

  • Pertama, bisa install dan download aplikasi All in One Toolbox melalui Google Play Store. Lalu klik Install.

  • Kemudian, bisa jalankan dan buka aplikasi tersebut. Setelah itu, bisa menekan tombol Izinkan atau Allow jika muncul menu pop-up perizinan.

  • Lalu pilih menu Bersihkan atau Clean. Kemudian, aplikasi akan memindai seluruh file cache yang dapat dibersihkan.

  • Setelah itu, bisa mengklik Bersihkan lagi yang berada di samping kiri bawah. Terakhir, nantinya semua file cache tersebut akan langsung terhapus dari HP Oppo.

3. Hapus Cache di HP Oppo ColorOS 3.0

Apabila kamu masih menggunakan smartphone Oppo dengan ColorOS 3.0, maka dapat menghapus cache di HP Oppo yang mudah tanpa aplikasi ketiga. Begini Ulasannya :

  • Pertama, bisa membuka aplikasi Manajer Telepon dari HP Oppo terlebih dahulu. Lalu pilihlah menu Pusat Keamanan atau Security Center.

  • Kemudian, bisa klik Bersihkan dan Percepat. Setelah itu, sistem aplikasinya akan memindai semua file cache yang menumpuk untuk segera dihapus.

  • Lalu klik Bersihkan Sekarang atau Clean Now. Terakhir, tunggu hingga beberapa saat sampai proses pembersihan cachenya selesai.

4. Hapus Cache di HP Oppo ColorOS 3.1 dan 3.2

Pengguna HP Oppo ColorOS 3.1 atau 3.2 juga dapat membersihkan semua data sampah yang masih menumpuk pada smartphonenya. Berikut ini sudah ada beberapa cara menghapus cache di HP Oppo dengan sistem operasi yang benar, antara lain:

  • Pertamaa, bukalah aplikasi Manajer Telepon dari HP Oppo terlebih dahulu. Lalu kliklah Pusat Keamanan atau Security Center.

  • Kemudian, pilihlah menu Bersihkan dan Percepat. Setelah itu, sistem aplikasinya akan melakukan scanning terhadap semua file cache yang menumpuk agar segera dihapus.

  • Lalu bisa klik Bersihkan Sekarang atau Clean Now. Terakhir, file sampah tersebut bisa langsung terhapus secara otomatis.

Itu saja beberapa informasi lengkap tentang cara menghapus Cache di HP Oppo semua tipe dengan aplikasi atau fitur bawaan yang cepat dan mudah. Selamat mencoba, semoga kamu berhasil!

Related posts