Cara Menghilangkan Pop-Up Iklan di Android

Cara Menghilangkan Pop-Up Iklan di Android
Cara Menghilangkan Pop-Up Iklan di Android

Kemunculan iklan yang ada di stasiun televisi, media sosial, hingga website dapat kamu atasi dengan cara menghilangkan pop-up iklan di android. Buat yang masih bingung arti dari pop-up iklan, istilah ini digunakan untuk menampilkan promosi dari suatu brand dengan balutan konten yang menarik dalam tampilan mini browser atau jendela notifikasi.

Perangkat pendukungnya, mulai dari komputer, laptop, tab, sampai dengan versi paling kecil yang tidak lain adalah handphone. Baik itu HP golongan Android maupun iPhone. Syaratnya hanya satu, pastikan perangkat tersebut terhubung dengan koneksi internet agar pop-up iklan dapat muncul di layar.

Read More

Pengertian Iklan dan Jenis-Jenisnya

Iklan secara garis besar didefinisikan sebagai bentuk pesan tersirat untuk ajang promosi dari suatu produk atau jasa. Tujuannya, agar orang yang melihat (audiens) merasa tertarik untuk membeli produk atau bahkan menggunakan layanan jasa yang ditampilkan di iklan tersebut.

Sedangkan untuk jenis-jenis dari iklan, terbagi ke dalam 2 kategori. Ada yang berdasarkan fungsi, lalu yang kedua didasari oleh tujuan. Pertama, kita akan bahas jenis iklan berdasarkan fungsi.

1. Iklan Permintaan

Jenis iklan satu ini, sangat erat kaitannya dengan permintaan tenaga kerja baru atau lowongan pekerjaan (loker). Karena, pembuat iklan merasa dirinya membutuhkan pasokan bawang atau jasa dari pihak lain. Jadi, iklan ini berisi ajakan kepada audiens agar mau bergabung menjalin hubungan kerjasama dengan pihak pembuat iklan.

2. Iklan Pengumuman

Kalau iklan pengumuman menargetkan audiens dalam jumlah terbatas. Artinya, hanya orang-orang tertentu saja yang akan menerima informasi tersebut. Contohnya, iklan konser musik, dan pertandingan olahraga.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan dari Tujuannya

1. Iklan Non-Komersial

Jenis iklan non komersial, tidak hanya bertumpu pada satu tujuan. Audiens akan diajak untuk mengetahui informasi terkini, bersosialisasi, hingga menampilkan peringatan yang ditujukan ke masyarakat luas. Hal yang paling penting, iklan ini tidak mencari keuntungan semata.

2. Iklan Komersial

Berbanding terbalik dengan jenis iklan sebelumnya. Dimana, tujuan utama dari iklan komersial yakni, untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya. Sebagai contoh, promosi jasa atau produk dari suatu brand agar penjualan usaha mereka meningkat.

Cara Menghilangkan Pop-Up Iklan di Android

Cara Menghilangkan Pop-Up Iklan di Android
Cara Menghilangkan Pop-Up Iklan di Android

Karena kini kamu sudah memahami tentang iklan, kita akan beralih ke cara menghilangkan pop-up iklan di android. Kok malah dihilangkan? Soalnya, kalau terlalu serinng bermunculan di HP kamu, bukannya merasa tertarik malah jadi merasa kesal. Sebelum amarahmu semakin memuncak, yuk atasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka Pengaturan Keamanan atau Security Setting pada menu pengaturan HP
  • Klik opsi Jangan Izinkan Pemasangan Aplikasi dari Sumber yang Tidak Jelas.
  • Kembali ke beranda, dan hindari install aplikasi dari situs ilegal.
  • Gunakan Google Play Store ketika ingin mengunduh aplikasi.

Mudah bukan? kamu jadi tidak perlu repot-repot install aplikasi penghilang pop-up iklan deh..  Tapi, khusus kamu yang suka sedikit ribet dan mau merasa lebih maksimal menghilangkan iklannya, lanjut ke tutorial berikutnya.

Keluar Iklan Sendiri di Android

Tutorial selanjutnya, akan mengajak kamu menemukan trik agar bisa keluar iklan sendiri di android. Kalau sebelumnya menggunakan metode yang sanngat praktis dan simple. Sekarang, kita gunakan bantuan dari aplikasi. Simak penuturan lengkapnya sebagai berikut.

1. AdGuards: Content Blocker

Aplikasi gratis ini, sangat cocok kamu aplikasikan untuk memblokir semua iklan online yang muncul di layar HPmu. Bahkan, beberapa pengguna menuturkan kalau dirinya mengakui performa kinerja aplikasi AdGuards yang mampu menghalau iklan yang terkadang hadir saat melakukan pencarian di Google.

  • Install aplikasi AdGuards melalui Google Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut, lalu pilih menu Filters untuk mengaktifkan penyaringan iklan.
  • Geser toogle ke posisi ON untuk kategori Mobile Ads Filter, dan Tracking Protection Filter.

Perlu kalian garis bawahi, kalau AdGuards hanya dapat bekerja dengan Samsung Internet dan Yandex Browser. Maka dari itu, pihak developers akan meminta pengguna untuk bagikan informasi dasar dari data dirinya seperi usia, dan negara mana tempat kamu tinggal.

2. FAB Adblocker Browser: Adblock

Seperti halnya aplikasi AdGuards yang digunakan sebagai alat untuk menghapus iklan di HP pengguna. Uniknya, aplikasi FAB juga menawarkan ruang penelusuran yang lebih private, dan mampu meningkatkan kinerja VPN. Ditambah lagi, fungsi utamnya untuk memblokir Ad dalam bentuk video, banner, dan lain sebagainya.

  • Unduh aplikasi FAB Browser di link berikut
  • Buka aplikasinya, lalu klik Continue.
  • Pilih provider pencrian andalanmu. Contoh, Google. Klik Continue.
  • Pilih Go Settings > Defaults Apps > Browser App > Free Adblocker Browser.
  • Ketuk ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas, lalu pilih VPN.
  • Ketuk tombol Disconnected untuk mengaktifkan fitur VPN di HPmu.

Setelah proses Connecting VPN selesai, kamu dapat dengan mudah mengakses berbagai web luar negeri yang sebelumnya diblokir oleh pihak Kominfo Indonesia.

Cara Menghilangkan Pop-Up Iklan di Android Samsung

Lanjut lagi ke pembahasan cara menghilangkan pop-up iklan di Android Samsung. Buat para pengguna setia produk keluaran asal dari negeri ginseng satu ini. Mudah kok, kamu dapat mengandalkan setelah pabrik yang sudah tertanam di perangkat canggih tersebut.

  • Cari menu Pengaturan atau settings, dn masuk ke bagian fitur Privacy.
  • Pilih opsi Customisation Service.
  • Nonaktifkan tools Customise This Phone, serta Cutomised Ads and Direct Marketing.
  • Cari tulisan Privacy Settings seperti awal, dan klik Ads.
  • Jelajahi fitur tools Opt Out of Ads Personaliation.

Cara Menghilangkan Ads di Chrome Android

Berhasil menyelesaikan permasalahan di Android Samsung, berlanjut ke cara menghilangkan ads di Chrome Android. Kali ini, tidak hanya berlaku untuk merek Samsung saja. Kamu bisa aplikasikan ke merek smartphone lainnya. Simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

  • Pergi ke aplikasi Google Chrome melalui perangkat Android milikmu.
  • Pilih ikon titik tiga yang terdapat di sudut kanan atas pada deretan kolom URL.
  • Klik dan pilih Settings untuk membuka halaman menu pengaturan.
  • Klik opsi Permission setelahnya. Bila tidak muncul di layar, kamu bisa pilih opsi Site Settings (Setelan Situs).
  • Selanjutnya, pilih Pop-ups and Redirects. Kemudian, pindahkan posisi toogle untuk menghilangkan iklan yang nantinya muncul di Google Chrome.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Cara menghilangkan iklan di Android berikutnya, bisa kamu hentikan dengan mengikuti trik berikut.

  • Bila HP kamu tergolong tipe Android, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah memeriksa menu Settings.
  • Klik pilihan menu Aplikasi dan Notifikasi.
  • Gulir ke bawah sampai kamu menemukan tulisan Notifikasi.
  • Perhatikan aplikasi apa saja yang sudah terpasang di HP kamu.
  • Klik salah satu aplikasi, lalu geser toogle untuk mematikan tampilan notifikasi di HP, termasuk juga pemberitahuan terkait iklan.

Simple kan, cara menghilangkan pop-up iklan di Adnroid? Butuh informasi serupa lainnya, langsung saja baca artikel cara menghilangkan shadow di HP Samsung. Semoga bermanfaat. Bye!

 

Related posts