Cara Menonaktifkan Play Protect

Cara Menonaktifkan Play Protect
Cara Menonaktifkan Play Protect

Cara menonaktifkan play protect banyak ditanyakan oleh para pengguna ponsel. Padahal, sistem play protect ini mempunyai banyak keuntungan dan manfaat, salah satunya adalah melindungi ponsel dari aplikasi-aikasi berbahaya ataupun situs yang tidak diizinkan oleh pemerintahan Indonesia. Meskipun demikian, beberapa pengguna menganggap bahwa sistem satu ini sangat mengganggu aktivitas pengunduhan aplikasi atau membuka situs mereka menjadi terganggu, terhalang, bahkan tidak bisa dilakukan.

Mereka melakukan hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan sudah berfikir lebih dalam terkait resiko yang akan didapatkan setelah menonaktifkannya. Jika kamu adalah salah satu pengguna ponsel yang demikian dan ingin menonaktifkan sistem play protect di ponsel, maka bisa langsung membaca penjelasan pada artikel kali ini.

Pengertian Play Protect Pada Ponsel

Sebelum kita membahas terkait bagaimana cara menonaktifkan play protect, alangkah baik kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan fitur satu ini. Tentunya, kamu sudah tidak asing lagi terkait istilah play protect di ponsel bukan? Namun kamu masih belum mengetahui lebih dalam terkait fitur ini bukan?

Sebenarnya fitur atau sistem google play protect ini merupakan sebuah sistem pengaman otomatis yang ada pada layanan google di ponsel kesayangan milikmu. Sistem ini dapat bekerja ketika kamu sedang melakukan proses pengunduhan sebuah sistem ataupun aplikasi. Jadi dapat dikatakan bahwa google protect ini berkerja untuk menjaga keamanan perangkat ponselmu dari aplikasi-aplikasi yang dianggapnya berbahaya ataupun melanggar kebijakan penggunaan ponsel.

Jadi ketika kamu melakukan proses pengunduhan aplikasi untuk ponsel kesayangmu, maka google play protect inilah yang nantinya akan bekerja mendeteksi keamanan aplikasi tersebut sebelum memberikan izin pengunduhan kepadamu. Lebih singkatnya, fitur atau sistem ini dapat berja sebagai penjaga keamanan isi data pribadimu selaku pengguna ponsel.

Selain itu, sistem ini juga akan membantumu dalam menyelamatkan kesehatan ponsel dari berbagai aplikasi yang berbahay atau tidak legal. Meskipun kamu memang mempunyai niatan untuk bisa masuk atau memiliki sebuah situs buatan luar negeri yang tidak mendapatkan izin dari pemasangan negara Indonesia, maka tentu saja kepemilikan fitur dan mode google play protect inilah yang nantinya akan menggangu serta menyulitkanmu ketika mengakses situs tersebut. Maka tak heran, jika terdapat beberapa pengguna ponsel yang berkeinginan untuk menonaktifkannya agar akses mereka jauh lebih leluasa.

Kegunaan Dari Google Play Protect Pada Ponsel

Setelah kamu mengetahui pengertian google play protect melalui penjelasan di atas, kamu juga harus paham betul apa kegunaan atau fungsi sistem ini pada ponsel. Mengapa harus? Agar kamu tidak sembarangan menonaktifkannya dan menyesal di belakang. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa kegunaan google play protect yang sangat penting.

Menjaga Keamanan Ponsel

Kegunaan pertama dari google play protect ini adalah untuk menjaga keamanan ponsel kesayanganmu selama kamu berselancar di dunia maya. Artinya, jika kamu berselancar di dunia Maya dan mengunjungi sebuah situs tidak legal atau illegar atau berkeinginan mengunduh aplikasi yang tidak dapat izin dari Indonesia, maka secara otomatis kegiatan tersebut akan ditutup dan dihentikan oleh google protect ini.

Hal ini memang dilakukan bukan hanya semata-mata untuk membatasi semua ruang gerakmu sebagai pengguna ponsel, melainkan sebagai salah satu cara untuk mengaja keamanan data penting yang ada di ponsel pribadimu seeteperti foto, lokasi ponsel, ataupun sosial media milikmu.

Memberikan Peringatan Akan Aplikasi Yang Berpotensi Berbahaya

Kegunaan kedua dari sistem google play protect adalah bekerja untuk memberikan sebuah peringatan pada kamu sebagai pengguna ponsel akan aplikasi yang berpotensi bagaya. Misalnya, ketika kamu ingin mengunduh aplikasi ataupun terhubung ke sebuah situs, maka tentu saja layanan google satu ini akan mengirimi semuag keterangan peringatan.

Keterangan tersebutlah yang nantinya akan bertuliskan tentang betapa bahayanya situs ataupun aplikasi yang nantinya kita unduh atau akses. Jikalau kamu tidak ingin meneruskan, maka kamu bisa segera out atau keluar.

Melakukan Pemeriksaan Keamanan Aplikasi

Adapun kegunaan lain ketika kamu menggunakan sistem ini, yaitu bisa melakukan pemeriksaan keamanan aplikasi sebelum kamu berencana untuk mengunduh suatu aplikasi tertentu. Maksudnya adalah aplikasi ini melakukan skrinning pengecekan terhadap aplikasi yang dimaksud secara rinci mulai dari developer asal, kapasitas memori aplikasi, dan informasi aplikasi lainnya. Jika dirasa sangat berbahaya, maka akan muncul pop-up peringatan agar kamu menghindari pengunduhan aplikasi tersebut.

Melakukan Penghapusan Aplikasi Yang Melanggar Aturan

Kegunaan terakhir dari sistem ini adalah dapat melakukan penghapusan aplikasi yang dianggapnya sudah melanggar aturan aplikasi di Indonesia ataupun tidak aman secara otomatis saat pengunduhan. Sebelum aplikasi terlarang tersebut masuk ke ponsel kesayanganmu, karena sistem ini bisa membaca data ponsel dan melakukan pembatasan terlebih dahulu. Jadi semisal kamu memang ingin melakukan pengunduhan aplikasi tidak resmi di negara Indonesia, maka sistem ini akan menyulitkan proses pengunduhanmu.

Cara Menonaktifkan Play Protect

Cara Menonaktifkan Play Protect
Cara Menonaktifkan Play Protect

Dikarenakan beberapa kegunaannya yang mungkin dapat menyulitkan, maka tak heran jika kamu ingin segera menonaktifkannya. Namun jika kamu merasa kesulitan saat menonaktifkannya, maka tidak ada salahnya jika kamu membaca langkah-langkah berikut ini. Kamu jangan khawatir, sebab langkah-langkahnya sangat mudah untuk kamu lakukan tidak membuang waktu lama karena memang kamu cukup mengandalkan smartphone kesayangmu. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Buka Aplikasi Google Play Store

Langkah pertama, silahkan kamu membuka layanan google play store terlebih dahulu yang ada pada ponselmu. Atau kamu bisa langsung masuk ke halaman utama layanan ini untuk melihat berbagai menu serta aplikasi yang disediakan.

2. Pilih Menu Play Protect

Langkah selanjutnya adalah silahkan kamu memilih menu play protect yang ada pada layanan google play store. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol titik tiga di samping kanan atas halaman utama playstore. Pada langkah ini juga, kamu akan melihat penjelasan mengenai play protect yang ada dibawah menu payment methods dan di atas menu setting.

3. Nonaktifkan Menu Play Protect

Jika kamu sudah menemukan menu play protect maka langkah selanjutnya adalah memilih menu scan device for security threaths dan improve harmfull appdetection. Jika sudah, maka kamu harus menonaktifkan kedua menu tersebut dengan menggeser layar ke kiri pada bagian tombolnya. Untuk kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya perubahan dari warna hijau menjadi abu-abu.

4. Tekan Ok

Langkah terakhir untuk menonaktifkan google play protect adalah ka.u tinggal menekan tombol ok ketika box warming muncul. Jika kamu sudah menekan tombol tersebut, maka tampilan google play store akan berganti secara otomatis. Mulai saat itu, kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi secara bebas tanpa resiko menimbulkan malware.

Kesimpulan

Sebelum kamu memutuskan untuk menonaktifkan sistem keamanan satu ini, alangkah baiknya jika kamu berfikir secara matang terlebih dahulu terkait dampak yang akan kamu dapatkan setelah menonaktifkannya. Namun jika kamu masih kekeh untuk melakukannya, maka ikuti arahan yang sudah disebutkan di atas.

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara menonaktifkan play protect yang dapat kamu praktekkan secara mudah di rumah. Semoga informasi di atas dapat membantumu dan semoga berhasil!

Related posts