Cara Cek Pengiriman J&T

Memilih toko online yang bekerja sama dengan jasa ekspedisi terpercaya dan aman tentu penting sekali. Karena hal ini berkaitan dengan keamanan dan kecepatan barang yang Kamu pesan sampai di rumahmu. Salah satu jasa ekspedisi yang kerap digunakan oleh seller atau ecommerce terkenal ialah J&T. Bahkan Kamu juga bisa melacak pengiriman barang dengan cara cek pengiriman J&T yang sangat mudah dilakukan.

Melacak pengiriman barang merupakan hal terpenting bagi buyer saat berbelanja online atau bagi Kamu yang menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan paket ke saudara atau keluarga. Selain itu, penting juga memilih jasa pengiriman barang terpercaya agar proses pengiriman barangmu tetap aman dan terkendali.

Nah, bagi Kamu pencinta belanja online, tentu sudah akrab dengan J&T Express. Meskipun masih terbilang baru, namun jasa pengiriman ini sudah sangat populer di tanah air. Sejak kehadirannya, JNT memang telah memiliki banyak respon positif, dari pelanggannya bahkan dari para penggiat usaha online.

Menariknya lagi, bagi Kamu yang ingin mengecek pengiriman barang J&T sangat mudah dilakukan. Pasalnya, banyak website-website online yang menyediakan fitur pelacakan kiriman barang dari JNT. Sehingga Kamu bisa memilih cara cek pengiriman J&T sesuai keinginan.

Cara Cek Pengiriman J&T

Cara Cek Pengiriman J&T
Mengecek Pengiriman J&T

Mengecek Pengiriman J&T Via Web Resmi dan Aplikasi

Ekspedisi J&T banyak menguntungkan para penjual online karena menyediakan layanan gratis penjemputan di tempat. Jadi, seller tak perlu lagi repot-repot untuk mendatangi jasa pengiriman, karena pihak JNT akan langsung menjemput paket ke rumahmu.

Uniknya, JNT tidak menyediakan layanan pengiriman kilat atau cepat. Melainkan mereka hanya menawarkan fitur pengiriman reguler saja, yang bernama paket EZ. Meskipun tidak menawarkan paket kilat, Kamu tak perlu khawatir karena pengiriman paket/barang yang mereka tawarkan bahkan sama seperti paket ekspress yang ditawarkan jasa ekspedisi lain.

Oke, bagi Kamu yang penasaran dengan cara cek pengiriman J&T berikut Kami berikan panduannya :

1. Cek Pengiriman Paket J&T via Aplikasi

Hampir semua aplikasi jasa pengiriman sudah menyediakan layanan aplikasi. Mereka membuat aplikasi untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya, termasuk untuk mempermudah cek pengiriman paket J&T.

Aplikasi J&T sendiri memang sudah tersedia di perangkat iOS maupun android. Adapun langkah-langkah yang bisa Kamu coba untuk mengecek pengiriman J&T ialah sebagai berikut :

  • Langkah awal yang mesti Kamu lakukan ialah dengan mengunduh aplikasi J&T Express di ponselmu.
  • Setelah mengunduhnya silahkan install dan jalankan aplikasi tersebut di ponselmu.
  • Selanjutnya Kamu akan masuk ke halaman utama, silahkan pilih “tracking” untuk melakukan pelacakan tepat di bagian terbawah.
  • Silahkan masukkan nomor bukti pengiriman atau resi. Selain memakai resi, di aplikasi ini Kamu juga dapat melakukan sca barcode, cukup dengan memilih opsi scan pada pojok kanan bagian atas.
  • Jika sudah, selanjutnya permintaanmu akan langsung diproses sistem.
  • Setelah berhasil, hasil tracking pun langsung ditampilkan. Dari sini Kamu akan mengetahui lokasi keberadaan paket yang dikirimkan JNT.

2. Cek Pengiriman Paket J&T via Website Resmi JNT

Di samping melalui aplikasi, Kamu bisa mencoba cara cek pengiriman J&T dengan memakai halaman web JNT resmi. Sebenarnya caranya mudah sekali, berikut panduannya :

  • Silahkan kunjungi web JNT resmi di link ini!
  • Setelah itu, silakan inputkan nomor resi pengiriman yang diberikan JNT di kolom yang sudah tersedia.
  • Jika sudah, sistem akan langsung memproses permintaanmu.
  • Setelah sukses, hasil pelacakan kiriman JNT akan langsung ditampilkan di layar.

Itulah panduan cara cek pengiriman J&T melalui aplikasi dan web resmi JNT. Selain memanfaatkan aplikasi/web resmi JNT, Kamu juga bisa mengecek pengiriman J&T dengan menggunakan website lain.

Mengecek Pengiriman J&T Melalui Website Lainnya

Kamu juga bisa menggunakan cara cek pengiriman J&T via website lain sebagai altenratifnya. Ada beberapa panduan yang bisa Kamu ikuti, berikut ini!

1. Lacak Pengiriman J&T via Web Cekresi.com

Salah satu website yang bisa digunakan untuk mengecek pengiriman J&T ialah cekresi. Kamu bisa memanfaatkan web ini untuk melacak pengiriman paket dengan langkah-langkah di bawah :

  • Silahkan kunjungi situs web cekresi di www.cekresi.com via web browser yang Kamu gunakan.
  • Jika Kamu sudah sukses masuk ke link di atas, tinggal masukkan nomor bukti pengiriman/resi di kolom yang telah tersedia. Silahkan pilih “Cek Resi”.
  • Selanjutnya, di bawah nomor resi yang Kamu ketikakn tadi akan ditampilkan berbagai pilihan jasa ekspedisi. Kamu bisa pilih jasa ekspedisi dari J&T Express.
  • Langkah selanjutnya, permintaanmu akan langsung diproses sistem.
  • Terakhir, Kamu akan ditampilkan hasil tracking lengkap tepat di bagian bawahnya.

2. Lacak Pengiriman J&T via Web Cek Pengiriman

Selain cekresi, Kamu juga bisa memanfaatkan web lainnya untuk lacak pengiriman J&T di laman cek pengiriman. Adapun langkah-langkah yang bisa Kamu lakukan ialah sebagai berikut :

  • Langkah awal yang bisa Kamu lakukan ialah dengan mengunjungi laman di https://www.cekpengiriman.com/.
  • Selanjutnya pilih “Resi” di halaman awal web tersebut.
  • Silahkan inputkan nomor resi pengiriman yang Kamu miliki di bagian “Nomor Resi”.
  • Selanjutnya pilih jasa ekspedisi yang Kamu gunakan di kolom kurir, isi dengan J&T Express.
  • Kemudian Kamu bisa pilih atau klik “Cek Paket”.

3. Lacak Pengiriman J&T via Web Cek Resi JNT

Cek Resi JNT merupakan salah satu alternatif cara cek pengiriman J&T secara online. Layanan untuk melacak nomor resi pengiriman dari JNT dari web ini didesain menggunakan tampilan yang elegan dan simpel, mengutamakan akurasi data dan kecepatan pengiriman untuk mempermudah para penggunanya.

Selain itu, situs cek resi J&T Express juga hanya dikhususkan untuk mengecek pengiriman memakai jasa ekspedisi J&T Express saja. Silahkan ikuti panduan cara lacak pengiriman J&T via web cek resi JNT di bawah ini :

  • Silahkan buka HPmu dan buka aplikasi browser di Hp.
  • Selanjutnya kunjungi situs cek resi JNT di https://cekresijnt.com.
  • Jika sudah Kamu akan masuk ke tampilan awal website, di sana terdapat kolom yang harus Kamu isi.
  • Kamu bisa mengisi kolom tersebut dengan mengetikkan nomor resi JNT dan klik “track” di sampingnya.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan informasi tentang data kiriman paket kirimanmu atau yang dikirimkan oleh seller ke alamatmu.

Mengecek Pengiriman Paket JNT Tanpa Memakai Nomor Resi

Dalam pelacakan keberadaan paket atau barang JNT tentu lebih mudah apabila Kamu mempunyai nomor resi pengiriman untuk melacaknya. Namun terkadang, ada kejadian dimana nomor resi pengiriman hilang atau bahkan tidak diberikan oleh toko online yang Kamu pilih karena sesuatu hal.

Imbasnya, Kamu pun akan kesulitan melacak pengiriman paket mengingat nomor resinya saja tidak hafal atau tidak tahu. Sayangnya, hingga kini belum ada fitur atau aplikasi yang ditawarkan jasa ekspedisi untuk melakukan pelacakan keberadaan paket tanpa nomor resi.

Untuk itu, cara cek pengiriman J&T yang harus dapat dilakukan jika hal ini terjadi ialah dengan mengunjungi agen atau kantor cabang J&T yang terdekat!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019